IBX5B54BCC389CD2 Percaya Atau Tidak ? Warna Urine Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuh Kamu - Lulusandiploma.com

Percaya Atau Tidak ? Warna Urine Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuh Kamu


Assalamu'alaykum...

Pernahkah selama ini kamu memperhatikan warna urine kamu ketika buang air kecil ? Mungkin sebagian besar akan menjawab iya, dan sebagian lainnya akan menjawab tidak.

Baca Kamu Harus Tahu 5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Setiap manusia di ciptakan dengan sistem ekskresi yang sempurna. Urine  merupakan zat sisa dari proses penyaringan oleh ginjal dan saluran kemih kamu dari toksin - toksin yang ada dalam darah. Toksin tersebut keluar dari tubuh kamu melalui urine. Urine manusia akan di keluarkan setiap harinya dalam waktu tertentu. Bisa dengan frekuensi sedikit, bisa pula dengan frekuensi yang banyak. Jumlah dan bentuk yang di keluarkan pun bervariasi sesuai dengan apa yang sudah kita telan dan bagaimana tubuh kita meresponnya. Namun, tahukah kamu bahwa urine yang kamu keluarkan selama ini ternyata memiliki fungsi juga ?

Baca Ternyata Ini 6 Penyebab Kamu Terus Merasakan Haus Sepanjang Hari

Ketika akan bergabung dengan sebuah perusahaan, karyawan baru biasanya akan mengikuti medical check up. Salah satunya ialah tes urine. Dari urine tersebut bisa di ketahui kondisi tubuh kita saat itu. Baik dari warna, jumlah maupun komposisi yang ada di dalamnya semua akan terbaca dari hanya beberapa ml urine.

Baca 5 Tips Menghindari Penyakit Flu Saat Musim Hujan

Nah, berikut kami uraikan warna urine kamu yang ternyata bisa menunjukkan seberapa prima kondisi kesehatan kamu saat ini :

Warna Urine Sehat

Warna urine bagi manusia sehat pada dasarnya ialah bening/jernih, kuning muda hingga kuning cerah. Artinya konsumsi air minum kamu cukup untuk tubuh kamu. Lalu apakah warna urine yang saat ini kamu hasilkan sedikit berbeda dengan warna urine yang sehat ?

1. Warna Kuning Muda/Cerah/Terang

Untuk yang pertama ini, artinya kamu mengonsumsi air dalam jumlah yang terlalu banyak. Di terangkan sebelumnya bahwa warna urine yang sehat termasuk berwarna kuning muda hingga kuning cerah, namun jika kamu perhatikan, apabila konsumsi air kamu tidaklah banyak dan warna urine kamu adalah kuning muda/cerah/terang, perlu kamu waspadai itu adalah gejala diabetes atau gejala ginjal. Kamu bisa lakukan pengetesan dengan mengurangi jumlah konsumsi air kamu, jika warnanya masih saja sama, maka sebaiknya kamu segera periksakan ke dokter.

2. Warna Kuning Tua/Gelap

Jika kamu perhatikan, ketika kamu bangun di pagi hari dan buang air kecil pertama kali, maka warna urine kamu adalah kuning tua/gelap. Mengapa ? Sebab selama beberapa jam kamu tidak minum apapun selama kamu tidur. Untuk itu, pastikan untuk minum air yang cukup saat siang hari dan menjelang tidur malam.

3. Warna Cenderung Keruh

Kamu perlu menghubungi dokter untuk warna urine ini, sebab bisa saja ada infeksi kandung kemih atau ada kondisi lain seperti glumerulonefritis.

4. Warna Coklat Kehijauan

Ini juga bukan warna urine yang normal. Ini bisa timbul dari efek samping mengonsumsi obat - obatan tertentu atau produk makanan tertentu. Namun apabila bukan dari hal di atas, kamu sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

5. Warna Coklat

Di indikasikan bahwa ada gangguan kesehatan pada organ hati atau kantong empedu dalam tubuh kamu. Gangguan kesehatan berupa radang hati atau penyumbatan pada saluran empedu bisa menghasilka urine yang berwarna coklat. Selain itu bisa juga di indikasikan kamu mengalami penyumbatan pada fistula atau infeksi pada kandung kemih. Segera pergi dan cek kesehatan tubuh kamu ke dokter.

6. Warna Merah

Warna merah dalam bayangan kita adalah warna darah. Ketika kamu menderita infeksi saluran kemih atau penyakit lain yang lebih buruk, atau menggunakan obat - obatan tertentu dengan efek samping urine berwarna merah, atau ginjal kamu pernah mengalami cidera, bahkan kanker, kemungkinan urine yang kamu hasilkan berwarna merah atau dengan kata lain bercampur dengan darah. Kamu wajib segera memeriksakan diri ke dokter terkait.

Hal - hal kecil seperti memperhatikan warna urine kamu sebaiknya tidak menjadi hal yang sepele buat kamu. Karena warna tersebut bisa menceritakan bagaimana kondisi tubuh kamu saat ini. Bisa kamu cegah sebelum terlambat, atau bisa pula kamu biarkan sampai parah.

Sekian uraian warna urine yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh manusia.

Terima kasih telah membawa artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...


Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel