IBX5B54BCC389CD2 5 Gejala Penting Pertanda Ginjal Kamu Bermasalah - Lulusandiploma.com

5 Gejala Penting Pertanda Ginjal Kamu Bermasalah


Assalamu'alaykum...

5 Gejala Penting Pertanda Ginjal Kamu Bermasalah - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh manusia. Setiap manusia tentu sangat menginginkan ginjal yang sehat dan berfungsi dengan normal. Tetapi tidak dapat di pungkiri bahwa ada banyak masalah yang mengancam kesehatan ginjal kita. Salah satunya adalah penyakit ginjal. Dewasa ini, makin banyak muncul penyakit - penyakit serius yang menyerang hampir di semua kalangan. Karena ginjal di miliki oleh setiap manusia, maka kamu perlu tau jika ada yang bermasalah dengan ginjal. Di sini lulusandiploma akan memberikan 5 gejala penting pertanda ginjal kamu bermasalah.



Salah satu fungsi dari ginjal adalah untuk mengeluarkan racun dalam darah dari seluruh tubuh. Ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan memproduksi hormon - hormon, dimana nantinya tubuh manusia akan mempunyai kecukupan sel - sel darah merah serta memiliki tulang kuat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Akan tetapi, apabila ginjal mengalami masalah kesehatan, akan memperburuk kondisi tubuh kita pula. Telah banyak kasus meninggal dunia di akibatkan oleh ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan normal. Seperti kasus gagal ginjal yang banyak menyita perhatian semua orang. Ketika ginjal bermasalah, maka tubuh akan memiliki masalah yang lebih serius lagi. Menjadi hal yang sangat penting untuk di sadari mengenai gejala - gejala dan pertanda dari tubuh kita bahwa ginjal kita sedang bermasalah. Apa sajakah itu ? Mari kita simak di bawah sini penjelasannya :

Penyakit Ginjal

Sebelum memasuki gejala dan pertanda adanya masalah pada ginjal, kita akan bahas terlebih dahulu mengenai penyakit pada ginjal. Ginjal berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh manusia, jadi ketika ada sesuatu yang salah dengan ginjal, maka akan memberikan pengaruh yang besar terhadap tubuh. Akan tetapi sangat di sayangkan bahwa penyakit ginjal itu sendiri gejalanya hampir sama dengan penyakit - penyakit umum lainnya, sehingga baru dapat di ketahui setelah adanya pemeriksaan tahap lanjut. Kamu baru merasakan sakit yang amat sangat ketika ginjal memang telah mengalami kerusakan yang cukup parah. Dan hal ini tentu saja sudah terlambat untuk di tangani.

Maka dari itu sangat penting bagi setiap manusia untuk menyayangi dirinya sendiri dengan merawat diri sebaik mungkin dan semampunya. Sangat penting untuk mengenali dan mengetahui gejala dan pertanda yang di isyaratkan oleh tubuh kita bahwa ada sesuatu yang bermasalah dengan ginjal. Di harapkan dengan mengenali gejala dan tanda tersebut, dapat mengurangi munculnya masalah yang lebih besar dan lebih rumit di masa yang akan datang. Ingat slogan "lebih baik mencegah dari pada mengobati".

Nah, langsung saja kita ulas pertanda apa saja yang di berikan oleh tubuh kita ketika ada yang bermasalah dengan ginjal, uraiannya sebagai berikut ini :

1. Bau Mulut

Salah satu pertanda dari tubuh bahwa ada masalah pada ginjal kamu adalah dengan adanya bau mulut. Jadi, untuk kamu yang sebelumnya tidak memiliki masalah dengan bau mulut, namun tiba - tiba akhir - akhir ini mulutmu berbau yang tidak enak untuk di hirup, maka kamu perlu waspada. Bau mulut ini berkaitan dengan penumpukan racun di dalam darah.

2. Kelelahan, Mudah Lelah

Telah di sebutkan di atas bahwa salah satu fungsi ginjal untuk memastikan sel - sel darah dalam tubuh dalam jumlah yang cukup, serta memastikan kandungan oksigen dalam darah juga cukup. Untuk itu, jika tubuh merasa mudah lelah, bisa jadi ada yang bermasalah dengan ginjal kamu, karena ginjal berhubungan dengan kadar oksigen di dalam tubuh.

3. Perubahan Warna Urine

Penting juga bagi kamu untuk memperhatikan warna urine yang kamu keluarkan setiap harinya. karena warna urine dapat memberi tahu bagaimana kondisi kesehatan tubuh kamu saat ini. Gejala paling umum dari ginjal yang berkaitan dengan urine yaitu urine berbusa, berwarna gelap, adanya tekanan ketika buang air kecil, dan lebih sering buang air kecil di malam hari. Apabila segala sesuatu yang berkaitan dengan perubahan warna urine, maka kamu tidak bisa menganggapnya main - main alias menyepelekannya. Warna urine kamu tidak akan pernah bisa berbohong atas apa saja yang kamu konsumsi dan masalah kesehatan apa saja yang sedang kamu hadapi. Jadi, lebih perhatikan lagi apa warna urine kamu hari ini.

4. Masalah dengan Kulit

Ketika ginjal yang mendetoksifikasi darah mengalami gangguan kesehatan, maka salah satu efeknya ialah timbulnya penumpukan racun di dalam darah. Sehingga penumpukan racun tersebut bisa menimbulkan ruam dan gatal pada kulit tubuh kamu. Ketika masalah ruam dan gatal kamu tidak sembuh - sembuh juga meskipun sudah di olesi salep gatal setiap waktu, maka kamu perlu memeriksakannya lebih lanjut dengan dokter spesialis.

5. Sesak Nafas

Sama halnya dengan kelelahan, ginjal yang bermasalah akan berhubungan dengan oksigen dalam darah. Ketika oksigen di dalam darah kurang, dapat menyebabkan salah satunya sesak nafas. Jadi ketika kamu merasakan sesak nafas, bisa saja itu adalah pertanda tubuh kamu bahwa ginjal kamu bermasalah. Namun tidak semua sesak nafas mengisyaratkan bahwa kamu mempunyai penyakit ginjal.

Ginjal yang berfungsi dengan normal, tentu akan memberikan pengaruh positif bagi tubuh manusia. Saat ginjal mengalami gangguan kesehatan, akan muncul resiko yang bahkan lebih besar dari dugaan setiap orang.  Jika telah merasakan pertanda dan gejala yang ada di atas, maka perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter terkait. Jangan menunda pengobatan, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya jika masih enggan berobat. Menahan rasa sakit bukan berarti bisa menyembuhkan penyakitnya.


Perlu menjadi perhatian juga bahwa medical check up juga menjadi hal penting untuk di lakukan paling tidak satu kali dalam seumur hidup. Jadi, ketika ada tanda - tanda kecil yang bermasalah dengan salah satu organ tubuh, kita bisa mendeteksi lebih dini dan tidak memperparah kondisi yang ada. Mengeluarkan biaya di awal untuk pencegahan akan lebih baik dari pada mengeluarkan biaya di akhir untuk pengobatan.

Teman - teman juga wajib memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat dan juga pola makan yang sehat. Konsumsi air putih yang cukup dapat memberikan efek positif bagi ginjal. Dengan tubuh mengonsumsi air yang cukup, maka akan memperingan kerja dari si ginjal. Teman - teman tentunya menginginkan ginjal yang sehat, bukan ?

Baiklah, sekian dari kami lulusandiploma mengenai 5 gejala penting pertanda ginjal kamu bermasalah. Sayangi lah ginjal kamu. Ginjal adalah aset berharga bagi setiap makhluk hidup. Dan kamu adalah salah satu yang menghargai tubuh kamu.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel