IBX5B54BCC389CD2 Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 1 - Lulusandiploma.com

Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 1

 1. Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia ?
Jawaban :
Hak asasi manusia merupakan hak yang di miliki oleh manusia, yang tidak dapat di langgar dan di pisahkan. Sedangkan kewajiban asasi manusia merupakan kewajiban dasar setiap manusia. Kedua hal ini saling berkaitan karena memiliki hubungan kausalitas atau hubungan sebab - akibat. Setiap manusia akan memperoleh haknya apabila kewajibannya telah ia penuhi. Antara hak dan kewajiban pun haruslah seimbang, karena ketika terjadi ketimpangan, dapat memicu munculnya ketidaksejahteraan di masyarakat.


Baca juga Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 2

2. Mengapa antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia dalam perwujudannya harus di harmonisasikan ?
Jawaban :
Karena antara hak dan kewajiban tidak dapat di pisahkan, apabila salah satunya tidak terpenuhi, maka akan terjadi kesenjangan sosial yang berkepanjangan.

3. Uraikan jaminan hak asasi manusia yang terdapat dalam Pancasila !
Jawaban :
Hak asasi manusia terkandung dalam sila dalam Pancasila, yaitu :
Sila Pertama : Ketuhanan Yang Maha Esa
Pada sila pertama bermakna bahwa negara menjamin setiap warga negara Indonesia untuk memeluk agama tanpa adanya paksaan, dan di perbolehkan melaksanakan ibadah.
Sila Kedua : Kemanusiaan Adil dan Beradab
Pada sila kedua bermakna bahwa menjadi hak setiap warga negara untuk di perlakukan dengan sama di mata hukum.
Sila Ketiga : Persatuan Indonesia
Pada sila ketiga bermakna bahwa hak setiap warga negara untuk saling bersosialisasi dalam hubungan bermasyarakat.
Sila Keempat : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Pada sila keempat bermakna bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk menyampaikan pendapatnya di muka umum dan berhak untuk di hargai.
Sila Kelima : Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Pada sila kelima bermakna bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam memperoleh kesempatan yang sama dalam berbagai hal.

4. Apa yang akan terjadi apabila dalam proses penegakan hak asasi manusia, Pancasila tidak di jadikan dasar atau landasan ?
Jawaban :
Pancasila merupakan ideologi yang mengedepankan nilai - nilai kemanusiaan. Dengan kata lain, Pancasila sangat menghormati hak asasi setiap warga negara maupun bukan warga negara Indonesia. Apabila dalam proses penegarakan hak asasi manusia Pancasila tidak dijadikan dasar, maka yang terjadi ialah tidak memungkinkannya terlaksana dan tegaknya hak asasi manusia.

5. Mengapa liberalisme dan sosialisme tidak patut di jadikan landasan dalam proses penegakan hak asasi manusia di Indonesia ?
Jawaban :
Karena tidak selaras dengan makna Pancasila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa.

6. Sekarang ini begitu sering terjadi peristiwa pelanggaran HAM di masyarakat seperti pembunuhan, penculikan, penyiksaan dan sebagainya. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ? Siapa yang paling bertanggung jawab untuk mengatasi persoalan tersebut ? Apa peran kalian untuk menyelesaikan persoalan tersebut ?
Jawaban :
Hal - hal di atas dapat terjadi karena faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berupa sikap egois atau mementingkan diri sendiri, rendahnya kesadaran HAM dan sikap tidak toleran. Faktor eksternal berupa penyalahgunaan kekuasaan, ketidaktegasan aparat penegak hukum, penyalahgunaan teknologi dan kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi.
Masalah ini menjadi tanggung jawab bersama baik masyarakat maupun pemerintah.
Peran sebagai siswa untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan belajar sungguh - sungguh dan menjadi bagian dari masyarakat sesuai dengan norma hukum. Apabila terjadi hal kekerasan di depan siswa, maka segera melaporkan kepada pihak yang berwajib.

0 Response to "Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel