IBX5B54BCC389CD2 Contoh Bab I Pendahuluan Proposal Tugas Akhir Judul Gas Lift - Lulusandiploma.com

Contoh Bab I Pendahuluan Proposal Tugas Akhir Judul Gas Lift



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Pada umumnya setelah sumur diproduksi untuk jangka waktu tertentu tekanan formasi akan menurun. Karena adanya produksi pada akhirnya tekanan formasi tidak mampu lagi mengangkat fluida kepermukaan. Hal ini akan menyebabkan produksi menurun atau bahkan akan menyebabkan sumur mati.
Untuk mengatasi keadaan ini sumur masih dapat diproduksikan dengan sebuah metode pengangkatan buatan yang sering disebut “Artificial Lift System”. Artificial lift adalah suatu metode pengangkatan fluida yang ada di dalam sumur dengan cara mengintroduksi tenaga tambahan ke dalam sumur apabila tenaga alami reservoir tidak mampu lagi mendorong fluida ke permukaan atau untuk maksud-maksud peningkatan produksi.
Dalam memproduksi fluida reservoir secara optimal dengan menggunakan artificial lift system harus diperhitungkan besarnya kemampuan produktifitas sumur tersebut. Sampai saat ini ada beberapa cara pengangkatan buatan, namun yang umum dilakukan ada 2 macam, yaitu:
1.    Dengan menggunakan pompa
   Pengangkatan buatan dengan pompa adalah menggunakan gerakan mekanis dari pompa untuk memindahkan energi dari pompa kepada fluida sedemikian rupa, sehingga fluida di dalam sumur bisa mengalir kepermukaan. Jenis pompa yang biasa digunakan adalah sucker rod pump, ESP, Hydraulic Pump dan plunger pump.
2.    Dengan menggunakan Gas lift
   Pengangkatan buatan dengan gas lift adalah dengan cara menggunakan energi yang terkandung dalam gas berupa tekanan gas yang diinjeksikan ke dalam fluida di dalam sumur, gas tersebut kemudian membantu mengangkat fluida kepermukaan. Ada dua cara pengangkatan buatan dengan gaslift yaitu secara continous gas lift dan intermittent gas lift.
        Gas lift merupakan suatu metode pengangkatan fluida (minyak) ke dalam sumur dengan cara menginjeksikan gas yang relatif bertekanan tinggi kedalam kolom sumur. Untuk menentukan letak titik injeksi, spasi katup, kedalaman katup, tekanan pada tiap katup, dan jumlah gas injeksi yaitu dengan cara mendesain instalasi gas lift yang digambarkan secara grafis.

1.2    Tema Tugas Akhir
Tema yang akan diambil dalam Tugas Akhir ini adalah mengenai gas lift. Tema dan judul yang lebih spesifik dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada di lapangan.

1.3    Tujuan Tugas Akhir
Adapun tujuan yang hendak dicapai sehubungan dengan pelaksanaan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :
1.3.1   Tujuan Umum
1.    Mengetahui informasi mengenai gambaran pelaksanaan pekerjaan diperusahaan atau di institusi tempat Tugas Akhir berlangsung.
2.    Menerapkan ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku perkuliahan.
3.    Untuk meningkatkan daya kreatifitas, dan keahlian mahasiswa.
4.    Melatih kepekaan mahasiswa untuk mencari solusi masalah yang dihadapi didalam dunia industri atau dunia kerja.
5.    Mengetahui, mengenali dan memahami pekerjaan dalam perencanaan instalasi gas lift yang ada di lapangan
1.3.2   Tujuan Khusus
1.    Mengetahui peralatan yang digunakan pada metode gas lift.
2.    Memahami prosedur desain gas lift.
3.    Mengetahui manfaat dari gas lift.
4.    Mengetahui lebih dalam mengenai proses desain dan pemasangan gas lift.


1.4    Manfaat
1.4.1   Manfaat Bagi Perusahaan
1.    Perusahaan dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa yang Tugas Akhir dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas untuk kebutuhan di unit - unit kerja yang relevan.
2.    Perusahaan mendapatkan alternatif calon  karyawan pada spesialisasi yang ada pada perusahaan tersebut.
3.    Menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat antara perusahaan tempat Tugas Akhir dengan mahasiswa teknik perminyakan ... .
1.4.2   Manfaat Bagi ...
1.    Terbinanya suatu jaringan kerjasama dengan institusi tempat praktek kerja dalam upaya meningkatkan keterkaitan dan kesepadanan antara substansi akademik dengan kegiatan  manajemen maupun operasional institusi tempat Tugas Akhir.
2.    Meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan dengan melibatkan tenaga terampil dari lapangan dalam kegiatan Tugas Akhir.
1.4.3   Manfaat Bagi Mahasiswa
1.    Dapat mengenal secara dekat dan nyata kondisi di lingkungan kerja.
2.    Dapat mengaplikasikan keilmuan mengenai teknik perminyakan yang diperoleh dibangku kuliah dalam praktek dan kondisi kerja yang sebenarnya, khususnya mengenai gas lift.
3.    Dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan Tugas Akhir.


0 Response to "Contoh Bab I Pendahuluan Proposal Tugas Akhir Judul Gas Lift"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel