IBX5B54BCC389CD2 Contoh Bab I Pendahuluan Untuk Laporan Praktikum Analisa Fluida Reservoir - Lulusandiploma.com

Contoh Bab I Pendahuluan Untuk Laporan Praktikum Analisa Fluida Reservoir



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Industri minyak dikenal pada umumnya adalah industri yang memiliki sifat berteknologi tinggi, beresiko tinggi dan padat modal. maka dari itu dalam industri minyak persiapan yang baik adalah kunci suksesnya. Salah satu data yang menunjang apakah suatu lapangan minyak prospek atau tidak yaitu dengan cara mengetahui keadaan suatu reservoir atau tempat dimana hidrokarbon berada. Bagi industri minyak dan gas bumi sangat kompleks dan memerlukan teknologi tinggi serta biaya yang sangat besar untuk mencari dan memperoleh adanya sumber minyak dan gas bumi di bawah permukaan bumi, sehingga industri minyak dan gas bumi dapat di kategorikan industri yang padat teknologi dan padat modal. 
Namun dari sekian banyak teori yang telah dijabarkan di atas hendaknya kita tahu bagaimana cara minyak bumi dapat diproduksikan dan apa kandungannya. Seperti sifat-sifat fisik fluida reservoir yaitu viskositas,  specific gravity, kompresibilitas dan lain-lain. Dan yang paling terpenting adalah pada saat minyak bumi tersebut diproduksikan menjadi sumber daya alam. Pada saat yang tepat dengan adanya praktikum Analisa Fluida Reservoir ini, kami sebagai mahasiswa teknik perminyakan dapat lebih memahami kandungan serta cara produksi minyak bumi tersebut. Pemeriksaan rutin yang dilakukan di laboratorium bertujuan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian pada proses dan operasi pengilangan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

1.2   Tujuan
1.    Menambah wawasan ilmu para mahasiswa khususnya di bidang ilmu Teknik Reservoir baik secara teori maupun praktiknya.
2.    Memahami dan mengetahui fungsi berbagai alat Praktikum.
3.    Mengetahui bagaimana penerapan teori dan rumus-rumus yang selama ini kita pelajari, yaitu dengan melakukan percobaan di laboratorium.
1.3   Manfaat
1.3.1        Manfaat untuk Mahasiswa
1.    Dapat menambah ilmu pengetahuan tentang fluida reservoir.
2.    Mahasiswa telah mengetahui bentuk dan fungsi peralatan yang berada di laboratorium.
1.3.2        Manfaat untuk Dosen
1.    Dapat mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menganalisa fluida reservoir.
2.    Dapat mengaplikasikan teori dikelas dalam praktikum.
1.3.3        Manfaat untuk Akamigas Balongan
1.    Dapat memberikan pengaplikasian ilmu kepada mahasiswa.
2.    Dapat memberikan sarana dan prasarana praktikum.


1.4   Ruang Lingkup
Laporan ini berjudul Laporan Resmi Praktikum Analisa Fluida Reservoir yang dibuat untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Teknik Reservoir. Dengan melakukan lima kali praktikum dan dua kali Technical Meeting. Praktikum Analisa Fluida Reservoir ini dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Perminyakan Angkatan ... Semester ..., yang berlangsung pada hari ... tanggal ... bertempat di ruang ... di kampus ...
Praktikum pertama dilaksanakan pada hari ... tanggal ...  dengan materi pertama yaitu Pengenalan Alat beserta Fungsinya sekaligus Technical Meeting pertama. Praktikum kedua diselenggarakan pada hari ... tanggal ... di Laboratorium Analisa Fluida Reservoir dengan materi Penentuan Titik Kabut, Titik Beku dan Titik Tuang. Pada praktikum ketiga diselenggarakan pada hari ... tanggal ... di Laboratorium Analisa Fluida Reservoir dengan materi Penentuan Specific Gravity. Selanjutnya pada praktikum keempat dilaksanakan pada hari ... tanggal ... di Laboratorium Analisa Fluida Reservoir dengan materi Analisa Kimia Air Formasi I. Selanjutnya praktikum kelima dilaksanakan pada hari ... tanggal ... di Laboratorium Analisa Fluida Reservoir dengan materi Analisa Kimia Air Formasi II. Kemudian, Technical Meeting II dilaksanakan pada tanggal ... . Kemudian yang terakhir dilaksanakan Responsi Lisan pada hari ... tanggal ... . 

0 Response to "Contoh Bab I Pendahuluan Untuk Laporan Praktikum Analisa Fluida Reservoir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel