IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai APD, Penyimpanan, Penggunaan Yang Aman dan Pencegahan Kecelakaan Kerja dengan Bahan Kimia - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai APD, Penyimpanan, Penggunaan Yang Aman dan Pencegahan Kecelakaan Kerja dengan Bahan Kimia

Assalamu'alaykum...

Pentingnya safety talk menjadi perhatian utama setiap perusahaan baik industri maupun non industri. Adanya peran supervisor dan tim HSE untuk menyampaikan topik terkait aktivitas hari itu menjadi suatu keharusan. Topik mengenai bahan - bahan kimia bisa menjadi tema yang kamu sampaikan hari ini. Karena setiap hari, baik karyawan kantor mau pun pabrik atau proyek, selalu bersinggungan dengan bahan kimia, bahkan jika sedang berada di rumah.



Adapun perlindungan menghadapi resiko yang timbul dari bahan - bahan kimia terhadap pekerja yang menggunakannya, di butuhkan alat pelindung diri seperti hand gloves (sarung tangan), kaca mata pelindung, pelindung pernapasan dan safety shoes. Penggunaan alat pelindung diri ini tentu sangat penting, apabila penggunaan alat pelindung diri di abaikan salah satunya, maka dapat mempengaruhi angka kecelakaan kerja. Peran penting seorang Safety juga turut di perhatikan dalam pengawasan penggunaan APD oleh setiap pekerja.

Kecelakaan kerja akibat bahan kimia dapat terjadi salah satunya berkaitan dengan penyimpanan bahan kimia tersebut. Pentingnya penataan ruang yang baik, dimana bahan - bahan kimia di pisahkan ruangannya dengan bahan non kimia. Bahan - bahan kimia tersebut pun harus di beri label informasi yang jelas, termasuk informasi APD yang di gunakan. Gunakan Material Safety Data Sheet untuk setiap bahan kimia dan letakkan dengan rapi pada gudang penyimpanan.

Pemakaian bahan kimia yang aman juga sangat penting untuk di perhatikan, seperti cara pemakaian, masa kadaluarsa, masa simpan, cara membersihkan, cara penanganan apabila kontak dengan fisik, dan juga alat pelindung diri seperti apa yang harus di gunakan.

Tindakan pencegahan juga perlu di lakukan, apabila terjadi kecelakaan kerja berupa tumpahan bahan kimia, kebakaran, terkena kulit, terkena pakaian, terkena organ vital yang lain. Tindakan tersebut dapat berupa :
- Jika tumpahan dalam skala kecil, maka perlu di bersihkan sesegera mungkin dengan memperhatikan MSDS.
- Jika bahan kimia mudah meledak dan akan menyebabkan kebakaran, maka segera melaporkan pada pihak terkait untuk masalah emergency response.
- Jika terkena kulit, maka bilas dengan air mengalir dan perhatikan petunjuk pertolongan pertama yang tertera di MSDS.
- Jika terkena pakaian, maka bisa segera mencuci pakaian tersebut.
- JIka terkena organ vital seperti mata, maka segera cuci dengan air dan perhatikan petunjuk pertolongan pertama pada MSDS.
- Jika tertelan, maka minum air sebanyak mungkin dan segera menemui tim medis.

Perlu di ingatkan kepada seluruh pekerja tentang pentingnya mencuci tangan setelah menggunakan bahan kimia. Tidak menyepelekan bahan kimia jenis apapun. Wajibkan untuk semua karyawan yang berhubungan langsung dengan bahan kimia untuk membaca dan memahami MSDS yang tertera pada bahan kimia tersebut.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Baca juga Materi Safety Talk Mengenai Bahaya Bahan Kimia

0 Response to "Materi Safety Talk Mengenai APD, Penyimpanan, Penggunaan Yang Aman dan Pencegahan Kecelakaan Kerja dengan Bahan Kimia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel