IBX5B54BCC389CD2 Materi Safety Talk Mengenai Bahaya Bahan Kimia (Hazards with Chemical) - Lulusandiploma.com

Materi Safety Talk Mengenai Bahaya Bahan Kimia (Hazards with Chemical)


Assalamu'alaykum...

Safety talk atau safety morning menjadi rutinitas yang di laksanakan hampir di semua perusahaan. Materi yang di sampaikan bermacam - macam tergantung topik yang ingin di bahas oleh tim supervisi seperti HSE atau supervisor.



Bahan - bahan kimia banyak di temui di berbagai tempat, bahkan rumah yang kita tinggali pun terdapat bahan kimia. Bahan kimia memiliki fungsi - fungsi yang memudahkan pekerjaan karyawan, akan tetapi dapat berbahaya apabila salah di gunakan. Oleh sebab itu, penting bagi setiap karyawan untuk mengetahui cara penggunaan guna meminimalkan resiko cedera yang nantinya di timbulkan dari bahan kimia tersebut. Cukup banyak insiden yang terjadi akibat salah pemakaian bahan - bahan kimia, dan tentunya sebagai seorang HSE tidak menginginkan adanya kecelakaan kerja di area kerja.

Beberapa kecelakaan kerja yang timbul akibat kesalahan pemakaian bahan kimia sebagai berikut :

1. Iritasi

Iritasi di sini terbagi atas iritasi kulit dan luka bakar. Bahan kimia yang konsentrasinya ringan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dan akan menimbulkan bercak pada kulit. Sedangkan bahan kimia berkonsentrasi tinggi dapat mengakibatkan luka bakar apabila mengenai kulit, bahkan jika bahan kimia ini tumpah ke pakaian anda, dapat membakar kain yang anda pakai dan juga menembus ke kulit anda.

2. Keracunan

Kesalahan penggunaan atau kelalaian dalam menggunakan bahan kimia dapat mengakibatkan  keracunan yang cukup serius. Jika bahan kimia tertelan karyawan, maka harus segera di tangani oleh medis karena akibat yang di timbulkan adalah kematian.

3. Cedera Mata

Bahan kimia juga mudah masuk ke mata melalui percikan. Jika tidak menggunakan alat pelindung diri seperti safety googles dan semacamnya, dapat mengakibatkan cedera pada mata karyawan. Bahan kimia yang mengenai mata dapat menyebabkan iritasi bahkan kebutaan.

4. Terhirup

Beberapa bahan kimia yang mengeluarkan uap atau asap akan mengganggu sistem pernapasan manusia yang menghirupnya. Akibat yang di timbulkan berupa sesak nafas, lemas, dan gangguan pada sistem pernapasan pada paru - paru khususnya. 

5.  Kebakaran

 Beberapa bahan kimia banyak yang mudah terbakar dan menyebabkan kebakaran hebat di sebuah pabrik atau area kerja.

Untuk itu, pastikan semua karyawan telah memahami MSDS dan SOP yang telah di sediakan oleh perusahaan. Karyawan harus mampu menilai resiko yang di timbulkan dari tiap bahan kimia. Dan gunakan alat pelindung diri ketika menggunakan bahan - bahan kimia tersebut.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

0 Response to "Materi Safety Talk Mengenai Bahaya Bahan Kimia (Hazards with Chemical)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel