Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Mengenai Keselamatan Penggunaan Perangkat Listrik

Assalamu'alaikum...
 
Safety talk menjadi rutinitas yang di laksanakan setiap hari oleh perusahaan - perusahaan dengan sistem K3 di dalamnya. Safety talk biasanya di lakukan sebelum di mulainya pekerjaan atau aktivitas. Safety talk di laksanakan ketika pagi hari atau saat pergantian shift. Jadi, safety talk memang menjadi tugas penting bagi seorang HSE atau Safety man di lapangan atau di area kerja.



Peralatan listrik adalah seperangkat alat yang sudah melekat di kehidupan sehari - hari. Tidak hanya di temui di area kerja, di rumah tinggal pun telah tersedia peralatan listrik. Angka kecelakaan kerja yang di sebabkan oleh peralatan listrik pun cukup banyak, hal ini karena faktor kesalahan alat atau salah dalam menggunakan alat.

Baca juga Kumpulan Materi Briefing K3

Untuk mencegah agar tidak terjadinya kecelakaan, maka peralatan yang telah di pasang harus di lakukan pemeliharaan atau perawatan oleh pekerja. Untuk itu, perlu di lakukan inspeksi rutin dengan jadwal yang telah di tentukan oleh pihak berwenang seperti teknisi listrik atau teknisi elektrik. Jangan pernah merasa bisa mengerjakan instalasi listrik sendiri karena telah terbiasa di rumah, karena instalasi di rumah dan di area kerja tentu berbeda dan potensi bahaya juga berbeda.

Selain itu pastikan kondisi instalasi listrik harus dalam keadaan baik dan berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Perhatikan bahwa tidak ada kabel yang terkelupas, terlepas atau menghalangi lalu lintas aktivitas pekerja. Perhatikan pula bahwa stop kontak tidak pecah dan tidak berubah warna menjadi kecoklatan, jika di temukan maka lebih baik untuk segera di ganti.

Pada saat menggunakan perangkat listrik, ada tindakan pencegahan yang perlu di lakukan seperti memeriksa perangkat sebelum di gunakan, apabila di temukan masalah maka tidak perlu melanjutkan untuk menggunakan perangkat tersebut dan segera melaporkan ke bagian teknisi untuk memperbaiki. Sebelumnya bisa juga di beri safety sign agar orang lain juga mengetahui bahwa perangkat tersebut masalah.

Listrik akan sangat berbahaya jika terkena air, karena air merupakan bahan isolator yakni penghantar listrik yang baik. Sebaiknya berhati - hati jika pekerja membawa air di area perangkat listrik, sebab jika air tersebut mengenai perangkat listrik maka akan menyebabkan sengatan listrik hingga pekerja tidak sadarkan diri bahkan menyebabkan kematian.

Ada pun cara agar air tidak bersentuhan dengan peralatan listrik, yakni dengan memastikan sumber listrik di matikan terlebih dahulu sebelum melakukan pemeliharaan atau perawatan, memastikan sumber listrik dalam keadaan kering sebelum di gunakan, tidak menyentuh perangkat listrik dengan tangan yang basah, tidak membawa air minum wadah terbuka di dekat perangkat listrik, tidak meletakkan perangkat listrik di dekat saluran air.

Jika terjadi kecelakaan kerja sengatan listrik, maka terlebih dahulu memutuskan sumber listrik dengan mencabut kabel dari stop kontaknya dan tidak menyentuh korban bagaimana pun keadaannya.
Apabila sumber listrik sulit di jangkau, maka dapat mengambil bahan non isolator seperti kayu atau papan sebagai pijakan untuk menuju sumber listrik, menggunakan gagang kayu untuk memutuskan perangkat dari sumber listrik. Segera mencari pertolongan pertama untuk menolong korban tersengat listrik, salah satunya dengan melaporkan ke medis. Memastikan bahwa area tersebut bebas dari pekerja lain dengan memberikan safety sign agar perangkat listrik tersebut di periksa oleh teknisi listrik sebelum di gunakan kembali.

Nah, itu saja materi safety talk untuk hari ini. Semoga dapat menekan angka kecelakaan kerja akibat sengatan listrik. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum...
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Mengenai Keselamatan Penggunaan Perangkat Listrik"