Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tema Bulan K3 Tahun 2022

Tema Bulan K3 Nasional tahun 2022 telah diatur dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia no. 202 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional tahun 2022 dengan tema; "PENERAPAN BUDAYA K3 PADA SETIAP KEGIATAN USAHA GUNA MENDUKUNG PERLINDUNGAN TENAGA KERJA DI ERA DIGITALISASI".

spanduk-bulan-k3-2022

Bulan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) nasional tahun 2022 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan disemua sektor usaha, meningkatkan penerapan Sistem Manajemen K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era ekonomi digitalisasi, 

Bulan K3 juga bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing serta meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan pembangunan ekonomi yang isklusif dan berkelanjutan.

Sasaran yang menjadi target dalam penerapan bulan K3 tahun 2022 yaitu meningkatnya jumlah perusahaan yang menerapkan standar manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) berbasis teknologi informasi, 

Sasaran juga ditunjukan agar meningkatnya jumlah perusahaan yang mencapai nihil kecelakaan, meningkatnya pertumbuhan ekonomi di semua sektor usaha yang berbudaya K3 serta meningkatnya prosuktifitas kerja secara nasional.


Secara garis besar dalam memasuki bulan K3 nasional tahun 2022 perusahaan dapat melakukan atau melaksanakan beberapa agenda seperti mengadakan program kegiatan keselamatan dan kesehatan kerja yang bersifat strategis, bersifat promotif dan implementatif.

Pelaksanaan program bulan keselamatan dan kesehatan kerja nasional tahun 2022 yang bersifat strategis dapat dilakukan dengan cara pencanangan, apel bendera bulan K3, pemberian penghargaan,

Pelaksanaan lain dalam pelaksanaan bulan K3 tahun 2022 yang bersifat strategis dilakukan dengan pembentukan komite investigasi kecelakaan, pembentukan forum, komunitas dan jejaring K3 serta kegiatan atau program strategis lainnya yang sesuai dengan kondisi dilapangan.

Bahkan agenda yang di lakukan untuk memperingati bulan K3 tahun 2022 yang bersifat promotif dapat dilakukan dengan cara memasang iklan layanan K3, promosi pada kegiatan e-commerce, pameran, edukasi secara interaktif, seminar, lomba,aksi sosial, kampanye gerakan pekerja sehat.

Selain itu pelaksanaan bulan K3 tahun 2022 dilakukan dengan pemasangan spanduk, banner, umbul umbul serta kegiatan promotif lainnya berkenaan tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang sesuai pada perusahaan.

Bulan keselamatan dan kesehatan kerja nasional tahun 2022 dilakukan dengan cara implementatif; yaitu dengan cara penilaian penghargaan K3, audit standar manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3), pembinaan dan pengujian lisensi, pemeriksaan dan pengujian alat, pemeriksaan kesehatan tenaga kerja,pengukuran dan pengujian lingkungan kerja, operasi tertib, penanganan kecelakaan dan penyakit akibat kerja, informasi dan pelaporan secara online.

Dalam upaya penyelenggaraan program bulan K3 tahun 2022 secara implementatif juga dilakukan dengan cara monitoring upaya pencegahan penyebaran dan penanganan covid-19, pendampingan penyusunan perencanaan keberlangsungan usaha dalam menghadapi covid-19 serta kegiatan implementatif lainnya yang sesuai dengan perusahaan.

Penyelenggaraan kegiatan bulan K3 nasional tahun 2022 perusahaan dapat membuat dan menyampaikan pelaporan kepada instansi yang bertanggung jawab dibidang ketenagakerjaan provinsi atau dinas ketenagakerjaan yang selanjutnya dilaporkan kepada Gubernur, 

Pelaporan yang telah sampai kepada gubernur akan dilaporkan kembali perihal kegiatan bulan K3 kepada menteri ketenagakerjaan tembusan kepada menteri dalam negeri.

Semoga Tema Bulan K3 tahun 2022 dapat kita selenggarakan dengan sebaik mungkin agar terciptanya budaya keselamatan dan kesehatan kerja pada setiap kegiatan, tetap semangat, tetap jaga lingkungan kerja kita agar terciptanya nihil kecelakaan.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Tema Bulan K3 Tahun 2022"