Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rekomendasi Pekerjaan Yang Cocok Untuk Penderita Buta Warna

Apakah beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk penderita buta warna adalah pilot, pramugari, marinir, polisi, dokter, pns, pemadam kebakaran, dll? Tentu saja bukan, karena beberapa pekerjaan tersebut saat proses recruitment akan mengadakan medical check up yang pastinya akan memeriksa apakah anda seorang yang menderita buta warna.

Sebagai seorang yang mengalami kelainan pada mata ini sebaiknya tidak perlu khawatir karena diluar sana masih banyak jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda. Tidak perlu diambil pusing karena rejeki sudah ada yang mengatur, tugas kita hanyalah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan sesuatu yang akan kita raih.

Sebenarnya saya pendiri situs Lulusandiploma.com juga seorang penderita buta warna, dan semenjak lulus dari bangku sekolah sampai sekarang tidak ada yang namanya lama menjadi pengangguran. Pasti ada saja perusahaan yang mau menerima penderita buta warna parsial seperti saya ini.

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan beberapa cerita yang bersinggungan dengan pengalaman pribadi berkaitan dengan penyakit yang saya derita seperti Buta Warna Parsial adalah Saya! serta artikel lainnya yaitu Pengalaman Menghadapi Medical Check Up dan Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan dimana tulisan tersebut menceritakan perjuangan saya dalam menghadapi recruitment masuk kerja dibeberapa Perusahaan.

Lalu perusahaan dan pekerjaan apa saja yang menerima seorang penderita buta warna untuk bekerja? Berikut kami berikan informasinya untuk kalian agar menjadi pembelajaran serta motivasi karena banyak rekan kita yang mengalami penyakit ini namun langsung menyerah begitu saja, berikut penjelasannya.

Perusahaan Yang Menerima Kerja Penderita Buta Warna

Beberapa Perusahaan yang menerima penderita buta warna untuk bekerja antara lain yaitu perusahaan Konstruksi, Oil and Gas, Pertambangan, Manufaktur, Building, dll. 

Lho kok bisa perusahaan tersebut menerima seorang buta warna? Pasti bohong! padahal sudah jelas persyaratan yang dicantumkan menyebutkan larangan akan hal tersebut. Sekali lagi ini adalah pengalaman yang telah saya lewati dan saya pernah bekerja pada beberapa jenis pekerjaan tersebut. 

Sebenarnya Tuhan itu adil, dimana seorang yang melakukan usaha semaksimal mungkin serta berdoa dengan sungguh-sungguh pasti akan diberikan kemudahan dalam kehidupannya. Lalu berikut adalah beberapa perusahaan dan jabatan yang menerima penderita buta warna.

#1 Idomaret

Perusahaan yang pertama yaitu Indomaret dimana pada seleksi karyawan mereka tidak mengadakan pemeriksaan kesehatan yang sangat khusus seperti medical check up. Pengalaman pribadi dahulu Indomaret hanya melakukan beberapa tahapan tes antara lain cek kesehatan awal seperti tinggi badan, kuku, penampilan lalu tes fisik serta interview.

Indomaret sudah hadir di seluruh pelosok Nusantara dari sabang sampai merauke, berarti perusahaan tersebut sangat membutuhkan karyawan yang banyak dan anda berkesempatan untuk bergabung.

#2 PT Saic Internasional Indonesia

Pada tahun 2020 saya bekerja pada PT Saic Internasional Indonesia yang bertempatkan di Kawasan Industri Cikarang, Perusahaan ini satu kesatuan dari PT Wuling Motors Indonesia (PT SGMW) yang bergerak pada bidang manufacture otomotif dalam pembuatan kendaraan roda empat.

Pengalaman test masuk kerja di PT. Saic Internasional Indonesia bisa dibilang cukup mudah yaitu hanya melakukan interview dengan pengawas pekerjaan. Untuk kalian yang ingin mencoba bekerja pada perusahaan ini silahkan cari informasi lowongan kerjanya.

#3 PT Toyota Boshoku Indonesia (TBINA)

Pekerjaan yang cocok untuk penderita buta warna yang ketiga yaitu bekerja di PT. Toyota Boshoku Indonesia (TBINA). Walaupun perusahaan tersebut melakukan tes kesehatan dalam melakukan seleksi karyawan namun saya pernah memiliki pengalaman pada tahun 2016 lulus dari tes buta warna tersebut.

Menurut kami perusahaan ini sangat cocok bagi penderita buta warna parsial, mau tunggu apalagi? silahkan coba nasibmu dari sekarang dan kirimlah lamaranmu disana.

#4 Perusahaan Kontraktor

Nah ini adalah salah satu jenis perusahaan yang menerima seorang penderita buta warna untuk mengaplikasikan ilmu yang ia miliki, tidak ada peryaratan khusus yang dibutuhkan dalam proses seleksi karyawan baru untuk bergabung menjadi pekerja kontraktor.

Asalkan kalian memiliki kemauan dan skill yang memadai pastinya kontraktor tidak akan ambil diam untuk merekrut kalian, silahkan coba lamar pekerjaanmu sekarang ya tidak usah berfikir lama-lama untuk menentukan dimana pekerjaan yang cocok untuk anda.

#5 Klinik Kesehatan

Tidak heran kalau yang kelima ini saya bilang sangat cocok untuk penderita buta warna mendapatkan pekerjaan karena klinik kesehatan sangat tidak membutuhkan persyaratan yang mengharuskan karyawannya normal dalam kategori mata.

Banyak penderita buta warna yang bekerja pada klinik kesehatan ini, walaupun banyak yang diterima adalah perempuan tidak ada salahnya bagi kalian laki-laki juga ikut mencoba melamar pekerjaannya disini.

#6 Proyek Pembangunan

Di Indonesia sekarang ini banyak proyek pembangunan yang mengerjakan mega proyeknya di era Jokowi. Tidak ada salahnya anda mencoba melamar pekerjaan pada salah satu peruashaan yang sekarang sedang mengerjakan proyek pembangunan di berbagai provinsi.

Contohnya Waskita Karya, Adhi Karya, WIKA, Nindya Karya serta perusahaan lainnya yang mengerjakan pembangunan di Indonesia ini. Begitu banyak peluang yang akan anda dapatkan disana serta karir pun pastinya akan berkembang dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

#7 Rumah Sakit

Sebenarnya menjadi dokter adalah sebuah impian bagi kebanyakan orang, bekerja dirumah sakit menjadi primadona yang ada dibenak setiap manusia. Walaupun seorang penyandang buta warna kemungkina kecil untuk menjadi dokter di Rumah sakit. Akan tetapi cobalah berpaling sedikit dengan melamar pekerjaan di Rumah Sakit selain menjadi dokter. Anda bisa melamar menjadi OB, Penjaga Kantin, Kasir ataupun yang lainnya.

#8 PT Pertamina (Persero)

Dahulu saya pernah bekerja di PT. Pertamina (Persero) walaupun hanya sebagai kontraktor, namun untuk gaji yang didapatkan tidak kalah besar ketimbang perusahaan lain yang sekarang ini sedang kalian impikan. Terakhir saya bekerja bisa mendapatkan kurang lebih 8jt rupiah.

Menjadi salah satu karyawan kontraktor Pertamina tidak susah kok, kalian hanya mencari perusahaan mana yang dipilih Pertamina dalam melaksanakan suatu pekerjaan melalui tender lalu kirimlah riwayat hidup ke perusahaan tersebut.

#9 Tambang Batu Bara

Tambang batu bara adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk penderita buta warna, kenapa saya menyebut demikian? apakah hal tersebur mungkin? atau hanya omongan belaka? Nah saya akan berbagi pengalaman tentang diri saya yang pernah bekerja pada salah satu perusahaan kontraktor tambang batu bara di Kalimantan Tengah.

Pada saat itu saya bekerja di salah satu kontraktor PT Adaro Energy menjadi seorang HSE Officer, disana sangat ketat dalam melakukan seleksi kesehatan karyawan baru. Namun pada saat tes buta warna yang dilakukan tidak ada masalah apa-apa dan saya tetap dinyatakan lulus dan diterima bekerja. Cobalah untuk melamar pekerjaan diperusahaan ini siapa tau rejeki anda terdapat didalamnya.

Nah kedelapan rekomendasi perusahaan diatas adalah yang cocok untuk penderita buta warna mendapatkan pekerjaan. Selain daripada itu masih banyak lagi perusahaan yang ingin menerima anda! intinya jangan putus asa dan jangan berhenti untuk berusaha.

Jabatan Pekerjaan Yang Cocok Untuk Penderita Buta Warna

buta-warna

Jabatan sangat penting dalam struktur organisasi perusahaan untuk menentukan wewenang dan tanggung jawab yang harus dilakukan karyawan untuk meraih target dan rencana yang sudah dicanangkan. Selain perusahaan yang sudah Lulusandiploma.com rangkum, ada juga berbagai jabatan yang cocok untuk penderita buta warna bekerja, apa saja jabatan tersebut?

  1. Pengusaha
  2. Helper
  3. Harian
  4. Logistik
  5. Operator
  6. Electrical
  7. Helper Electrical
  8. HSE
  9. Engineering
  10. Drafter
  11. Quality Control (QC)
  12. Assisten Quality
  13. Surveyor
  14. Assisten Surveyor
  15. Administrasi
  16. Keuangan
  17. SDM / HR
  18. Supervisor
  19. Foreman
  20. Pengawas
  21. Mekanik
  22. Project Manager
  23. Site Administrasi Manager
  24. Site Operational Manager
  25. Site Engineering Manager
  26. Site Manager
  27. Officer Engineer
  28. Dll

Banyak sekali bukan kesempatan bagi seorang penderita buta warna untuk mendapatkan pekerjaan? Pastinya sangat banyak namun kalian saja yang patah semangat begitu saja karena kegagalan yang dirasakan pertama kali test kerja karena buta warna.

Mulai sekarang bangkitkan kembali semangatmu dalam mencari sebuah pekerjaan, karena buta warna bukan menjadi alasan seseorang tidak dapat bekerja. Justru kelainan inilah yang dapat membawa kalian menuju kesuksesan.

Mungkin sampai disini saja penjelasan yang dapat Lulusandiploma.com berikan mengenai Rekomendasi Pekerjaan Yang Cocok Untuk Penderita Buta Warna dan terimakasih.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Pekerjaan Yang Cocok Untuk Penderita Buta Warna"