Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh CV Fresh Graduate [Tanpa Pengalaman + Cara Membuatnya]

Contoh CV Fresh graduate tanpa pengalaman dan Cara membuat cv lamaran kerja yang akan Lulusan diploma paparkan, untuk menyelesaikan kebingungan Anda. Sebenarnya bagaimana Cara membuat cv yang baik dan benar jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja di kehidupan nyata?

Apabila Anda tidak tahu cara membuat cv lamaran kerja. Bingung harus mencari contoh cv fresh graduate tanpa pengalaman kemana, memulai dari mana, apa yang harus disertakan, serta format mana yang harus dipilih. Mungkin pengetahuan pada artikel ini cocok buat Anda.

Sebelumnya saya telah memaparkan Contoh Daftar Riwayat Hidup secara detail dan banyak. Anda bisa langsung saja comot dan download apabila memerlukannya. Mungkin seringkali Anda telah mencari contoh cv fresh graduate tanpa pengalaman, namun sebagian besar saran yang ditemukan tidak relevan dengan apa yang Anda mau. Kebanyakan contoh cv lamaran kerja di internet terlalu berfokus pada pribadi yang memiliki latar belakang pengalaman kerja.

Apakah ada solusi dari masalah dan kesulitan yang Anda rasakan saat mengisi pengalaman kerja di cv? Karena hal tersebut menjadi bagian utama dari penilai HRD.  Ditakutkan apabila Anda tidak mengetahui point apa saja yang harus diisi akan berakibat tidak diterima kerja.

Dalam panduan ini, kami akan menuntun Anda untuk membuat CV FRESH GRADUATE tanpa pengalaman kerja.

Pada artikel ini Anda akan belajar mengenai:

  • Bagaimana cara membuat cv fresh graduate tanpa pengalaman
  • Pilihan untuk menggantikan pengalaman kerja di cv (yang membantu Anda menonjol)
  • Contoh cv fresh graduate tanpa pengalaman kerja (dijamin memberi Anda pekerjaan)

Cara Membuat CV Fresh Graduate [Tanpa Pengalaman + Contoh]

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Curriculum Vitae atau CV yang menarik ditentukan dengan data diri yang Anda cantumkan. Format cv yang menarik biasanya ditunjukan dengan seberapa banyak pengalaman kerja yang Anda miliki.

Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja? 

Untuk cv tanpa pengalaman kerja, kami menyarankan Anda untuk mengisi metode bercerita dengan metode terbalik.

Maksud dari metode ini adalah Anda disarankan untuk mencantumkan yang paling terakhir dari pengalaman yang pernah dilakukan pada urutan teratas.

Ini adalah format paling populer di antara pelamar dan favorit bagi perekrut. Berikut contoh cara membuat cv fresh graduate tanpa pengalaman dengan kronologis terbalik :

  1. Header: Informasi Kontak dan Pernyataan cv
  2. Pendidikan
  3. Magang, kegiatan ekstrakurikuler, pengalaman organisasi, skripsi dan penelitian (Bagian ini akan menggantikan pengalaman kerja Anda).
  4. Skill

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui masing-masing bagian ini, dan menjelaskan cara menulisnya agar Anda terlihat menonjol dari yang lain.

Siap?

Mari simak penjelasannya.

1. Cantumkan informasi kontak dengan jelas


Apakah kalian pernah melihat header cv? biasanya kolom tersebut berisikan tentang informasi kontak bahkan ulasan singkat tentang diri Anda. 

Langkah menarik dalam membuat cv fresh graduate tanpa pengalaman adalah dengan memasukan informasi kontak anda dengan singkat dan to the point.

Pada bagian informasi kontak di header cv Anda, sebutkan hal berikut:

  • Nama pertama
  • Nomor telepon
  • Alamat email
  • Cantumkan juga link media sosial seperti website (bila ada) dan linkedin.

Pada bagian alamat email, Anda harus memerhatikan pada nama email Anda! Usahakan profesional.

Contohnya : Apabila nama Anda adalah Sandi "sandi@gmail.com."

Anda mengambil tindakan yang salah jika Anda menggunakan email yang dibuat dengan nama yang susah seperti (“sandi999@hotmail.com”).

Pastikan semua yang telah kamu isi pada bagian informasi kontak telah diperiksa ulang, periksa tiga kali informasi kontak Anda. Jangan sampai perekrut tidak dapat menghubungi karena Anda salah ketik nomor telepon.

2. Letakkan Tentang Saya di CV

Contoh Tentang Saya di CV

Tentang saya di cv adalah pernyataan judul singkat pada cv (riwayat hidup), di mana Anda menggambarkan semua tentang pengalaman yang dimiliki.

HRD sangat senang apabila saat melihat cv fresh graduate dalam waktu 5-6 detik awal, apa yang jadi inti dalam daftar riwayat hidup tersebut bisa tergambarkan.

Ya, itu benar. Dalam kebanyakan kasus, perekrut sangat enggan membaca keseluruhan riwayat hidup yang bertele tele. Jadi, mereka hanya memiliki beberapa detik untuk membaca sepintas pada seluruh cv pelamar.

Nah, bagian ini adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian HRD (dan biarkan HRD tahu bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan).

About me daftar riwayat hidup biasanya maksimal 3-4 kalimat dan mencakup informasi tentang:

  • Apa bidang studi Anda;
  • Apa keahlian dan pengalaman Anda (yang relevan dengan pekerjaan);
  • Mengapa Anda melamar posisi ini dan/atau perusahaan ini.

Seperti halnya informasi kontak, Anda tidak perlu memberi keterangan cv dengan sebuah judul. Cukup tulis di bawah bagian informasi kontak Anda.

☑ Contoh tentang saya di cv:

Saya lulusan Akutansi, dan sedang mencari pekerjaan Sekretaris di PT XYZ. Saya memiliki keterampilan menulis dan gaya bicara yang baik. Memiliki pengalaman manajemen komunikasi yang diperoleh melalui beberapa kegiatan di kampus.

3. Buat Riwayat Pendidikan Anda

Contoh Riwayat Pendidikan

Tekankan pendidikan Anda! Itulah yang harus dilakukan saat mengisi bagian pendidikan di cv fresh graduate tanpa pengalaman.

Dalam pembuatan cv, rata-rata bagian pertama adalah pengalaman kerja. Karena Anda tidak memilikinya, Anda harus menghilangkannya dan menggantinya dengan bagian pendidikan.

Dengan tips karir ini, Anda akan membawa lebih banyak perhatian kepada pihak recruiter untuk menyorot pendidikan Anda, itulah nantinya yang merupakan salah satu nilai jual utama.

Jadi, apa yang harus Anda sertakan di bagian riwayat pendidikan? Berikut penjabaran pendidikan yang tepat dalam cv fresh graduate tanpa pengalaman:

  • Nama gelar
  • Nama jurusan
  • Tahun masuk
  • Lokasi universitas (opsional)
  • IPK (opsional)
  • Organisasi (opsional)
  • Kursus yang relevan (opsional)
  • Program pertukaran mahasiswa (opsional)

Sebagai catatan lain, jika Anda berkuliah di universitas bergengsi, Anda dapat menambahkan nama institusi sebelum gelar. Dengan cara ini, Anda akan lebih cepat menarik perhatian HRD.

Apakah yang telah Lulusan diploma paparkan diatas sudah jelas?

Bagus!

Sekarang, mari kita lihat beberapa contoh dalam mencantumkan pendidikan pada daftar riwayat hidup:

☑ Cara menulis riwayat pendidikan di cv fresh graduate

Jika Anda adalah fresh graduate, mungkin contoh pendidikan pada cv fresh graduate di bawah dapat menjawab pertanyaan Anda.

RIWAYAT PENDIDIKAN

S1 Ilmu Komputer di Universitas Pajajaran
Jakarta, Indonesia
Okt 2015 - Jun 2022
IPK 3.87 / 4.00

☑ Cara menulis riwayat pendidikan di cv mahasiswa yang masih kuliah

Mungkin penulisan pendidikan di bawah ini dapat menyelesaikan masalah anda, berikut adalah penulisan pendidikan pada contoh cv untuk mahasiswa yag masih kuliah:

RIWAYAT PENDIDIKAN

S1 Universitas Seni London
Semester 4 Jurusan Akutansi Bisnis
Oktober 2023 - Sekarang

☑ Cara menulis riwayat pendidikan di cv jika Anda lulusan sma / smk

Kedua diatas ditulis apabila Anda sedang berkuliah maupun telah lulus kuliah, sekarang bagaimana penulisan pada cv lulusan SMA? berikut contohnya:

RIWAYAT PENDIDIKAN

SMK 97 Jakarta
Jurusan Mesin
Lulus tahun 2024

☑ [Tanya jawab] Masalah riwayat pendidikan

Apakah Anda masih kebingungan tentang penjelasan yang telah Lulusan diploma paparkan diatas? mungkin pertanyaan berikut dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda saat mengisi bagian riwayat pendidikan pada cv.

 ✔ Apakah boleh menulis ipk di cv?

Jawabannya di sini adalah "mungkin." Kami merekomendasikan untuk menyertakan IPK jika nilainya diatas dari 3,0. Jika IPK anda lebih dari itu, mungkin bisa menjual diri Anda pada cv. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar pemberi kerja tidak peduli dengan nilai Anda.

 ✔ Apakah boleh memasukan kursus di cv?

Ya, tapi selama itu relevan. Jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja, kursus dapat membantu membangun keahlian Anda di suatu bidang. Namun, jangan memasukan kursus yang tidak sesuai dengan bidang yang akan kamu lamar. Recruiter tidak akan peduli walaupun nilai Anda 100.

✔ Apakah Saya harus memasukan pendidikan dimulai dari SD?

Hanya jika itu satu-satunya gelar Anda. Jika Anda memiliki pendidikan tinggi, gelar sekolah menengah Anda hanya akan memakan tempat.

Sekarang setelah Anda mendaftarkan pendidikan Anda, saatnya untuk mengisi kesenjangan pengalaman kerja itu di cv Anda.

 ✔ Bagaimana jika kuliah tidak selesai?

Banyak dari Anda mencari referensi tentang contoh cv kuliah tidak selesai. Jika Anda tidak selesai kuliah, dan mungkin hanya belajar selama 2-3 tahun. Gelar setengah jadi masih lebih baik daripada tidak ada gelar. Namun, jika Anda keluar setelah satu semester, itu tidak terlalu berarti.

Tips Mengganti Pengalaman Kerja di CV Fresh Graduate

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman 2

Setelah Anda memasukan riwayat pendidikan di cv, sekarang saatnya untuk mengisi penggaanti pengalaman kerja di cv Anda.

Anda tidak masih khawatir tentang kurangnya pengalaman. 

Karena, berikut adalah cara megisi pengalaman kerja di daftar riwayat hidup, beserta empat bagian yang dapat Anda gunakan sebagai gantinya:

1. Ganti Dengan Pengalaman Magang

Sudahkah Anda melakukan magang yang relevan dengan posisi yang Anda lamar? Sekarang saatnya untuk menyebutkannya.

Inilah cara menambahkan magang ke cv Anda:

Contoh Pengalaman Magang
contoh pengalaman magang

  1. Pertama, tempatkan bagian Magang tepat setelah bagian pendidikan.
  2. Judulnya: Pengalaman Magang
  3. Kedua, tuliskan judul dan tugas magang Anda. Buatlah secara spesifik.
    Jika magang Anda di departemen pajak, jangan hanya menulis "Magang", sebutkan "Magang Perpajakan".
  4. Ketiga, dalam urutan yang baik - tulis nama perusahaan, lokasi, dan durasi magang.

☑ Pengalaman magang di cv:

PENGALAMAN MAGANG

PT. (Pertamina Persero)

Perpajakan Pertamina

Jan 2022 - Jul 2022

Mudah dan lugas, bukan?

Satu langkah lagi:

Terakhir, tambahkan daftar tanggung jawab yang Anda miliki saat magang dalam bentuk poin-poin.

Jika Anda memiliki pencapaian target, lebih baik untuk dicantumkan juga!

Sesuaikan tanggung jawab dan pencapaian dengan peran yang Anda lamar.

Begini contoh tampilan pengalaman magang di cv:

✔ Cara menulis pengalaman magang di cv 1

Jika Anda mengajukan proposal magang dengan tema perpajakan dan akutansi.

Inilah cara Anda memasukkan riwayat magang tersebut pada cv:

PENGALAMAN MAGANG

Magang Bank Indonesia (Feb 2022 - Apr 2022)
Perpajakan & Akutansi
Jakarta
  • Menganalisis berbagai platform perpajakan perusahaan
  • Pengecekan setoran kas
  • Meeningkatkan pembukaan rekening sebesar 25%

Tanggung jawab dan pencapaian yang tercantum harus berhubungan langsung dengan persyaratan pekerjaan di Bank.

✔ Cara menulis pengalaman magang di cv 2

Apabila Anda jurusan Teknik Informatika. Lihatlah contoh magang untuk melengkapi cv Anda:

PENGALAMAN MAGANG

Magang Informatika
Telkom Indonesia
Surabaya
Mar 2022 - Jun 2022

  • Membantu Manajer Pemasaran dalam menganalisa gangguan data
  • Membantu membuat design jaringan telkom.

Perhatikan bagaimana inti dari keterangan, pengalaman magang tetap terlihat sama.

Namun dalam kasus lain, saat Anda magang terkait jurusan informatika, Anda harus lebih menyoroti pengalaman menganalisa.

Untuk mendapatkan lebih banyak contoh cv lamaran kerja, silahkan lihat panduan lengkap kami untuk cv magang dan cara menulis surat lamaran kerja.

2. Ganti Dengan Pengalaman Kepanitiaan

Apakah cv lamaran kerja Anda masih memiliki banyak ruang kosong?

Pengalaman kepanitiaan adalah solusi yang bagus!

Namun perlu diperhatikan apakah pengalaman kepanitiaan tersebut terkait dengan pekerjaan yang akan Anda lamar atau tidak, Lulusan diploma akan memberikan contoh satu hal:

Sekarang coba bayangkan, Anda adalah Manager HRD dan harus memilih di antara 2 kandidat dibawah ini:

  1. Sandi Okta Prayoga. Pernah belajar di Akamigas Balongan. dengan IPK 4.0, dirinya memiliki nilai tinggi, namun tidak ada kegiatan kampus, magang, atau apa pun.
  2. Melisa Anggraini. Juga belajar di Akamigas Balongan. dengan IPK 3.2. Wakil Ketua Organisasi Kemahasiswaan (BEM). Menjabat asisten dosen selama 2 semester. Menyelenggarakan beberapa acara makrab di kampus.

Tentu, Sandi mungkin memenuhi syarat, tetapi dirinya tidak aktif dalam bersosialisasi dengan rekan satu kampus, selain itu Sandi Okta Prayoga hanya senang belajar.

Melisa, dapat mengelola organisasi BEM pada kampusnya, pernah menjabat sebagai Asisten Dosen dan aktif bersosialisasi. Selain dari pada itu Melisa Anggraini memiliki semangat untuk membuat perubahan (dalam kegiatan Mahasiswa).

Jadi, mana yang akan Anda pilih?

Tepat!

Sekarang, mari kita jelaskan bagaimana cara membuat pengalaman kepanitiaan dalam cv Anda:

Contoh Pengalaman Kepanitiaan
contoh pengalaman kepanitiaan

  1. Judul bagian: Pengalaman Kepanitiaan
  2. Nama organisasi dan/atau tim
  3. Peran Anda dalam organisasi
  4. Jangka waktu
  5. Penghargaan atau pencapaian yang patut dicatat

☑ Cara penulisan pengalaman kepanitiaan dalam cv :

PENGALAMAN KEPANITIAAN

Kegiatan BEM Mahasiswa
Wakil Ketua
09/2018 - 09/2019
  • Menyelenggarakan acara makrab
  • Panitia acara kontes kemahasiswaan
  • Mengadakan lomba cerdas cermat ekonomi.

3. Ganti Dengan Pengalaman Organisasi

Organisasi menunjukkan dedikasi dan semangat untuk menerapkan diri sendiri.

Dan tidak ada yang lebih disukai perekrut selain karyawan yang berkomitmen.

Apakah Anda menghabiskan waktu luang Anda di dapur umum, atau Anda membantu mengumpulkan sampah di pedesaan, Anda dapat menyebutkannya di cv Anda!

Tapi bagaimana Anda membuat daftar pengalaman menjadi sukarelawan?

Nah, ini mengikuti logika yang sama dengan magang dan ekstrakurikuler Anda:

Contoh Pengalaman Organisasi
contoh pengalaman organisasi

  1. Judul: Pengalaman Organisasi
  2. Nama organisasi
  3. Lokasi
  4. Jangka waktu
  5. Tugas dan pencapaian yang relevan (poin poin)

☑ Contoh pengalaman organisasi di cv

PENGALAMAN ORGANISASI

Organisasi Karang Taruna
Juni 2022 - sekarang
  • Melakukan kegiatan kesekretariatan, seperti menyortir surat, mengarsipkan dokumen, menjawab panggilan telepon, dan menerima pesan.
  • Memimpin acara pembacaan puisi setiap dua kali dalam sebulan.

4. Ganti Dengan Sertifikat

Di bagian ini, Anda dapat menambahkan sertifikat relevan yang pernah Anda ikuti selama masa sekolah, magang, seminar dan pelatihan.

Sertifikat pelatihan, seminar, tesis kelulusan, atau proyek penelitian Anda ada di sini.

Tidak perlu pengalaman kerja! Inilah cara mencantumkan sertifikat di cv:

Contoh Menulis Sertifikat di CV
cara menulis sertifikat di cv

  1. Judul sertifikat
  2. Nama sertifikat
  3. Jenis sertifikat
  4. Organisasi terkait
  5. Jangka waktu
  6. Tanggung jawab dan pencapaian yang relevan (opsional)

Dan sekarang, untuk beberapa contoh praktis. Berikut adalah tampilan proyek mahasiswa jurnalistik:

☑ Cara menulis sertifikat di cv

SERTIFIKAT
Ahli Akutansi Bisnis
PT Mutiara Mutu Akutansi
11/2022 - 12/2023

Dan inilah contoh sekolah hukum:

☑ Penulisan sertifikat di cv

SERTIFIKAT

Sertifikat U- VisaPro Bono In-House
Sekolah Hukum Columbia
11/2018 - 03/2019
  • Menyelesaikan petisi lengkap untuk status non-imigran U, mewawancarai badan hukum dan menyusun surat pernyataan.

Jika Anda memiliki sesuatu yang berbeda sehingga dapat menambah nilai jual, jangan ragu untuk menyertakan pengalaman tersebut.

Misalnya, jika Anda seorang pemilik website, sertakan juga nama website Anda.

5. Ganti Dengan Skill

Bagian skill penting untuk cv fresh graduate tanpa pengalaman kerja

Ada dua jenis keterampilan yang dapat Anda sertakan di cv fresh graduate tanpa pengalaman :

Soft skill dan hard skill.

Apa bedanya?

Soft skill adalah atribut atau kebiasaan yang menggambarkan cara Anda bekerja. Mereka tidak spesifik untuk suatu pekerjaan, tetapi secara tidak langsung membantu Anda beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Berikut adalah beberapa contoh : kerja tim, tanggung jawab, kepemimpinan, kreativitas, dll.

Hard skill, di sisi lain, merujuk pada alat khusus, pengetahuan dan pelatihan teknis, dan keterampilan khusus pekerjaan lainnya. Mereka melamar langsung ke pekerjaan itu.

Penulisan teknis, Ms office, akuntansi keuangan, dll. adalah contoh hard skill.

Hard Skill dan Soft Skill
contoh hard skill dan soft skill

Jadi, mana dari keterampilan ini yang harus Anda sertakan?

Itu tergantung pada banyak faktor, tetapi sebagai seseorang yang tidak memiliki pengalaman kerja, Anda harus lebih condong pada penulisan hard skill di cv.

Bisa saja Andamenulis kata-kata keren seperti "Mudah Bersosialisasi" dan "Jiwa Kepemimpinan," tetapi perekrut tidak akan mempercayai Anda.

Fakta dilapangan adalah itulah yang dilakukan 90% fresh graduate.

Sebaliknya, Anda harus fokus pada keterampilan yang membuat Anda menonjol dalam hard skill yang dimiliki.

Jadi, bagaimana cara menulis hard skill pada cv fresh graduate tanpa pengalaman? Mudah! Cukup baca lowongan pekerjaan yang akan Anda lamar.

Katakanlah Anda akan melamar sebagai design animator, dan syarat lowongan kerja tersebut seperti ini:

  1. Pengalaman mengedit video (Premiere, After Effects)
  2. Pengalaman desain animasi
  3. Pengalaman mengedit foto (Photoshop)
  4. Pengalaman fotografi
  5. Pengalaman dengan Adobe Illustrator

Contoh Skill Pada cv:

SKILL

  • Premiere & After Effects - Pakar
  • Photoshop - Pakar
  • Desain UI - Menengah
  • Adobe Illustrator - Menengah
  • Fotografi - Menengah

Tidak yakin keterampilan dalam cv yang disebutkan? Lihat artikel kami tentang 150+ keterampilan yang harus dimiliki untuk semua macam profesi!

6. Informasi tambahan pada cv fresh graduate

Contoh cv fresh graduate tanpa pengalaman memang memiliki satu keuntungan, yaitu ruang kosong.

Anda dapat menggunakan ruang ini untuk membuat informasi lain yang dapat menyoroti HRD bahwa betapa hebatnya Anda!

Berikut adalah beberapa bagian yang dapat Anda sertakan:

  • Hobi dan minat. Tambahkan bakat ke cv Anda dengan menunjukkan rasa ingin dan minat tulus Anda pada Perusahaan ini.
  • Bahasa. Apakah Anda bisa dua bahasa? Atau bahkan tiga bahasa? Luar biasa! Sebagian besar perusahaan saat ini cukup menghargai keterampilan bahasa tambahan. Namun, berhati-hatilah untuk tidak melebih-lebihkan kemampuan Anda. Jangan memasukan multibahasa pada cv Anda.
  • Penghargaan. Apakah Anda memiliki kertas mewah yang menunjukkan bahwa Anda pintar? Mungkin itu penghargaan untuk esai hebat dalam kompetisi, atau sertifikat dari kursus online. Apa pun masalahnya, penghargaan dan sertifikasi menunjukkan bahwa Anda adalah pemenang, jadi pastikan untuk menyertakannya di bagian masing-masing.

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Apakah penjelasan dalam membuat cv lamaran kerja diatas belum membuat Anda puas? Apakah Anda masih memiliki pertanyaan tentang cv fresh graduate tanpa pengalaman?

Nah sekarang kita akan masuk pada pembahasan contoh cv fresh graduate tanpa pengalaman.

Saat inilah yang Anda nantikan agar dipanggil interview kerja.

Kami akan memberi Anda contoh yang telah ditentukan.

Ini juga membantu Anda membayangkan bagaimana seharusnya cv tanpa pengalaman kerja.

Berikut adalah 5 contoh cv fresh graduate tanpa pengalaman kerja yang dapat Anda dapatkan:

1. Contoh CV Fresh Graduate

Contoh CV Fresh Graduate
contoh cv fresh graduate via hipwee.com

2. Contoh CV Mahasiswa

Contoh CV Mahasiswa
contoh cv mahasiswa via hipwee.com

3. Contoh CV Lulusan SMK

Contoh CV SMK/SMA
contoh cv lulusan smk/sma via hipwee.com

4. Contoh CV Pelajar

Contoh CV Pelajar
contoh cv pelajar via hipwee.com

5. Contoh CV Tulis Tangan

Contoh CV Tulis Tangan
contoh cv tulis tangan via hipwee.com

6. Contoh CV Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris
contoh cv bahasa Inggris via hipwee.com

Buat Surat Lamaran Kerja yang Cocok

Apakah semua dinyatakan selesai apabila Anda telah membuat cv lamaran kerja?

Ini belum selesai. Anda perlu menulis surat lamaran untuk aplly lowongan kerja.

Surat lamaran adalah surat satu halaman yang menyertai cv Anda dan merupakan bagian dari lamaran pekerjaan Anda.

Lihatlah seperti ini: cv atau curriculum vitae Anda menggambarkan pengalaman, serta surat lamaran akan menjelaskan (dengan kata-kata sederhana) bagaimana yang relevansinya dengan pekerjaan tersebut.

Sekarang, inilah garis besar singkat tentang apa yang harus disertakan dalam surat lamaran:

Contoh Surat Lamaran Kerja
contoh surat lamaran kerja via lulusandiploma.com


Terakhir, hampir sama seperti hal yang di paparkan pada cv Anda, pastikan surat lamaran Anda relevan, pendek, dan ringkas.

Manajer HRD tidak punya waktu untuk membaca kata yang panjang, mereka hanya akan meninjau surat lamaran Anda selama beberapa detik.

Ada lebih banyak hal untuk membuat surat lamaran yang bagus daripada yang baru saja kami jelaskan.

Untuk panduan lengkap yang perlu Anda ketahui, lihat Panduan Lengkap kami tentang Cara Menulis Surat Pengantar!

Keterangan Penutup

dan inilah intinya!

Pada pembahasan ini, Anda harus mengetahui segala sesuatu yang perlu diketahui tentang menulis cv fresh graduate tanpa pengalaman.

Hanya untuk mengingat kembali pembahasan sebelumnya, mari kita simpulkan yang telah kita pelajari sejauh ini:

  • Saat membuat cv lamaran kerja, gunakan format kronologis terbalik.
  • Anda dapat membuat cv fresh graduate tanpa pengalaman yang menarik dengan menekankan pendidikan, magang yang relevan, hard skill & soft skill, pengalaman organisasi dan pengalaman kepanitiaan.
  • Bagian lain yang dapat Anda sertakan di cv adalah hobi & minat, bahasa, sertifikasi, atau pencapaian.
  • Jaga agar keseluruhan isi pada cv Anda jelas, tepat, dan relevan. Gunakan poin-poin untuk semua deskripsi Anda.
  • Setelah Anda selesai membuat cv, Anda harus menulis surat lamaran yang menarik. Surat lamaran adalah surat satu halaman yang menceritakan kisah di balik konten cv Anda dan menekankan pihak HRD kembali mengapa Anda sangat cocok untuk pekerjaan itu.

Rekomendasi kami

Baca juga: Contoh daftar riwayat hidup lulusan SMK

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Contoh CV Fresh Graduate [Tanpa Pengalaman + Cara Membuatnya]"