Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Materi Safety Talk Lock Out Tag Out

 Materi safety talk lock out tag out - Kapan waktu yang cocok untuk dibawakan kepada karyawan? Jawabannya adalah saat pekerjaan yang akan dilaksanakan berhubungan dengan sumber energy berbahaya dari peralatan, instalasi listrik, perbaikan peralatan, maupun pekerjaan yang memiliki potensi bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja.

Tujuan dari penyampaian materi safety talk lock out tag out yaitu sebagai pengingat bagi karyawan yang akan bekerja tersebut untuk selalu menerapkan sistem isolasi saat melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan energy berbahaya.

Mengapa materi safety talk lock out tag out harus disampaikan? Jawabannya yaitu karena untuk mengantisipasi terjadinya ketidaksengajaan dari karyawan dalam mengoperasikan kembali suatu alat, mesin maupun energi berbahaya yang sedang dalam perbaikan, maintenance atau lainnya sehingga menimbulkan suatu kecelakaan kerja.

Contoh Materi Safety Talk Lock Out Tag Out

Materi Safety Talk Lock Out Tag Out
dokumentasi safety talk proyek batang asai 23/07/22

Tujuan materi safety talk lock out tag out yang Lulusan diploma akan rangkum ini, dimaksud untuk memudahkan bagi para praktisi keselamatan kerja di perusahaan dalam menyampaikan untuk karyawan. Karena kami menganalisa bahwa kata kunci lock out tag out banyak dicari untuk disampaikan.

Pada pembahasan yang lainnya juga kami telah merangkum dengan lengkap dalam Kumpulan Materi Safety Talk yang dapat Anda dapatkan pada artikel tersebut.

Mungkin saat ini kami akan memberikan contoh dalam penyampaian safety talk tentang loto menurut pengalaman yang kami miliki, berikut silahkan Anda simak dan semoga bermanfaat.

Semangat pagi! terimakasih rekan semua telah hadir dalam kegiatan safety talk hari ini. Dalam penyampaian Materi safety talk hari ini tentang penerapan lock out tag out, karena berkaitan dengan pelaksanaan overhaul atau maintenance mesin dalam proses pekerjaan yang akan kita laksanakan. Maka dari itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melaksanakan pekerjaan.

Apakah rekan yang hadir dalam safety talk pagi ini mengetahui pekerjaan apa saja yang wajib atau disarankan untuk menerapkan sistem lock out tag out? Benar sekali! 

Pekerjaan yang disarankan dilaksanakannya lock out tag out

  1. Pekerjaan yang akan kita laksanakan sekarang ini yaitu perawatan dan perbaikan mesin
  2. Pekerjaan instalasi listrik
  3. Pekerjaan yang berpotensi membuat kerusakan mesin atau membuat karyawan cidera
  4. Pekerjaan penggantian atau memperbaiki peralatan produksi
  5. Pekerjaan yang melibatkan sistem transimisi, gas, air, steam atau minyak bertekanan
  6. Serta pekerjaan yang berkaitan dengan energy berbahaya

Keenam pekerjaan yang disebutkan tersebut memerlukan penerapan sistem isolasi lock out tag out atau loto. Lalu rekan yang hadir dalam safety talk ini apakah ada juga yang mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan loto atau lock out tag out ini?

Peralatan yang dibutuhkan pada pelaksanaan lock out tag out

  1. Sebuah pengunci kotak elektrik yang biasanya menggunakan gembok atau alat pengunci ganda
  2. Pengunci gagang katup yang biasa disandingkan dengan safatee donut dan mempergunakan alat rantai dan gembok
  3. Pencegah beban yang jatuh biasa menggunakan batang panahan
  4. Pengunci valve, air bertekanan, pneumatic, air bertekanan yang biasa menggunakan peralatan seperti safetee donut
  5. Peralatan lain yang dapat mengunci, menghindari, melepaskan energy yang dapat mengakibatkan kecelakaan

Nah dari semua yang disebutkan tersebut, Perusahaan telah menyediakan tiap tiap peralatan tersebut untuk dipergunakan bagi kita semua yang akan melaksanakan pekerjaan serta menerapkan sistem isolasi menggunakan lock out tag out.

Jadi apakah perusahaan kita telah memiliki aturan khusus atau pedoman yang berkaitan akan penerapan ini? Pastinya sudah! tidak mungkin saya dalam safety talk kali ini membahas materi tentang lock out tag out apabila perusahaan belum memiliki prosedur kan hal ini.

Lalu apa yang disebutkan dalam prosedur lock out tag out? Mungkin saya hanya menjelaskan point pentingnya saja, seperti cara pemasangan LOTO dan cara melepas LOTO yang tertera pada prosedur.

Cara Pemasangan Lock Out Tag Out

  1. Tentukan sumber energy apa yang akan dimatikan sebelum melakukan pemasangan lotck out tag out
  2. Melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap peralatan yang menjadi sumber, apakah alat tersebut dapat dilakukan sistem pengunci atau tidak
  3. Menentukan step step dalam penguncian
  4. Menginformasikan atau memberitahukan kepada seluruh karyawan yang berhubungan dengan peralatan yang akan dikunci bahwa alat tersebut akan dilakukan isolasi sementara
  5. Mematikan peralatan
  6. Menentukan orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan penguncian
  7. Pemasangan lock out tag out
  8. Karyawan yang memiliki tanggung jawab tersebut harus memasang kunci dan mengisi pada lembar lock out tag out sheet
  9. Menghilangkan energy bahaya yang tersimpan
  10. Mengecek ulang apakah peralatan sudah mati dan energy berbahaya yang tersipan
  11. Lakukan identifikasi bahaya
  12. Lakukan pemaparan potensi bahaya atau kegiatan safety talk sebelum melaksanakan pekerjaan

Cara Melepas Lock Out Tag Out

  1. Pelepasan lock out tag out harus dilakukan oleh orang yang bertanggung jawab atas pemaangan
  2. Memastikan terlebih dahulu bahwa peralatan telah aman sebelum dihidupkan kembali
  3. Memastikan peralatan kerja serta bahan lainnya telah disingkirkan dan dirapihkan
  4. Melakukan pemeriksaan terhadap karyawan yang berkaitan dengan pekerjaan bahwa telah benar benar aman
  5. Lepaskan lock out tag out
  6. Menginformasikan kepada karyawan yang berkaitan dengan mesin tersebut, bahwa mesin dapat dipergunakan kembali dan sudah bisa dihidupkan
  7. Karyawan dapat beraktifitas dengan normal dan menggunakan mesin tersebut

Nah itulah beberapa tahapan cara memasang dan melepas lock out tag out yang tertera pada prosedur perusahaan. Saran saya diakhir materi safety talk lock out tag out hari ini adalah; dimohon untuk rekan semua tetap utamakan K3 pada setiap kegiatan, pastikan sistem loto telah diterapkan serta ingatkan rekan apabila mereka melakukan kegiatan dengan kurang aman.

Saya akhiri materi safety talk lock out tag out ini dengan salam dan berdoa menurut kepercayaan masing masing. Safety first!

Sekian materi safety talk tentang LOTO yang dapat Lulusan diploma rangkum, semoga bermanfaat dan apabila ada kesalahan dalam penyampaian kami harap bisa diberikan masukan pada kolom komentar dibawah (baca juga: Materi safety talk ringan potensi bahaya forklift). Terimakasih

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Materi Safety Talk Lock Out Tag Out"