Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Ketombe Yang Parah

menghilangkan-ketombe

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas masalah yang hampir semua orang pernah mengalaminya dan bahkan membuat mereka stress, minder, dan beberapa wanita sampai sulit mendapatkan pasangan gara-gara masalah ini dan masalah tersebut adalah KETOMBE.

Jadi pada artikel lulusandiploma.com kali ini akan membahas apa penyebab ketombe dan bagaimana solusi menghilangkan ketombe yang parah yang dapat anda lakukan sehari-hari.

Sebenarnya hampir semua orang pernah mengalami masalah ketombe, mungkin anda yang sedang membaca artikel saya kali ini mengalami masalah ketombe, atau tetangga anda, om anda, tante anda, orang tua anda, atau mungkin teman-teman dekat anda mengalaminya.

Kulit pada tubuh dan kepala kita mengalami regenerasi secara berkala. Dimana kulit mati terkelupas dan memberi ruang bagi kulit baru bertumbuh. Hal ini akan terlihat jelas pada kulit kepala anda, dimana kulit yang terkelupas akan tersangkut di rambut, dan ini yang disebut ketombe (dandruff).

Orang-orang dengan kulit kering atau orang-orang yang kekurangan nutrisi tertentu akan mudah mengalami masalah ketombe. Jadi mereka dapat mengalami masalah ketombe yang lebih parah daripada orang lain.

Hormon yang tidak seimbang, stress, dan pola makan yang tidak baik juga dapat mempengaruhi dan memperparah ketombe. Bagi anda yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri atau bagi anda yang merantau ke luar negeri untuk bekerja disana. Pada negara yang mempunyai 4 musim akan menyebabkan ketombe lebih parah pada musim gugur dan musim dingin.

Hal ini diakibatkan oleh udara yang sangat kering pada musim tersebut.Saran saya adalah lakukanlah perawatan diri lebih baik pada musim tersebut, sehingga anda tidak mudah berketombe.

Kemudian, pada pengobatan Traditional Chinese Medicine (TCM) atau pada pengobatan China, kelembaban kulit tergantung pada nutrisi di dalam darah anda. Ada 2 organ yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit anda, jadi pada TCM, organ paru-paru dan organ usus besar sangat berhubungan dengan kesehatan pada kulit.

Ketika darah kekurangan nutrisi, maka kulit kepala akan mengalami kekeringan, sehingga menyebabkan ketombe. Disini lulusandiploma.com akan membagikan solusi terbaik untuk masalah ketombe.

1. Menyelesaikan penyebab mendasar.
Penyebab mendasar disini adalah menutrisi darah, dalam hal ini maksudnya adalah dengan mengatur pola makan anda dan melembabkan kulit.

2. Panas yang berlebih juga dapat menyebabkan ketombe
Panas yang saya maksud disini adalah panas yang dihasilkan oleh makanan-makanan anda yang membuat tubuh anda lebih panas. Contohnya makanan yang mengandung tinggi minyak,kemudian makanan-makanan gorengan dan tidak diimbangi dengan makanan-makanan yang tinggi serat atau air yang cukup.

3. Kurangi mengkonsumsi kopi, alkohol dan gula
Terlalu banyak kopi, terlalu banyak konsumsi alkohol dan gula juga dapat meningkatkan pH tubuh anda menjadi asam. Dengan berubahnya pH tubuh menjadi asam, pH ini sebenarnya ikut berperan penting dalam memperparah kondisi ketombe anda. Selain itu, pH tubuh yang asam akan memudahkan berkembang biaknya sel kanker di dalam tubuh anda.

4. Diet
Diet ini dapat membantu untuk mengurangi ketombe yang berfokus pada makanan yang dapat menutrisi dan melembabkan kulit anda. Makanan-makanan yang dapat anda konsumsi adalah sayuran hijau, kemudian buah segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Saran saya adalah pilihlah makanan yang organik (real food) tanpa tambahan pengawet, pewarna, pemanis buatan, dan sebagainya. Lalu untuk menambah protein, anda bisa mengkonsumsi daging. Pilihlah daging yang organik dan bebas lemak, karena lemak juga berperan dalam proses memperparah ketombe anda.

5. Minumlah air putih yang cukup 
Minum air putih yang cukup adalah tips ampuh yang dapat menghilangkan ketombe pada rambut anda dan usahakan hindari makanan-makanan buatan, makanan berperisa, makanan berpengawet, pewarna, soda, dan makanan pedas.
Apalagi sekarang sedang trend makanan pedas dari level sekian sampai level sekian. Sebenarnya itu tidak baik untuk anda.Bagi anda penyuka makanan pedas, makanlah secukupnya. Jangan sampai berlebihan. Kemudian makanan-makanan yang berminyak juga berperan dalam proses memperparah ketombe anda

6. Melakukan pijatan ringan 
Melakukan pijatan ringan pada kepala anda dengan menggunakan getah dari aloe vera Aloe vera yang saya maksud disini adalah tanaman lidah buaya. Jika anda belum mengetahuinya, anda bisa lihat gambarnya disini. Mungkin beberapa orang akan bertanya "Kok ribet amat sih?" Ada gak bahannya yang sudah jadi?
Anda juga bisa menggunakan aloe vera gel.

Jadi, beberapa perusahaan sudah membuat aloe vera dalam bentuk gel yang praktis, tinggal anda gunakan kemudian, anda dapat mengaplikasikan kurang lebih selama 15 menit dengan pemijatan ringan Ingat, potong kuku anda yang panjang, terutama pada wanita agar kulit kepala anda tidak terinfeksi karena tergaruk atau tercakar oleh kuku anda.

Setelah melakukan pemijatan ringan, bilas dan  keramas dengan shampoo, lalu keringkan.Ini sangat penting, harus dikeringkan. Karena jika tidak, akan menganggu kondisi di kulit kepala anda.

7. Mengkonsumsi suplemen
Disini ada beberapa suplemen yang saya sarankan kepada anda dan dapat anda konsumsi sehari-hari. Suplemen yang pertama adalah Omega-3. Omega-3 mengandung DHA dan EPA, dan ini sangat bagus untuk anda, untuk lebih lengkapnya silahkan baca mengenai manfaat dari omega-3. Kemudian, suplemen berikutnya adalah evening primrose oil. Ini juga sangat baik untuk kesehatan kulit anda.Kemudian vitamin A, vitamin B-kompleks dan vitamin E. Ini semua juga dapat memelihara kesehatan kulit dan rambut anda.

8. Essential oilBeberapa essential oil yang dipercaya dapat mengatasi ketombe atau dandruff diantaranya adalah lavender, tea tree,kemudian rosemary, clary sage, dan ylang-ylang. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 tetes jojoba oil, kemudian 4 tetes lavender, 3 tetes rosemary, 2 tetes tea tree, dan 1 tetes ylang-ylang, kemudian anda campurkan semuanya, dan lakukan pemijatan ringan pada kepala anda.

Kemudian biarkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dan keramas  dengan shampoo.Selain itu, anda dapat mengulangi kegiatan ini selama 2 hari sekali.Dan lakukan ini selama kurang lebih 2-3 minggu.

Sekian artikel mengenai Cara Menghilangkan Ketombe Yang Parah Pada Rambut Anda. Semoga solusi yang saya berikan ini dapat membantu anda mengatasi ketombe.
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Ketombe Yang Parah"