IBX5B54BCC389CD2 Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur - Lulusandiploma.com

Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur

mengatasi-mendengkur

Hai sahabat sehat! Pada artikel kali ini lulusandiploma akan membahas solusi yang dapat anda lakukan di rumah jika anda mengalami masalah sering mendengkur atau ngorok saat tidur.

Apa sobat sehat sering mengalami hal ini? mendengkur atau mengorok apabila terjadi pada diri kita tentunya hal tersebut sangat membebani perasaan dari diri sendiri bahkan orang lain, kenapa tidak? karena apabila ada diantara kita yang mengorok atau mendengkur pastinya orang lain merasakan terganggu atau risih, mari kita simak solusi untuk menghilangkan ngorok atau mendengkur saat tidur.

1. Diet/pola makan.
Jadi, diet disini bukan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, diet yang dimaksud disini adalah pola makan bagi mereka yang punya masalah dengan ngorok / mendengkur, pola makan yang saya anjurkan adalah pola makan yang tinggi serat dan mengandung karbohidrat kompleks.

2. Konsumsi buah-buahan.
Jadi makanan yang dapat anda makan adalah buah-buahan seperti buah bit, kol, wortel, ubi jalar, kemudian buah-buahan seperti pepaya, nanas, strawberry, jeruk nipis juga boleh. Buah-buahan ini sangat membantu anda, bagi anda yang mengalami masalah ngorok/mendengkur.

3. Menambahkan bumbu dapur yang anda gunakan sehari-hari di dapur.
Contohnya seperti jahe, bawang bombay, bawang putih, dan kemangi. Karena makanan-makanan ini dapat melawan peradangan pada tubuh anda, dan juga ada satu lagi yaitu teh chrysanthemum yang berasal dari bunga chrysanthemum teh ini juga sangat  bagus untuk anda untuk menghilangkan ngorok saat tidur.

4. Perhatikan makanan yang perlu anda hindari.
Makanan yang perlu anda hindari adalah makanan-makanan yang mengandung pengawet dan pewarna, dalam artian makanan ini sebetulnya bukan real food lagi dan makanan ini telah diproses dan diolah dengan tambahan bahan kimia untuk mengawetkan. Bahan pewarna juga tidak baik untuk tubuh anda.

5. Kurangi mengkonsumsi susu.
Makanan-makanan lain yang mengandung susu atau produk turunan susu juga tidak baik bagi anda yang sering ngorok/ mendengkur, karena susu atau produk turunan susu dapat meningkatkan produksi lendir/dahak atau demness.

6. Atur makanan anda agar tidak mengandung terlalu banyak minyak.
Makanan yang tidak baik juga untuk anda adalah makanan yang terlalu banyak minyak, makanan yang digoreng, atau makanan yang terlalu banyak santan juga tidak baik untuk anda.

7. Jauhi makanan yang berkadar gula tinggi.
Kemudian juga gula yang dirafinasi, anda perlu menghindari makanan-makanan tinggi gula atau bagi anda yang suka berbelanja di luar seperti minuman kaleng/minuman kemasan, minuman soda yang tinggi kadar gulanya. Sebaiknya anda mulai menguranginya karena dengan demikian dapat membantu tidur anda lebih baik.

8. Mengatur Pola Hidup Sehat.
Solusi yang selanjutnya adalah kegiatan yang dapat anda lakukan di rumah, jadi mulai dari bangun pagi, anda dapat berolahraga kecil, misalnya bagi anda yang rutin berolahraga, kegiatan tersebut sebenarnya dapat membuat kualitas tidur mereka lebih baik.

9. Bersihkan lubang hidung anda sebelum tidur.
Anda bisa mengatur jadwal atau pola tidur anda lebih baik, dengan jadwal yang baik, maka tubuh akan terbiasa dengan hal itu.

10. Tidur dengan posisi sehat.
Tidurlah dengan posisi menyamping (miring), bagi anda yang sering ngorok, tidur dengan posisi terlentang akan meningkatkan frekuensi mendengkur. Jadi, usahakan posisi menyamping, anda bisa memeluk guling atau mengatur posisi anda dengan baik.

11. Atur posisi bantal.
Jangan menggunakan bantal terlalu tinggi, karena akan menghambat aliran pernapasan anda dan anda bisa meminum teh krisan atau green tea. Jadi, kedua teh ini dapat menekan produksi lendir secara alami.

12. Mengkonsumsi suplemen.
Jadi, suplemen yang dapat anda konsumsi di rumah diantaranya adalah kromium, bagi anda yang punya masalah dengan ngorok/ mendengkur, kromium dapat membantu masalah mendengkur dan menurunkan kadar gula di dalam tubuh dimana kadar gula yang tinggi juga termasuk salah satu bentuk demness dalam pengobatan TCM (Traditional Chinese Medicine).

13. Mengkonsumsi Omega-3.
Omega-3 dapat meredakan peradangan & pembengkakan selaput di saluran pernapasan anda, dengan peradangan mereda, otomatis pembengkakan akan menurun, jadi sumbatan jalan napas pun akan menurun.

14. Mengkonsumsi juga bromelain.
Bromelain adalah enzim yang terdapat pada buah nanas yang dapat membantu meredakan peradangan juga.

15. Mengkonsumsi kuersetin. 
Yaitu antioksidan yang terdapat pada buah-buahan seperti apel dan bermacam-macam buah berry, seperti strawberry, blueberry dan sebagainya.

16. Jangan tinggalkan vitamin C.
Vitamin C dapat mensupport sistem pernapasan anda dan mensupport sistem kardiovaskular, Apa itu kardiovaskular? Kardiovaskular merupakan sistem kerja jantung dan pembuluh darah.Jadi, vitamin C sangat bermanfaat.

17. Lakukan terapi herbal.
Terapi herbal yang saya anjurkan disini adalah teh peppermint dan sedikit jahe, jadi sebelum anda tidur di malam hari anda bisa membuat sendiri di rumah. Anda bisa membuat sendiri teh dicampur peppermint, Peppermint ada banyak di swalayan. Dan anda boleh mencampurkannya dengan jahe juga teh, teh ini akan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan anda.

18. Berolahraga yang teratur.
Olahraga yang dapat anda lakukan yaitu jalan cepat, seperti yang saya sebutkan tadi kemudian, anda boleh melakukan Tai Chi atau Chi Kung.Jadi bagi mereka yang biasa melakukan olahraga ini, pasti kualitas tidur mereka akan lebih baik.

Perhatikan hal-hal yang perlu anda hindari.

1. Kurangi ngemil di malam hari.
Bagi anda yang suka ngemil, tolong dihentikan

2. Kurangi alkohol dan rokok.
Bagi anda yang suka minum, bagi anda yang sering stress dan akhirnya lari ke minum, coba hentikan kebiasaan itu lebih baik anda fokus pada penyelesaian masalah daripada anda lari ke minuman alkohol atau mabuk-mabukan dan sebagainya.

3. Hindari juga obat-obatan.
Obat-obatan seperti muscle relaxant, yaitu obat yang menyebabkan relaksasi pada otot anda. Penggunaan obat-obatan seperti ini biasanya yang paling banyak di pasaran adalah diazepam, obat-obat penenang ini sebaiknya anda konsumsi di bawah pengawasan dokter karena jika anda mengkonsumsi ini sembarangan maka akan berdampak tidak baik pada tubuh anda.

4. Essential oil.
Anda dapat mencampurkan minyak kelapa dengan berbagai essential oil seperti eucalyptus, eucalyptus adalah minyak kayu putih, kemudian thyme, ginger atau jahe. Dan anda dapat mengaplikasikan atau menggosok di leher dan di dada bagian atas untuk membantu saluran pernapasan anda bekerja lebih baik karena dengan melakukan ini, anda dapat meningkatkan kualitas tidur anda lebih baik dan mengurangi frekuensi mendengkur anda di malam hari, dan essential oil lainnya yang dapat juga anda pakai adalah lavender dan chamomile.

Ini semua adalah 22 solusi yang dapat anda lakukan di rumah untuk menghilangkan ngorok / mendengkur saat tidur .Lakukanlah 22 solusi ini yang menurut anda dapat anda lakukan dengan baik, jika anda bisa lakukanlah dengan konsisten.

0 Response to "Cara Menghilangkan Ngorok Saat Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel