IBX5B54BCC389CD2 Penyebab dan Cara Mengobati Kerontokan Rambut - Lulusandiploma.com

Penyebab dan Cara Mengobati Kerontokan Rambut

cara-mengatasi-rambut-rontok

Pada artikel kali ini saya akan membahas topik tentang kebotakan atau rambut rontok. Jika anda mengalami hal demikian, baca ini sampai selesai, tetapi bagi anda yang sengaja membotakkan kepala anda, anda tidak perlu membaca artikel ini.

Rata-rata pada kepala kita itu memiliki lebih dari 10 ribu kantung dimana setiap kantung rambut mampu memproduksi sekitar 20 helai rambut. Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh sistem hormon androgen dimana testosterone dan dihydrotestosterone atau biasa kita singkat dengan DHT itu termasuk di dalamnya.

Biasanya seseorang akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya. Jadi, itu adalah hal yang wajar jika anda kehilangan 100 helai rambut setiap harinya. Namun, rambut anda akan tumbuh kembali dalam waktu beberapa hari, yang jadi masalah adalah jika kehilangan rambut, tetapi tidak tumbuh kembali.

Mari kita bahas masalah ini,  jadi kasus rambut rontok atau kasus kebotakan memang banyak terjadi pada kaum pria dibandingkan kaum wanita namun bukan berarti hanya sedikit kaum wanita yang mengalami kebotakan, banyak juga wanita yang mengalami kasus seperti ini terutama bagi mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun mereka yang sudah memasuki masa menopause. lulusandiploma akan menjelaskan 5 penyebab yang menyebabkan rambut rontok,:

1. Karena perubahan hormon.
Yang dimaksud disini adalah hormon dihydrotestosterone, jadi dengan meningkatnya hormon ini maka akan menyebabkan rambut semakin tipis. Dimana rambut akan mudah rontok karena folikel rambut sensitif terhadap peningkatan hormon, sehingga rambut mudah patah dan sulit untuk tumbuh.

2. Seiring berjalannya waktu, garis rambut akan berbentuk seperti huruf M di bagian depan.
Mungkin anda sering melihat orang-orang, terutama pria yang pada bagian depan dahi mereka rambutnya berbentuk seperti huruf M dan ini sudah menjadi ciri khas. Terdapat 2 cekungan pada pelipis mereka kemudian, pada puncak kepala juga mengalami kerontokan.

Jadi, banyak yang mengalami kerontokan pada bagian tengah pada puncak kepala, lama kelamaan kerontokan ini akan semakin luas dan akhirnya botak. Rontok pada wanita sedikit berbeda dengan kerontokan pada pria jika pada pria terkumpul di satu daerah, sedangkan pada wanita, kerontokannya tersebar rata dan tidak akan terlihat pada daerah tertentu mengalami kebotakan, rontoknya tersebar rata.

3. Kekurangan zat gizi. 
Mereka yang kekurangan zat gizi tertentu contohnya disini adalah pada anak-anak yang kekurangan zat gizi protein mereka memiliki rambut pirang seperti warna rambut jagung. Jika rambutnya mudah rontok dan mudah dicabut, berarti anak-anak tersebut mengalami kekurangan zat gizi protein. Jika gizi mereka diperbaiki dan protein mereka cukup, maka rambut mereka akan kembali normal.

Hal ini juga terjadi pada orang dewasa, yaitu pada mereka yang melakukan diet terlalu ketat bahkan ada yang tidak makan sampai beberapa hari demi menurunkan berat badan mereka. Dengan kata lain bisa saya katakan, diet semacam ini adalah diet yang keliru, diet juga harus memperhatikan zat gizi Jika tidak, banyak di luar sana mereka yang melakukan diet selama 2,3 sampai 4 bulan akhirnya mereka mengalami kebotakan dan rambut rontok dimana-mana.

4. Karena pengobatan kemoterapi.
Jadi, mereka yang menderita cancer dan harus menjalani kemoterapi dan menjalani radioterapi akan mengalami kebotakan secara keseluruhan biasanya mereka akan mengalami kebotakan pada seluruh rambut di kepala. Hal ini disebut juga dengan Anagen Effluvium atau kebotakan secara menyeluruh, rambut yang mulai tumbuh pun akan rontok karena terkena efek samping dari radioterapi atau kemoterapi

5. Karena zat-zat kimia. 
Mungkin bagi mereka yang suka mengecat rambut sembarangan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar rambut atau orang yang mengerti tentang cat rambut. Mereka menggunakan bahan cat rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya sehingga rambut mereka mudah rusak, mudah patah, dan kulit kepala terasa panas.

Untuk hal-hal demikian, anda harus berkonsultasi pada orang yang mengerti tentang cat rambut tersebut, kemudian bagi mereka yang suka meluruskan rambut dan bagi mereka yang rambutnya keriting atau sedikit bergelombang, mereka ingin meluruskan rambutnya. Hal ini juga dapat merusak rambut anda jika anda melakukannya terlalu sering.

6. Karena stress atau tertekan.
Jenis kebotakan seperti ini disebut Alopecia Areata, kebotakan ini disebabkan oleh stress berlebihan dan akhirnya menimbulkan autoimun yang menyerang dirinya sendiri. Jadi, tubuh akan menghasilkan Limfosit T yang menyerang folikel atau akar rambut pada kepala anda dan bagian tubuh anda yang lain.

Penyakit ini sebenarnya harus ditangani dengan baik dan penanganan yang terbaik adalah mengurangi tingkat stress anda percuma jika anda diberikan obat semahal apapun dan sebagus apapun jika anda masih mengalami stress yang berkepanjangan.

Kemudian, saya juga ingin berpesan kepada orang tua tentang kasus ini, bagi anak-anak, terutama yang masih sekolah/yang masih mengikuti pelajaran di sekolahnya. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya mendapatkan nilai bagus semua.

Mendapatkan nilai A semua atau nilai 9 semua jika demikian, anak akan dipaksa terus untuk belajar hal-hal yang tidak mereka sukai. Banyak anak-anak yang mengalami kebotakan Jika saat belajar mereka mencabut rambut mereka, sebenarnya mereka sedang mengalami stress Pesan saya untuk orang tua adalah :

1. Boleh mendidik atau mengajar anak anda untuk belajar dengan rajin. Tetapi jangan terlalu berlebihan
Karena jika terlalu berlebihan. Anak akan semakin tertekan, mungkin di rapor nilainya bagus, tetapi itu semua karena dia terpaksa belajar, Bukan karena keinginan mereka Hal ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Salah satunya adalah kebotakan atau disebut Alopecia Areata

2. Jangan jadi orang yang berolahraga dengan terpaksa terutama olahraga berat
Justru dapat membuat rambut mereka rontok, banyak dari mereka yang fitness maniac akhirnya menggunakan obat-obatan tertentu, olahraga terlalu berat dan tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup, akhirnya mengalami kebotakan. Hal ini juga harus mendapatkan perhatian.

3. Gaya hidup yang tidak sehat
Termasuk melakukan kehidupan seksual yang berlebihan karena hal ini juga dapat menguras esensi vital dari ginjal. Ingat, ginjal bukan terdiri dari organ ginjal saja, tetapi satu kesatuan dengan organ reproduksi anda. Pada wanita kekurangan darah yang kekurangan esensi vital selama masa kehamilan dan menyusui juga dapat mengalami rambut rontok. Itulah sebabnya ibu-ibu setelah memiliki anak banyak akan mengalami rambut rontok. Ini banyak terjadi di Indonesia. Mereka mengeluh, mengapa kalau habis melahirkan banyak rambut yang rontok, saat bangun tidur banyak rambut yang rontok di bantal.

Jadi itu tadi adalah 9 penyebab dan cara mengobati rambut rontok. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat menambah wawasan anda.dan Semoga artikel yang saya berikan dapat bermanfaat untuk anda, dapat menambah wawasan anda di bidang kesehatan dan gaya hidup

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Kerontokan Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel