IBX5B54BCC389CD2 Tips Ampuh Cara Menghafal Dengan Cepat - Lulusandiploma.com

Tips Ampuh Cara Menghafal Dengan Cepat

cara-menghafal-cepat

Cara menghafal cepat sebenarnya tidak sulit untuk anda lakukan apabila dengan cara yang benar dan tidak bertele-tele. Diluar sana banyak yang menghafal dengan beberapa cara, ada yang dengan metode berulang-ulang, dengan metode membaca dan dengan cara yang lainnya.

Jika anda seorang pelajar, pastinya disekolah pernah menjumpai seorang guru yang kerjaannya membuat jadwal ulangan secara tiba-tiba. Kita sebagai siswa tanpa persiapan yang matang dan tanpa bekal yang benar-benar kuat dalam belajar pastinya akan merasa terbebani dengan guru yang seperti ini. Maka dari itu anda sangat butuh motivasi bagaimana cara menghafal cepat bahkan mengingat segala materi yang kita pelajari.

Apabila anda adalah seorang yang susah untuk menghafal, malas untuk belajar dan daya ingat kita bisa dibilang cukup rendah atau pelupa, maka alangkah baiknya anda mengikuti tips dari kami tentang cara menghafal dengan cepat dan tidak gampang lupa. Berikut beberapa tips dan caranya:

1. Jauhi memakan makanan yang haram - Apakah anda tau mengapa kami menempatkan bagian ini di nomor satu? ya karena dalam jaran islam manusia diharuskan menjauhkan dirinya dari memakan-makanan yang haram agar anda mudah untuk menghafal segala sesuatunya.

2. Tulis terlebih dahulu apa yang ingin anda hafal - Sebelum anda mulai menghafal materi pelajaran atau menghafal al quran atau yang lainnya. Alangkah baiknya ditulis terlebih dahulu bahan yang ingin anda hafal. Hal ini untuk mempermudah proses menghafal cepat.

3. Baca berulang-ulang apa yang anda catat untuk dihafal - Setelah anda sudah menulis apa yang ingin anda hafal, langkah selanjutnya bacalah tulisan anda tersebut. Dan ulangi membaca sampai 10 kali. Hal ini bertujuan untuk mempertajam daya ingat anda dan susah untuk lupa dalam hafalan yang akan dihafal tersebut.

4. Catat apa yang anda sudah hafal - Bila anda benar-benar yakin bahwa sudah hafal dengan apa apa yang anda hafalkan, langkah berikutnya catat apa yang anda sudah hafal tersebut.  Lulusandiploma memberikan tips ini agar apa yang sudah anda hafal tidak terbuang begitu saja dan akan teringat lama didalam fikiran anda.

5. Manfaatkan rekaman untuk hasil hafalan anda - Jadi apabila anda ingin menghafal menghafal dengan cara cepat, mulai dari sekarang gunakan dan manfaatkan rekaman yang ada di handphone anda agar apa yang anda hafal tidak ada kata-kata yang salah.

Baca juga: Tips agar kuat berdiri lama saat bekerja

6. Setorkan hafalan yang sudah anda hafal kepada orang lain - Apabila anda tidak mau memanfaatkan rekaman hasil hafalan dan ingin mencari cara yang lebih cepat, setorkan saja hasil hafalan yang sudah anda hafal kepada teman anda atau siapapun. Hal ini bertujuan agar apa yang anda hafal tidak ada kata-kata yang keliru atau salah hafalan.

7. Buatlah sebuah cerita agar mudah diingat - Coba buat sebuah cerita agar mudah diingat saat menghafal, ini adalah teknik umum yang sering dilakukan orang-orang diluar sana agar apa yang ingin kita hafal benar-benar cepat untuk diingat.

8. Jangan lupa berdoa sebelum memulai menghafal - Sebelum memulai menghafal alangkah baiknya anda berdoa terlebih dahulu dan meminta bantuan pada Allah subhanahu wata a'la agar apa yang kita inginkan berjalan dan tercapai dengan baik.

9. Atur pola tidur yang baik - Pola tidur sangat berpengaruh pada daya ingat anda, apabila anda tidak memikirkan hal ini pastinya sangat susah untuk menghafal dengan cepat. Jadi mulai sekarang atur pola tidur anda dengan baik dan jangan biasakan diri dari yang namanya begadang.

10. Segarkanlah dirimu - Dalam menghafal dengan cara cepat kita juga memerlukan kesehatan dan stamina yang benar-benar baik. Karena apabila stamina dan kesehatan kita kurang baik, maka untuk menbaca saja kita ada rasa malas bagaimana dengan menghafal.

11. Kenali seperti apa diri anda - Sebelum anda menghafal dengan cara cepat, kenali dahulu sebenarnya siapa diri anda itu, bagaimana kemampuan otak anda untuk mengingat. Apabila anda adalah orang yang kurang cepat dalam mengingat, dari sekarang munculkan tekad dan komitment yang tinggi dalam menghafal.

12. Optimis dan berkonsentrasi penuh - Sesudah anda mengenali siapa diri anda sebenarnya, tips berikutnya yang harus anda lakukan adalah optimis dam berkomitment dalam menghafal, apabila ada kesusahaan jangan menyerah begitu saja dan dalam menghafal usahakan dengan berkonstrasi penuh agar apa yang anda hafal cepat masuk kedalam otak anda.

13. Pilihlah waktu menghafal yang tepat - Menurutmu jam berapa waktu yang paling efisien untuk menghafal? Lulusandiploma memberi tips waktu yang terbaik untuk menghafal yaitu waktu subuh. Karena subuh adalah waktu terbaik dikarenakan fikiran kita masih fresh, tidak ada fikiran kepada apapun saat bangun tidur dan juga pada saat itulah jarang ada gangguan suara yang tidak kita inginkan dari orang sekita.

14. Jangan terlalu terburu-buru karena ingin cepat hafal - Semua sudah mengetahuinya, hal yang dilakukan dengan terburu-buru adalah suatu tindakan yang tidak baik. Mulai dari sekarang perlahan dalam menghafal dan selalu optimis bahwa anda bisa menghafal dengan cepat.

Mungkin sekian informasi mengenai cara menghafal cepat yang dapat Lulusandiploma sampaikan, semoga artikel ini dapat menjadi pelajaran dan dipraktekan untuk menghafal bagi anda dirumah.

0 Response to "Tips Ampuh Cara Menghafal Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel