IBX5B54BCC389CD2 Tips Berpuasa Untuk Ibu Yang Sedang Hamil - Lulusandiploma.com

Tips Berpuasa Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Amankah berpuasa bagi ibu yang sedang hamil tua atau hamil muda? Berhubung saat ini kita memasuki bulan Ramadhan, alangkah baiknya kita membahas mengenai puasa.

Umat Muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa, dimana ini merupakan salah satu rukun Islam yang ketiga, jadi jatuhnya menjadi kewajiban untuk setiap muslim.

Adapun beberapa bahasan mengenai apakah ibu - ibu hamil di perbolehkan untuk berpuasa ? Apakah aman untuk ibu dan calon bayinya ?

Aktualnya, semua tergantung pada kondisi kesehatan ibu dan calon bayi. Hanya saja, pada saat hamil, sang ibu sebaiknya selalu memenuhi makanan yang bernutrisi tinggi.

Perlu di catat bahwa ibu hamil harus memiliki energi dan nutrisi yang cukup untuk berpuasa, maka kemungkinan besar tidak akan berdampak besar pada kesehatan si ibu dan calon bayi.

Baca 4 Tips Mengatasi Mata Perih Terkena Sabun

Adapun penelitian di Timur Tengah menunjukkan seorang ibu yang hamil pada trisemester pertama, memiliki resiko melahirkan bayi dengan berat tubuh yang lebih rendah. Ini di sebabkan pada trisemester pertama, calon bayi sangat membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi.

Tentu saja akan lebih baik jika sang ibu mengkonsultasikan tentang kemampuan puasanya dengan dokter.


Nah, berikut ada beberapa tips untuk ibu - ibu hamil agar tubuh tetap segar pada saat menjalankan ibadah puasa :

1. Tidak Melakukan Aktivitas Berat

Jika kamu ibu hamil yang bekerja di kantor, kamu bisa meminta jam istirahat tambahan atau meminta pulang lebih cepat, menghindari tubuh kamu kelelahan.

Kemudian hindari mengangkat benda berukuran besar dan benda berat, hindari berjalan dengan jarak terlalu jauh, dan hindari juga aktivitas rumah tangga yang terlalu membebani kamu dan calon bayimu.

2. Istirahat Cukup

Sangat penting untuk ibu hamil untuk beristirahat yang cukup. Apalagi buat kamu yang sedang berpuasa. Perbanyaklah bersantai dan carilah tempat yang sejuk untuk kamu.

3. Hindari Stress

Ibu hamil memang rentan untuk stress. Hal ini di sebabkan oleh hormon penyebab stress yang memang lebih tinggi di miliki oleh ibu hamil yang berpuasa apabila di bandingkan dengan ibu hamil yang tidak berpuasa. Untuk itu, tetaplah berpikiran tenang dan santai ya.

4. Hindari Dehidrasi

Air memang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Untuk kamu ibu hamil yang berpuasa, usahakan untuk mengkonsumsi air 1.5 - 2 Liter di antara waktu berbuka sampai dengan waktu sahur. Agar di siang harinya kamu tidak terlalu lemas.

5. Jaga Makanan Yang Akan Di konsumsi

Kamu di sarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, berserat, bermineral, berprotein dan bervitamin. Pilihlah makanan dengan nutrisi tinggi yang paling baik untuk calon buah hatimu.

Konsumsi makanan bernutrisi tersebut pada saat berbuka dan sahur. Hindari pula makanan dan minuman yang manis, karena bisa menaikkan kadar gula darah kamu.

Baca Benarkah Kipas Angin Menyebabkan Paru - paru Basah ?

Itu saja sedikit tips dari kami untuk para ibu hamil agar tetap segar bugar saat berpuasa. Semoga puasa kali ini lancar dan berkah.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel