IBX5B54BCC389CD2 4 Tips Mengatasi Mata Perih Terkena Sabun - Lulusandiploma.com

4 Tips Mengatasi Mata Perih Terkena Sabun


Assalamu'alaykum...

Teman - teman lulusandiploma mungkin pernah mengalami kejadian mata terkena cairan sabun. Sensasi rasa terbakar yang ada pada mata membuat kita kesulitan untuk melihat dengan baik. Hal ini bisa saja terjadi pada saat sedang mandi dan tiba - tiba tidak sengaja cairan sabun memercik mengenai mata kita. Spontan saja kita langsung mengucek mata dan membilas dengan air guna mengurangi rasa perih yang di timbulkan.

Baca 4 Kelakukan Memalukan Saat Naik Pesawat

Sabun termasuk ke dalam bahan kimia yang memiliki resiko iritasi bahkan keracunan apabila masuk ke dalam tubuh. Terkhusus mata, apa yang menyebabkan sabun terasa perih di mata ? Hal ini di karenakan pH mata kita tidak sama dengan pH sabun, itulah penyebabnya mengapa mata kita terasa berair dan memerah ketika terkena cairan sabun, reflek tubuh kita mengembalikan pH mata yang normal.

Baca Fakta Penyakit Jantung Koroner Yang Harus Kamu Tahu

Berikut beberapa tips untuk teman - teman lulusandiploma untuk mengatasi mata perih akibat terkena sabun, sebagai  berikut :

1. Tidak Mengucek

Sebaiknya teman - teman tidak langsung mengucek mata yang telah terkena percikan sabun, karena sabun itu sendiri mengandung bahan kimia yang daapt memperparah perih yang di rasakan pada mata. Apabila teman - teman memiliki anak atau adik perempuan, jangan membuatnya panik dan langsung menyuruhnya mengucek matanya. Cukup tahan mata dengan menutupnya menggunakan tangan atau kain basah.

Baca Kenali Ciri Cacar Monyet dan Cara Pencegahannya

2. Membilas Mata dengan Air Bersih

Selain tidak mengucek mata, teman - teman di sarankan untuk segera membilas mata yang telah terkena percikan sabun dengan air bersih yang mengalir selama lebih kurang 30 menit. Perlu di ketahui, sebaiknya teman - teman menggunakan air bersih yang dingin. Atau jika tidak ada air mengalir, teman - teman lulusandiploma bisa menggunakan air bersih yang di letakkan di dalam wadah, dan mengedip - ngedipkan mata di atas airnya beberapa kali. Setelah itu gunakan kain basah untuk mengurasi rasa terbakar di atas dan di bawah kelopak mata.

Baca Tips Berpuasa Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

3. Menggunakan Tetes Mata Buatan

Apabila rasa perih masih di rasakan juga, teman - teman bisa menggunakan tetes mata buatan. Tujunnya untuk membersihkan mata dari sisa - sisa cairan sabun yang kemungkinan masih menempel pada mata. Di sarankan untuk menggunakannya dalam jangka waktu pendek.

Baca Kenali 7 Tanda Bahwa Pasangan Kamu Adalah Gay

4. Konsultasi ke Dokter

Jika belum ada perubahan dan mata masih terasa terbakar dan mengganjal dalam waktu yang di rasa cukup lama, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. karena mungkin memang di tubuhkan pemeriksaan lebih lanjut guna mengurangi tingkat keparahan yang mungkin di timbulkan.

Di sarankan teman  - teman untuk tidak menyepelekan hal - hal yang berkaitan dengan panca indera, karena mata merupakan salah satu alat vital yang akan membuat kita kesulitan apabila terdapat gangguan. Fatal jika tidak segera di tangani, karena bisa menyebabkan kebutaan.

Baiklah, itu saja beberapa tips untuk mengatasi perih pada mata saat terkena cairan percikan sabun.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel