IBX5B54BCC389CD2 Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Selamat - Lulusandiploma.com

Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Selamat

Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Selamat - Momen lebaran adalah momen yang paling di tunggu - tunggu setelah berpuasa sebulan penuh. Hari raya Idul Fitri merupakan hari raya untuk umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Akan terasa sangat indah apabila di hari yang membahagiakan itu, kita sedang berkumpul dengan keluarga kita di rumah, di kampung halaman kita. Hampir semua orang ingin merasakan hal yang sama saat momen hari raya itu tiba.

Tetapi ada pula yang tak bisa berkumpul dengan sanak keluarga di karenakan tuntutan pekerjaan, di karenakan ekonomi yang tidak memungkinkan untuk pulang, di karenakan sedang sakit, dan masih banyak lagi.

Baca juga 3 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengobati Rindu Kampung Halaman Saat Lebaran

Untuk kamu yang akan pulang ke rumah dan ke kampung halaman karena rindumu begitu menggebu - gebu dengan orang tua dengan keluarga dengan anak istri, kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah ini. Tips apa sih ? Simak dengan seksama sebagai berikut :

Mudik orang proyek

1. Kunci Semua Pintu dan Jendela

Ketika kamu akan bepergian jauh, maka hal - hal yang membuat kamu khawatir adalah kelupaan mengunci pintu dan jendela. Nah, kalo kamu memang tipe yang pelupa, kamu bisa membuat alarm pengingat di hari kamu akan berangkat mudik.

Kamu harus benar -  benar memastikan bahwa semua pintu rumah dan jendela dalam keadaan aman dan terkunci. Usahakan juga agar lemari atau rak yang berisi barang - barang berharga di kunci ya.

2. Cabutlah Listrik dan Gas Untuk Meminimalisir Resiko Kebakaran

Sebelum berangkat mudik, kamu pastikan juga bahwa tabung gas elpiji kamu dalam keadaan terlepas dari kompornya. Pastikan pula semua kontak listrik dalam keadaan kosong (tidak ada benda apapun yang terpasang).

Karena cukup banyak berita rumah yang di tinggal mudik pemiliknya tiba - tiba terbakar habis. Akar permasalahannya bisa berupa konsleting listrik dan ledakan tabung gas elpiji. So, kamu harus hati - hati ya. Maunya untung malah buntung nantinya.

3. Matikan Keran Air

Ini sepertinya sepele, namun banyak pula yang melalaikan mematikan keran air. Kalo di biarkan sampai kamu pulang mudik, bisa - bisa rumah kamu kena banjir lokal. Dan tagihan airmu membengkak.

4. Hindari Hal - Hal yang Menunjukkan Rumah Kamu Kosong

Untuk menghindari perhatian pelaku kejahatan, kamu bisa menyalakan lampu di halaman rumah kamu dan lampu di ruang tengah. Jadi apabila ada pencuri, tetangga kamu juga bisa melihatnya dari luar rumah. Jangan lupa untuk menitipkan rumah kamu pada orang yang kamu percaya. Atau kamu bisa titipkan juga kunci rumahmu jika sewaktu - waktu terjadi hal - hal yang tidak di inginkan.

5. Bersihkan Rumah dan Tutup Lubang Pembuangan Sebelum Mudik

Ini di lakukan untuk menghindari datangnya hewan - hewan berupa serangga dan ular. Karena mereka menyukai tempat yang kotor, lembab dan gelap.

6. Tidak Pamer Mudik di Medsos

Yang satu ini menjadi kebiasaan para pelaku narsis media sosial. Mudik cekrek, isi BBM cekrek. Kamu harus hindari hal ini ya. Di khawatirkan ada pelaku kejahatan yang berniat mencuri isi rumah kamu saat kamu tidak ada di rumah. Kamu jangan membantu kejahatannya dengan memberi kode bahwa rumah kamu siap di ciduk.

Baca juga 10 Daftar Barang yang Sering Tertinggal Saat Mudik

7. Memasang CCTV

Kalo kamu memiliki biaya yang lebih, kamu sangat di anjurkan untuk memasang CCTV terutama di area - area yang memungkinkan penjahat untuk masuk, seperti pintu belakang rumah, ruangan tv dan ruang kamar pribadi kamu.

8. Periksa Seluruh Bagian Kendaraan

Terakhir, apabila kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus mengecek seluruh bagian kendaraan yang akan kamu bawa mudik. Jangan melalaikan seperti ban yang kurang angin, atau kaca spion yang sedikit retak, atau masa penggantian oli berkala.

Nah, itu dia sedikit tips dari lulusandiploma supaya mudik kamu kali ini berjalan aman dan selamat. Taati selalu rambu lalu lintas yang ada. Gunakan alat pelindung diri yang lengkap. Dan jangan lupa berdoa. Terimakasih telah membawa artikel ini. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaykum.

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel