IBX5B54BCC389CD2 Jangan Sampai Tertipu ! Ini Fakta dan Mitos Tentang Madu yang Sebenarnya - Lulusandiploma.com

Jangan Sampai Tertipu ! Ini Fakta dan Mitos Tentang Madu yang Sebenarnya


Assalamu'alaykum...

Teman - teman lulusandiploma pasti sudah pernah bahkan mungkin sering mengkonsumsi madu, bukan ? Atau bahkan menggunakan madu bukan untuk di minum tetapi untuk perawatan kulit wajah? Ya, madu adalah salah satu minuman yang mempunyai segudang manfaat. Bahkan madu sudah di gunakan sejak zaman jahiliyah dahulu. Lalu apakah kamu sering membeli madu atau memproduksi madu itu sendiri ? Teman - teman lulusandiploma pasti memiliki rasa bingung ketika ingin membeli madu, karena ada kekhawatiran bahwa madu yang di beli palsu. Kemudian mungkin kamu pernah mendengar perkataan orang lain bahwa cara mengetahui apakah madu itu asli atau tidak adalah dengan melihat apakah madu itu di serbu semut atau tidak. Lalu apakah pernyataan itu hanya mitos atau memang fakta ? Simak penjelasannya sebagai berikut ini.



Baca juga Ternyata Ini 6 Penyebab Kamu Terus Merasakan Haus Sepanjang Hari

Madu adalah cairan manis yang di hasilkan oleh lebah madu. Lebah madu biasanya di ternak oleh peternah lebah dalam satu kawasan tertentu. Madu yang di hasilkan kuantitas dan kualitasnya akan semakin baik jika para peternak madu memberikan fasilitas yang baik bagi para "pekerja"nya.

Baca juga 5 Tips Menghindari Penyakit Flu Saat Musim Hujan

Madu mempunyai manfaat yang begitu banyak terutama bagi kesehatan tubuh manusia. Rasanya yang manis, sering kali di jadikan sebagai pengganti gula. Ada beberapa manfaat madu bagi kesehatan tubuh manusia, sebagai berikut :
1. Bisa menjadi sumber energi, karena terdapat sejumlah 64 kalori untuk setiap sendok makan. Madu juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.
2. Adanya kandungan nutrasetikal sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.
3. Bisa di gunakan sebagai anti septik alami tanpa efek samping.
4. Mengandung antioksidan dan flavonoid yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan juga kanker.
5. Madu dapat mengurangi gangguan kesehatan berupa batuk dan sakit tenggorokan.
6. Mempunyai sifat anti bakteri.
7. Dengan mencampurkan madu dan sulfadiazin perak, bahan ini bisa di gunakan untuk menyembuhkan luka bakar.

Baca juga 4 Tips Mengatasi Mata Perih Terkena Sabun

Selain untuk kesehatan, madu juga sering kali di jadikan masker wajah oleh kalangan wanita. Madu memang sangat baik untuk membuat kulit lebih halus dan lembut.

Baca juga Benarkah Kipas Angin Menyebabkan Paru - paru Basah ?

Madu ternyata sangat baik khasiatnya jika di konsumsi oleh ibu - ibu hamil. Manfaatnya yakni sebagai berikut :
1. Sebagai suplemen tambahan untuk energi sang ibu.
2. Membantu mengurangi rasa mual.
3. Penambah nafsu makan.
4. Mengandung zat galian di dalamnya untuk membantu menguatkan janin.
5. Madu mengandung vitamin C yang bagus untuk kulit sang ibu dan janin.
6. Mencegah janin terjangkit penyakit hepatitis B.

Akan tetapi, madu juga memiliki efek samping yang tidak baik bagi ibu hamil jika mengonsumsinya berlebihan. Apa sajakah itu ?
1. Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.
2. Membuat sistem pencernaan mengalami gangguan.
3. Dapat menyebabkan pengeroposan gigi.
4. Menambah berat badan.

Ternyata konsumsi madu yang aman untuk ibu hamil adalah sebanyak tiga hingga lima sendok makan dalam satu harinya.

Baca juga Ini 5 Benda Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Membersihkan Kendaraan di Rumah

Begitu banyaknya manfaat madu yang belum tertuliskan di artikel ini. Bukan hanya manfaat, madu juga memiliki fakta dan mitos yang harus segera di ungkap. Apa sajakah fakta dan mitos tentang madu yang sebenarnya ? Apakah pernyataan yang selama ini kamu dengar itu benar ? Atau salah ? Mari simak penjelasannya di bawah ini :

1. Madu yang Mengkristal Artinya Kualitasnya Jelek

 Pernyataan tersebut adalah mitos. Ketika madu sudah nampak mengeras dan mengkristal, bukan berarti madu tersebut kadaluarsa dan tidak bisa di konsumsi lagi. Meski pun madu sudah berubah bentuk, namun kualitas dan kandungan yang ada di dalamnya tetap sama seperti sebelumnya. Hal ini sama seperti air.

2. Madu Bisa Basi

Pernyataan tersebut adalah mitos. Sejatinya madu tidak akan basi, jika memenuhi persyaratan dan kriteria sesuai prosedurnya. Madu tidak akan basi apabila di simpan dalam wadah tertutup dan bersegel serta di letakkan pada temperatur ruangan yang standar. Tentu akan lebih baik jika di simpan di dalam chiller.

3. Menentukan Kualitas Madu dari Warna

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa menentukan apakah suatu madu itu berkualitas baik atau tidak dengan cara melihat dari warnanya. Padahal faktanya, warna madu di pengaruhi oleh sumber bunganya.

4. Mengetes dengan Semut

Mitos yang beredar di masyarakat awam, dimana untuk menentukan suatu madu itu asli atau palsu yaitu dengan melihat adanya kerumunan semut di sekitar madu tersebut. Ada yang bilang jika madu yang di kerumuni semut berarti madu tersebut sudah di tambahi dengan gula. Faktanya, masih banyak peternak lebah madu yang mengalami kesulitan saat semut - semut mengeroyoki kandang lebah madu mereka. Hal ini berarti bahwa madu asli ternyata masih menarik minat semut untuk di jadikan sumber makanan mereka,

5. Madu Campuran Kualitasnya Menurun

Pernyataan tersebut adalah fakta, sebab dengan mencampurkan madu bersama gula bahkan sedikit air, bisa mengurangi kualitas dari si madu. Fungsi madu yang sebelumnya untuk pengobatan, menjadi tidak efektif lagi untuk di gunakan. Alih - alih sehat, menambahkan gula ke dalam madu tentunya akan menambah kandungan kalori di dalamnya.

Lulusandiploma memiliki tips untuk kamu yang masih bingung memilih madu berkualitas baik dan pastinya yang asli. Baca yang berikut ini :
a. Pilihlah madu organik yang terpercaya, sebab sudah di proses dan di produksi dengan baik.
b. Jika ingin membeli madu yang sudah dalam kemasan pabrik, maka kamu perlu memperhatikan label yang terpasang pada kemasan tersebut. Biasanya madu kemasan pabrik akan muncul label bertuliskan "campuran madu dengan sirup gula" atau madu dengan label tulisan "madu dengan tambahan rasa". Madu - madu tersebut biasanya telah di beri perasa tambahan seperti rasa strawberi atau anggur dan yang lainnya yang lebih di sukai oleh anak - anak.

Baca juga Percaya Tidak ? Warna Urine Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuh Kamu

Madu memiliki sejuta manfaat. Bukan hanya untuk pengobatan dan kecantikan, madu juga saat ini di gunakan untuk bahan makanan, kue dan snack. Madu juga paling enak di santap dengan air hangat di pagi hari apalagi saat musim hujan. Madu memberikan efek hangat untuk tubuh. Madu dapat di konsumsi untuk semua umur, dari yang masih di dalam kandungan sampai dengan orang lansia. Siapa yang tidak menyukai madu ?

Baca juga Kamu Harus Tahu 5 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa hal yang perlu kamu ingat bahwa tidak sembarangan mengonsumsi madu. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui pada saat mencampurkan madu dengan produk lain :
i. Tidak menambahkan madu ke dalam air panas, karena akan menghilangkan kandungan enzim sehat dalam madu.
ii. Tidak mencampurkan madu dengan makanan atau minuman yang kaya akan vitamin C dan vitamin D. Mengapa ? Sebab nanti kandungan mineral dalam madu akan merusak vitamin - vitamin tersebut.

Nah, jadi kamu tidak akan tertipu lagi dengan penjual madu di pasaran, bukan ? Karena kamu sudah tahu bagaimana madu yang baik untuk di konsumsi. Kamu juga bisa memberikan informasi ini kepada keluarga, rekan kerja, teman dan orang lain tentang fakta dan mitos tentang madu.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel