IBX5B54BCC389CD2 Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Terkena Cipratan Minyak Panas - Lulusandiploma.com

Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Terkena Cipratan Minyak Panas

Assalamu'alaykum...

Minyak goreng merupakan salah satu produk yang paling sering di gunakan di setiap rumah tangga. Jika kamu adalah seorang yang menyukai memasak, maka menggoreng adalah salah satu bagian dari memasak yang cukup beresiko. Resikonya jelas, yakni terciprat minyak goreng yang panas. Terkena cipratan minyak goreng tentu saja akan menimbulkan iritasi pada kulit kita, kulit biasanya akan langsung memerah dan terasa panas dan terbakar untuk beberapa saat.



Orang - orang terdahulu biasanya menyarankan penggunaan odol alias pasta gigi untuk mengobati luka bakar yang di timbulkan oleh cipratan minyak goreng panas. Ternyata, odol malah akan memperparah iritasi luka dan menambah infeksi pada luka.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika terkena cipratan minyak panas ialah segera meletakkan luka tersebut di bawah air yang mengalir. Lakukan hal ini selama lima sampai dengan sepuluh menit. Ada pula orang tua yang mengatakan bahwa dengan menambahkan es, maka akan mempercepat iritasi untuk sembuh. Nah, ternyata ini lagi - lagi keliru, es yang di letakkan di atas luka akan memperparah iritasinya.

Alih - alih menggunakan es, lebih baik kamu menggunakan gel aloe vera. Aloe vera berbentuk produk telah banyak kita temukan di toko - toko terdekat. Gel ini di pilih karena memiliki sifat yang bisa mendinginkan dan meredakan rasa panas yang di timbulkan oleh si luka.

Jika kesulitan menemukan aloe vera, maka kamu bisa menggantinya dengan mengoleskan madu secukupnya ke area iritasi. Atau jika kamu tidak memiliki madu, maka kamu gunakan timun guna mendinginkan si luka bakar.

Cuka juga di nilai mampu untuk meredakan rasa sakit yang di timbulkan dari luka bakar akibat minyak panas. Yang perlu kamu lakukan adalah mengambil kain dan sedikit mencelupkan ujung kain dan mengoleskan perlahan pada area luka. Cuka encer di katakan mampu melemaskan otot dan mengurangi rasa sakit yang muncul.

Ketika bahan - bahan alami tadi telah di lakukan, maka bukan berarti obat apotek tidak perlu kamu gunakan. Sebaiknya segera ke apotek dan membeli salep luka bakar yang di rekomendasikan, salah satunya salep bacitracin.

Luka bakar tersebut biasanya dalam beberapa waktu akan menggelembung. Nah, tanganmu jangan di biarkan untuk memecahkan gelembung ini. Lebih baik biarkan gelembung ini pecah dengan sendirinya. Jika di pecahkan sebelum waktunya, maka kamu bisa mengalami iritasi kulit.

Sebaiknya, ketika menggoreng suatu makanan, lebih berhati - hati lagi. Gunakan cover atau penutup panci untuk meredam minyak panas yang terkadang meletup keluar dari wajan penggorengan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Baca juga Kenali Ciri Psikopat Pada Pasangan

0 Response to "Ini Yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Terkena Cipratan Minyak Panas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel