Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

17+ Manfaat Magang Yang Harus Anda Ketahui

 Manfaat magang adalah untuk menjadikan pribadi Anda lebih terstruktur, sehingga saat masuk ke dunia kerja Anda sudah memiliki banyak ilmu yang dapat di implementasikan. Selain dari pada itu masih banyak lagi manfaat magang yang dapat Anda peroleh, seperti bisa mendapatkan gaji, menambah pengalaman, dll.

Saya pribadi memiliki pengalaman magang di salah satu perusahaan terkemuka, yang bergerak pada industri minyak dan gas. Pengalaman tersebut menjadi salah satu manfaat paling berharga yang saya dapatkan sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Masih banyak dari kita yang menyepelekan manfaat ikut magang, mereka menganggap magang hanya sekedar pelengkap persyaratan lulus kuliah, untuk memenuhi sks yang harus di tempuh. Padahal jika kita menjalankan dengan penuh kesungguhan, manfaat yang didapat tidak akan mengecewakan.

Pada artikel lain, ada juga yang telah menjelaskan Manfaat Ikut Magang yang telah dirangkum secara jelas. Mungkin agar lebih lengkap, Lulusan diploma juga akan menyampaikan beberapa manfaat magang menurut pengalaman kami dan apa saja yang telah kami dapatkan saat menjalani proses tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat magang bagi mahasiswa, universitas dan perusahaan :

Manfaat Ikut Magang Bagi Mahasiswa

Untuk pembahasan pertama ada 17 manfaat magang yang akan Lulusan diploma rangkum, kali ini kami awali dengan manfaat yang akan di dapatkan bagi kalian para mahasiswa ataupun penganggur yang akan melakukan magang.

Berikut adalah beberapa manfaat magang bagi mahasiswa menurut Lulusandiploma :

1. Mendapatkan gaji

Mendapat gaji
Manfaat magang satu; untuk mendapatkan gaji

Manfaat magang bagi mahasiswa adalah anda bisa mendapatkan gaji, semua ini pasti menjadi harapan yang paling awal saat kita ingin terjun ke dunia kerja walaupun hanya sekedar magang. 

Namun tidak semua perusahaan menggaji pekerja magang. Ada juga perusahaan yang hanya memberikan ilmu dan manfaat lainnya. Kembali lagi pada prosedur atau kebijakan pada perusahaan masing masing.

Jika anda benar-benar ingin mendapatkan gaji saat magang, saran kami pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut menggaji seorang yang magang pada tempatnya. Anda dapat menanyakan dengan rekan yang memiliki pengalaman atau saudara yang tau akan perusahaan tersebut.

2. Menambah pengalaman kerja

Pengalaman kerja
manfaat magang dua; untuk menambah pengalaman

Point kedua dari manfaat magang yang akan anda dapatkan adalah menambah pengalaman kerja yang sebelumnya belum pernah didapatkan.

Pengalaman ini sangatlah berharga bagi anda yang benar-benar belum mengetahui apapun dari dunia kerja. Anda bisa melihat keseharian yang dikerjakan, apa saja yang dikerjakan dari mulai datang hingga pulang kerja.

Anda harus memahami dan mempersiapkan bahan apa saja yang akan dipelajari pada perusahaan tempat anda magang. Jangan sampai anda melewatkan moment berharga karena tidak memiliki catatan dan tujuan yang bisa didapatkan.

3. Kenal dengan orang dalam

Kenal dengan orang dalam
manfaat magang tiga; mengenal orang dalam

Manfaat magang berikutnya yaitu anda bisa mengenal orang dalam yang bekerja pada perusahaan tersebut. Jangan buang kesempatan ini! Sebaiknya anda berprilaku ramah, sopan dan bersosialisasi dengan orang di lingkungan perusahaan magang anda.

Ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk kalian memasuki dunia kerja dengan mudah, karena salah satu kunci keberhasilan yaitu dengan memiliki teman dan relasi yang banyak.

Tunjukkan bahwa anda adalah seorang yang rajin saat melakukan magang pada perusahaan tempat mereka bekerja. Agar saat anda ingin masuk ke dunia waktu lulus kuliah, anda dapat menghubunginya kembali untuk menanyakan info lowongan pekerjaan pada tempat anda magang tersebut.

4. Mempercantik daftar riwayat hidup

Mempercantik daftar riwayat hidup
manfaat magang empat; untuk mempercantik cv

Siapa bilang pengalaman magang tidak dapat dimasukkan kedalam daftar riwayat hidup yang anda miliki? Justru saat anda memiliki pengalaman magang, riwayat hidup anda bisa tampil lebih berbeda. Anda juga bisa melihat Contoh CV Fresh Graduate yang telah kami rangkum sebelumnya.

Saat anda melamar ke salah satu perusahaan, pastinya daftar riwayat hidup yang anda miliki harus tampil menarik. Dari pengalaman magang yang anda miliki dapat mempercantik dan menarik seorang HRD bahwa anda sudah siap bekerja.

Karena HRD biasanya tidak mau menerima karyawan yang belum memiliki pengalaman apapun, maka dari itu ini adalah salah satu manfaat magang yang bisa kalian ambil.

5. Mengembangkan karir

Mengembangkan karir
manfaat magang lima; untuk mengembangkan karir

Point kelima dari manfaat yang bisa anda dapatkan dari magang yaitu untuk mengembangkan karir di masa depan. Bagaimana tidak, karir yang kalian bangun pada kesempatan magang adalah peluang yang tepat karena bisa saja perusahaan melirik cara kerja anda.

Dari point pertama yang sudah lulusan diploma rangkum menekankan agar anda bersungguh-sungguh saat melakukan kegiatan ini. Karena magang menjadi salah satu alternatif bagi diri untuk mengimplementasikan apa yang anda dapatkan saat di bangku perkuliahan.

6. Mendapat ilmu tentang dunia kerja

Mendapat ilmu pekerjaan
manfaat magang enam; untuk mengais ilmu

Manfaat magang keenam adalah mendapatkan ilmu tentang dunia kerja, karena perbedaan ilmu yang anda dapatkan saat kuliah sangatlah berbeda jauh dengan apa yang ada di lapangan. Alasannya karena tidak semua yang ada diatas kertas benar terimplementasikan.

Pasti ada saja ilmu yang berbeda antara di perusahaan, maka dari itu anda harus meniatkan diri sendiri sebelum berangkat magang yaitu dengan mencatat apa saja yang akan anda dapatkan saat di Perusahaan. Jangan sampai kesempatan ini terlewatkan begitu saja.

Apalagi jika pembimbing magang anda adalah seorang yang gemar berbagi ilmu, pastinya anda tidak akan menjadi seorang yang memiliki banyak ilmu dan memiliki bekal yang cukup sebelum masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

7. Lebih siap menghadapi dunia kerja

Siap menghadapi pekerjaan
manfaat magang tujuh; siap menghadapi pekerjaan

Seperti pembahasan sebelumnya, bahwa manfaat magang yang sebenarnya yaitu anda memiliki bekal yang cukup serta mendapat ilmu yang banyak tentang dunia kerja.

Itulah alasan mengapa anda lebih siap menghadapi dunia kerja nantinya. Apalagi jika saat anda magang, anda mengambil semua ilmu yang ada pada perusahaan. Pastinya saat lulus kuliah dan dinyatakan mulai bekerja anda tidak akan bingung apa yang harus dilakukan nantinya.

Saran lulusan diploma yaitu anda harus satu langkah lebih siap saat menghadapi dunia kerja, dari pada rekan lainnya. Karena anda harus menunjukkan apa saja keahlian yang anda miliki agar jenjang karir yang dimiliki nantinya cepat berkembang.

8. Mengetahui rahasia perusahaan

Rahasia Perusahaan
manfaat magang delapan; mengetahui rahasia perusahaan

Tidak semua mahasiswa magang bisa beruntung untuk mendapatkan dokumen rahasia milik perusahaan, dokumen tersebut biasanya untuk pembelajaran kita di masa mendatang saat masuk ke dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Agar perusahaan dapat memberikan dokumen rahasia kepada anda seperti prosedur kerja, instruksi kerja dan yang lainnya. Anda harus benar-benar memiliki alasan yang kuat mengapa dokumen tersebut sangat dibutuhkan olehmu.

Maka dari itu ambilah ilmu sebanyak mungkin, dokumen sebanyak mungkin serta tinjaulah lapangan sesering mungkin. Agar seluruh ilmu yang menjadi rahasia perusahaan bisa anda dapatkan untuk pembelajaran di masa mendatang.

9. Mendapat teman profesional

Teman profesional
manfaat magang sembilan; mendapat teman profesional

Tidak perlu khawatir untuk berbaur pada karyawan tempat kamu magang, karena pola fikir mereka berbeda dengan anda. Saat bekerja tidak ada kata tua dan muda dalam menggapai sebuah target, tetapi kebersamaan.

Itulah moto yang terpendam di dunia kerja. Jadi, anda tidak perlu segan untuk mengajak berbicara karyawan yang ada. Tanyakan saja apa yang akan kamu ketahui, karena mereka justru merasa senang jika ada mahasiswa magang yang aktif dalam mencari ilmu ditempatnya.

Jadikan mereka seperti teman, tetapi anda juga perlu menganggap mereka sebagai bos. Karena status mereka lebih tinggi dan sudah menjadi karyawan. Mulai sekarang atur strategi anda untuk bersosialisasi supaya orang yang ada didekat anda dapat bahagia jika berkomunikasi dengan anda.

10. Melatih pembuatan laporan

Laporan inspeksi excavator
manfaat magang sepuluh; melatih membuat laporan

Bukan hanya pengalaman, manfaat magang lainnya adalah untuk melatih pembuatan laporan yang dapat bermanfaat dan berguna saat anda memasuki dunia kerja.

Laporan magang yang anda buat tersebut dapat dijadikan latihan agar pada saat bekerja tidak merasa kebingungan jika ada tugas yang sama. Biasanya dalam pekerjaan segala yang dikerjakan akan dijadikan pelaporan.

Dari magang inilah kita dapat terbiasa mengerjakan sesuatu yang nantinya juga akan kita lakukan. Jadi bersungguh-sungguhlah dalam mengerjakan sesuatu di masa magang. Jangan sampai anda buang waktu yang berharga ini.

11. Mempromosikan diri

Mempromosikan diri
manfaat magang sebelas; untuk mempromosikan diri

Jika orang lain masuk kerja harus dengan interview, anda bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu mempromosikan diri anda. Inilah salah satu manfaat magang yang sesngguhnya, anda dapat menunjukkan kepada orang lain bahwa anda mampu dan profesional.

Banyak pengalaman teman Lulusan diploma, yang dipanggil kerja oleh perusahaan tempat ia magang. Karena pada saat melaksanakan praktek kerja tersebut, teman kami menunjukkan semua kemampuan yang ia miliki.

Itulah mengapa salah satu manfaat magang adalah untuk mempromosikan diri, perusahaan tidak akan tinggal diam jika ada seseorang yang memiliki kontribusi serta membantu dalam perkembangan perusahaannya.

12. Mempraktikan ilmu perkuliahan

Praktek ilmu kuliah
manfaat magang duabelas; mempraktikan ilmu kuliah

Inilah kesempatan anda untuk mempraktikkan ilmu yang didapatkan pada bangku perkuliahan ke dunia kerja, sebenarnya tidak muda namun anda harus benar-benar melatih keterampilan ini dari sekarang.

Jangan sampai ilmu yang anda dapatkan tersebut tidak singkrong dari apa yang di implementasikan pada Perusahaan. Karena tidak semua yang anda dapatkan benar-benar mutlak harus dilakukan saat bekerja.

Ada juga ilmu yang masih perlu disaring untuk menyesuaikan kondisi yang ada dilapangan kerja. Perhatikan semua perubahan yang ada, amati dan pelajari agar kalian dapat dengan mudah mengambil inti dari semua tersebut.

13. Merubah pola fikir

Merubah pola fikir
manfaat magang tigabelas; untuk merubah pola fikir

Manfaat ikut magang selanjutnya yaitu anda dapat merubah pola fikir yang ada, bedakan pola fikir mereka yang sudah bekerja dengan kita yang masih duduk di bangku perkuliahan, pastinya sangat berbeda denga kita.

Biasanya mereka yang sudah bekerja memiliki tanggung jawab yang sangat tinggi akan tugas yang diberikan kepadanya. Itulah mengapa saya ambil manfaat yang satu ini agar kalian dapat mengambil pelajaran dari apa yang dilakukan saat bekerja.

Kalian harus merubah pola fikir tentang tanggung jawab, mulai sekarang latihlah kebiasaan anda untuk terbiasa dalam tanggung jawab yang telah diberikan. Jangan sampai kemalasan anda saat kuliah terbawa sampai nanti masuk ke dunia kerja.

14. Melatih diri untuk bersosialisasi

Sosialisasi apar
manfaat magang empatbelas; untuk belajar bersosialisasi

Manfaat ikut magang berikutnya yaitu anda dapat melatih diri untuk bersosialisasi dengan baik, karena yang akan kalian hadapi nanti adalah seorang yang profesional. Tentu saja mereka lebih tua dan memiliki wibawa yang tinggi.

Saat magang jangan hanya diam dan menunggu untuk ditegur oleh seseorang, latihlah diri anda untuk memulai komunikasi dengan baik. Anggap saja karyawan tempat anda magang adalah teman anda bekerja.

Tunjukkan keramahan kalian dan jangan sampai karyawan disana kecewa karena ketidak mauan anda untuk besosialisasi satu sama lain. Ini juga menjadi kesempatan bagi kalian mendapatkan referensi untuk bekerja nantinya.

15. Memahami prosedur kerja

Prosedur kerja
manfaat magang limabelas; untuk memahami prosedur kerja

Manfaat ikut magang yang berikutnya adalah anda dapat memahami prosedur kerja yang tidak akan kalian dapatkan pada bangku perkuliahan. Memang ada pembelajaran tentang prosedur kerja, namun semua tidak akan singkron apabila kita tidak langsung melihat prosesnya.

Dari magang inilah anda dapat menilai seberapa pentingnya langsung meninjau kelapangan, karena pada prosedur yang kita pelajari di kuliah pasti ada perubahan saat anda melihatnya langsung.

Semua itu karena seluruh data yang ada diatas kertas, tidak akan serta merta mutlak sama. Semua ada perubahan dikarenakan penyesuaian dengan kondisi lingkungan kerja. Jadi amati seluruh perubahan tersebut, jangan sampai anda tidak mengambil pelajaran dari ini.

16. Melatih kedisiplinan

Cara melatih kedisiplinan
manfaat magang enambelas; untuk melatih keidsiplinan

Biasanya ada beberapa perusahaan yang sangat ketat dalam kedisiplinan, seperti halnya pengalaman saya saat bekerja di PT Nindya Karya. Disana memiliki komitmen dalam penerapan budaya 678 yang mana harus masuk pukul 6 pagi untuk melakukan olahraga.

Jika saat masuk terlambat, anda dapat dikenakan sanksi berupa denda ataupun yang lainnya. Nah inilah momen anda untuk melatih kedisiplinan saat bekerja. Memang tidak perusahaan menerapkan budaya kedisiplinan, akan tetapi kita harus melatihnya dari sekarang.

17. Memahami program kerja di suatu perusahaan

Program kerja
manfaat magang tujuhbelas; untuk memahami program kerja

Seorang karyawan harus tau bagaimana cara menjalankan suatu program kerja untuk mensukseskan keberhasilan dari target yang telah ditetapkan. Inilah salah satu manfaat magang bagi anda seorang mahasiswa.

Anda dapat belajar tentang program kerja perusahaan, dimulai dari membuat action plan, peninjauan, rapat pelaksanaan, action hingga evaluasi.

Semua tersebut adalah ilmu yang berharga, pastinya akan terpakai saat anda masuk ke dunia kerja. Tidak akan ada yang sia-sia dari magang yang anda lakukan. Justru banyak ilmu dan pelajaran yang bisa kalian dapatkan.

Manfaat Ikut Magang Bagi Perusahaan

Manfaat magang bagi perusahaan
manfaat magang untuk perusahaan

Selain manfaat bagi mahasiswa, ternyata ada juga manfaat yang akan didapatkan untuk perusahaan apabila mereka mengadakan program magang. Lulusan diploma juga telah banyak membahas artikel lain terutama tentang Cara Magang di PT Perusahaan Gas Negara (PGN) yang bisa anda lihat.

Berikut adalah beberapa manfaat magang bagi perusahaan yang harus anda ketahui :

1. Meningkatkan citra perusahaan

Salah satu manfaat magang bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan citra perusahaan di mata publik, karena jika perusahaan melakukan program yang satu ini pastinya semua orang akan membahas tentang kebagusan perusahaan tersebut.

Namun citra perusahaan tidak secara signifikan dapat meningkat, perusahaan harus mengambil nilai nilai yang bagus kepada para mahasiswa yang magang pada lokasinya.

Nanti pada saatnya setelah selesai melaksanakan kegiatan magang, mereka para mahasiswa akan menjabarkan hasil dari pengalaman saat ia menjalankan magang di perusahaan anda. Akan ada penilaian baik dari laporan tersebut.

2. Menghemat pengeluaran

Manfaat magang yang berikutnya adalah sebagai penghemat pengeluaran perusahaan, karena ada juga program yang menjadikan seorang pekerja magang yang bisa diangkat menjadi karyawan. Program tersebut dapat mengurangi sebagian waktu dan biaya untuk mencari kandidat terbaik.

Memang tidak semua orang magang bisa diangkat perusahaan menjadi karyawan, akan tetapi perusahaan dapat memilih lebih detail calon mana yang terbaik untuk keberlangsungan perusahaan yang sedang ia kelola.

3. Memiliki masukan dan ide

Manfaat magang yang terakhir untuk perusahaan yaitu agar mendapatkan masukan dan ide baru tentag perusahaan, karena seorang mahasiswa magang bukanlah mereka yang tahu segalanya tentang perusahaan anda.

Jadi, pastinya mereka akan dengan detail mengkritik atau memberikan masukan dengan apa yang ia temukan pada perusahaan anda. Itulah yang diperlukan untuk mengembangkan perusahaan anda agar lebik baik kedepannya.

Seorang mahasiswa magang juga pasti akan berkomunikasi dengan karyawan anda, nantinya mereka akan mermberikan suatu masukan dan ide. Pengetahuan tersebut pastinya akan menumbuhkan ide baru bagi perkembangan perusahaan.

Manfaat Ikut Magang Bagi Kampus

Manfaat magang bagi akamigas
manfaat magang untuk universitas / kampus

Pada pembahasan sebelumnya Lulusan diploma sudah merangkum tentang manfaat bagang untuk mahasiswa dan perusahaan. Kali ini mari kita simak apa saja sih sebenarnya yang akan didapatkan suatu universitas dalam program magang yang satu ini.

Tapi sebelum kita masuk ke pembahasan, simak terlebih dahulu info tentang kampus kami dahulu yaitu Akamigas Balongan.

Berikut adalah manfaat magang yang bisa didapatkan kampus:

1. Kampus lebih dikenal dalam dunia kerja

Manfaat magang yang pertama bagi kampus adalah nama universitas dapat lebih dikenal dalam dunia kerja, apalagi jika mahasiswa yang ikut magang aktif pada pekerjaan yang telah diinstruksikan oleh seorang pembimbingnya.

Anda harus mengajarkan kepada mahasiswa agar mereka terus menjaga nama baik kampus, serta aktif saat melakukan magang supaya lulusan kampus tersebut akan dipandang dan dijadikan yang pertama dalam pemilihan kandidat karyawan nantinya.

2. Terjalinnya hubungan baik antara perusahaan dan kampus

Manfaat kedua dari program magang untuk kampus adalah terjalinnya hubungan baik antara perusahaan dan universitas itu sendiri. Pasalnya kampus akan terus berkomunikasi tentang mahasiswa yang dititipkan magang pada perusahaan tersebut.

Biasanya dosen juga akan menanyakan apa saja yang mahasiswanya lakukan saat melakukan kegiatan di perusahaan tersebut. Itulah yang menjadikan hubungan antara kampus dan perusahaan terjalin dengan baik. 

Apalagi setiap tahunnya akan ada terus mahasiswanya yang melakukan kegiatan praktek kerja untuk memenuhi SKS yang diwajibkan.

3. Lulusan kampus menjadi lebih dipercaya oleh perusahaan

Nah manfaat magang yang terakhir yaitu sangat penting untuk masa depan lulusan atau mahasiswa anda. Ini menjadi suatu keberhasilan kampus apabila melahirkan lulusan yang dituntun untuk sukses di masa mendatang.

Perusahaan akan menilai lulusan kampus anda adalah yang utama dan di prioritaskan, apabila program magang yang dilaksanakan mahasiswa anda aktif dalam memberikan ide dan masukan bagi perusahaan tersebut.

Mungkin inilah pembahasa mengenai 17+ manfaat magang yang harus anda ketahui untuk mahasiswa, perusahaan bahkan kampus atau universitas itu sendiri. Semoga artikel yang telah Lulusan diploma rangkum dapat bermanfaat, silahkan berikan pesan anda pada kolom komentar di bawah.

Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "17+ Manfaat Magang Yang Harus Anda Ketahui"