IBX5B54BCC389CD2 4 Tantangan Yang di Hadapi Jika Kamu Sekolah di Luar Negeri - Lulusandiploma.com

4 Tantangan Yang di Hadapi Jika Kamu Sekolah di Luar Negeri

Sekolah diluar negeri - Cukup banyak dari kita yang memimpikan bisa melanjutkan Pendidikan ke luar negeri. Karena kita berpikir bahwa kualitas dan kuantitas Pendidikan yang ada disana jauh lebih baik dibandingkan di negeri sendiri. Berbagai macam cara dilakukan jika bersungguh-sungguh berniat bersekolah diluar negeri. Belajar keras untuk memperoleh beasiswa pun dilakukan agar bisa membuat kedua orang tua bangga. Pemandangan yang hanya tampak di foto, kini seperti dalam genggaman tangan. Angan-angan itu dapat diwujudkan dalam perjuangan yang cukup panjang. Yah, sekolah di luar negeri memang ada suka dan dukanya. Berikut kami rangkum untuk anda yang ingin sekolah atau kuliah di luar Indonesia ! Baca juga: 6 jurusan perkuliahan yang paling menjanjikan kesuksesan di Indonesia

1. Mandiri


Sekolah diluar negeri dengan beasiswa dari pemerintah merupakan tantangan yang harus dilalui. Jika anda dari golongan keluarga yang kaya raya, tentu saja anda tak perlu risau mengenai kehidupan anda disana, karena ada keluarga yang menopang ekonomi anda.

Namun jika anda berasal dari keluarga golongan menengah ke bawah, tentu saja wajib untuk melakukan penghematan, karena uang yang dikirimkan oleh keluarga harus cukup dalam jangka waktu tertentu.

Anda perlu belajar memasak sendiri agar tak perlu membeli makanan diluar, karena dipastikan harganya jauh lebih enak dikantong dibandingkan anda membeli diluar dimana kebersihannya pun belum terjamin.

2. Perbedaan Cuaca 



Di Indonesia kita disajikan dengan cuaca yang hangat dan terkadang bisa dikatakan panas yang membuat kita merasa kegerahan. Namun ketika anda berada di negeri yang memiliki empat musim, maka anda perlu menyiapkan diri dari perubahan cuaca yang tak menentu.

Untuk musim salju, anda perlu menyiapkan pakaian hangat dan selalu menjaga diri anda saat diluar rumah, karena adanya bahaya tergelincir dan tertimpa bongkahan es yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada diri anda.

3. Perbedaan Budaya 

Untuk anda yang dibekali beasiswa dari pemerintah, kemungkinan anda akan tinggal di asrama khusus siswa. Mungkin anda akan bergabung bersama dua atau tiga siswa lainnya dari negara yang berbeda-beda dalam satu kamar.

Disini anda dituntut untuk mempersiapkan mental dan diri anda ketika bertemu dengan orang lain yang budayanya tentu saja sangat jauh berbeda dengan budaya kita. Baca juga: Pertanyaan interview dan jawabannya untuk freshgraduate

Mungkin saja mereka tak perlu mengucapkan salam ketika masuk kamar, atau menggunakan toilet dengan tidak bersih, atau meminjam barang tanpa izin, atau masih banyak lagi.

4. Rindu Masakan Nusantara 

Ketika kita jauh dari rumah, kita tentu akan rindu dengan masakan ibu kita. Namun ketika kita jauh dari negeri tercinta, kita pasti akan rindu masakan-masakan khas Indonesia. Dimana ketika diluar negeri akan sulit dijumpai.

Gejala seperti menjadi momen yang cukup sulit untuk dihadapi. Dimana ketika di negeri sendiri, saat musim hujan tiba, cuaca yang dingin membuat kita ingin merasakan semangkuk soto lengkap dengan teh hangat yang masih mengepul asapnya. Dan tentunya diluar negeri hal seperti itu sangat langka untuk ditemukan.

 kuliah diluar negeri

Sekarang anda sudah mengetahui apa saja sih tantangan yang harus dihadapi jika anda melanjutkan studi ke luar negeri. Hal yang perlu dilakukan yaitu mampu beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang yang ada disana. Dimanapun tantangan pasti akan selalu ada. Kita sebagai manusia hebat, harus mampu melampauinya. Namun jika anda sudah sukses diluar negeri sana, jangan pernah lupakan orang tua dan tanah airmu disini. 

0 Response to "4 Tantangan Yang di Hadapi Jika Kamu Sekolah di Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel