IBX5B54BCC389CD2 Daftar Universitas D3 D4 S1 S2 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia - Lulusandiploma.com

Daftar Universitas D3 D4 S1 S2 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia

Sekarang ini sudah semakin banyak perguruan tinggi atau universitas yang menyediakan program studi keselamatan dan kesehatan kerja atau sejenisnya seperti kesehatan masyarakat, fire safety dan lain-lain. Sebelumnya kami sudah menyediakan 6 jurusan yang menjanjikan kesuksesan dan salah satunya adalah jurusan ini. Hal tersebut sebenarnya sangatlah wajar karena jurusan tersebut sekarang ini banyak diminati serta di butuhkan oleh masyarakat dan perusahaan, permintaan tersebut berawal karena masih banyaknya kecelakaan kerja di Indonesia. Berikut adalah daftar program studi atau jurusan Diploma 3, 4, Sarjana 1 dan S2 keselamatan dan kesehatan kerja yang tersedia di Indonesia:

Diploma III (D3) Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Diploma 3 adalah sebuah sertifikat yang dikeluarkan dari lembaga pendidikan di Indonesia, yang menerangkan bahwa mahasiswa / seorang yang mendapati sertifikat tersebut sudah menyelesaikan kuliah pada universitas yang diikutinya.

Jurusan keselamatan kerja di Indonesia ada beberapa universitas yang sudah membukanya, universitas tersebut antara lain:
  1. Jurusan keselamatan kerja dan pencegahan kebakaran (Fire and Safety), Program D3 Akademi Minyak dan Gas Balongan Indamayu (Akamigas).
  2. Jurusan hiperkes dan keselamatan kerja, Program D3 ilmu kesehatan masyarakat, Universitas Airlangga (UNAIR).

Diploma IV (D4) Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Diploma 4 adalah salah satu pendidikan profesional yang berkelanjutan yang diatas tingkatnya dari D3, bisa dibilang jenjang pendidikan ini setara dengan Sarjana 1. Untuk D4 jurusan keselamatan dan kesehatan kerja yang tersedia di Indonesia antara lain yaitu:
  1. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja, Program D4 Teknik. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (ITS).
  2. Jurusan kesehatan keselamatan kerja, Program D4 keselamatan kerja, Fakultas kedokteran, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).
  3. Jurusan kesehatan keselamatan kerja, Program D4 STIKes Binawan Jakarta.
  4. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja, Program D4 Universitas Balikpapan (UNIBA) Balikpapan.

Sarjana (S1) Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja


Jenjang pendidikan S1 yang membuka program studi keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia saat ini sudah cukup banyak, mengingat kepentingan akan jurusan tersebut sangat diperlukan didunia kerja dan jurusan ini adalah salah satu yang menjanjikan kesuksesan. Berikut beberapa jurusan K3 yang ada di Indonesia:
  1. Jurusan kesehatan masyarakat, S1 Fakultas kedokteran dan keselamatan kerja, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).
  2. Jurusan kesehatan masyarakat, Program Sarjana 1 Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) Jakarta.
  3. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), Program S1 kesehatan masyarakat, Fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan. Universitas Negri Islam (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
  4. Jurusan keselamatan kerja, Program ilmu kesehatan. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPN).
  5. Jurusan teknik keselamatan dan proteksi kebakaran, Program S1 teknik, Universitas Negri Jakarta (UNJ).
  6. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja, Program S1 kesehatan masyarakat, Fakultas Kesehatan masyarakat, Universitas Jendral Soedirman (UNSOED) Purwokerto.
  7. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja, Program S1 ilmu kesehatan masyarakat, Fakultas kesehatan masyarakat, Universitas Diponegoro (UNDIP).
  8. Jurusan kesehatan dan keselamatan kerja, Program S1 ilmu kesehatan masyarakat, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang (UNNES).
  9. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja, Program S1 ilmu kesehatan masyarakat, Universitas Airlangga (UNAIR) Jawa Timur.
  10. Jurusan kesehatan masyarakat, Fakultas Kesmas, Program S1 Universitas MH Thamrin Jakarta.
  11. Jurusan kesehatan masyarakat, Program S1 kesehatan masyarakat, Universitas Respasti Indonesia (URINDO) Jakarta.
  12. Jurusan kesehatan masyarakat, Program S1 STIKes Indramayu.
  13. Jurusan kesehatan masyarakat, Program S1 Perguruan Tinggi Mitra Lampung (UMITRA) Lampung.

Magister (S2) Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dari jenjang pendidikan D3, D4 dan S1 yang sudah disediakan, ternyata ada juga program studi S2 di Indonesia yang sudah membuka jurusan keselamatan dan kesehatan kerja. Berikut beberapa daftar universitas yang sudah menyediakan dan membuka prodi ini:
Jurusan K3

  1. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja (K3), Program S2 Fakultas kesehatan masyarakat, Universitas Indonesia (UI) Depok.
  2. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja, Program Magister (S2), Fakultas Kesehatan, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.
  3. Jurusan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) PPMB, Fakultas Kesehatan, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.
  4. Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja STIKes Binawan Jakarta.
  5. Jurusan Teknik dan Manajemen Keselamatan Kebakaran (Fire Safety Engineering and Managment, Program teknik mesin. Universitas Indonesia (FT-UI) Depok.
  6. Jurusan rekayasa keselamatan industri (MKRI), Fakultas Teknik Fisika, Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta.
  7. Jurusan ilmu kesehatan kerja, Program S2 kesehatan, Fakultas kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta.
  8. Jurusan keselamatan kesehatan lingkungan, Fakultas teknik sipil dan lingkungan, Program S2 teknik sipil Institut Teknologi Bandung (ITB).
  9. Jurusan kesehatan masyarakat, Pasca Sarjana S2 Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) di Jakarta.

Demikianlah beberapa list mengenai universitas jurusan keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia yang dapat kami rangkum, apabila ada universitas yang belum tercantum silahkan tambahkan di kolom komentar agar kami bisa update artikel ini dan mengenali kampus kalian. Salam K3

0 Response to "Daftar Universitas D3 D4 S1 S2 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel