IBX5B54BCC389CD2 Rencana Biaya K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Lulusandiploma.com

Rencana Biaya K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja

RAB K3 - Rencana biaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangatlah penting dikuasai oleh seorang HSE untuk kepentingan proyek agar berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan ditengah jalan. Sehingga apabila sebelum proyek berjalan seorang HSE sudah mempunyai planning apa saja peralatan dan perlengkapan K3 yang akan disediakan untuk kedepannya melalui rencana biaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Cara membuat RAB K3 sebenarnya cukup mudah dan tidak sesulit apa yang kita fikirkan, didalamnya kita harus mempunyai planning mengenai apa saja kebutuhan yang harus disediakan apabila proyek tersebut sedang berjalan. Misalnya pekerjaan yang akan dilaksanakan yaitu pembuatan rumah dengan anggota yang bekerja 10 orang.

Nah dari 10 orang pekerja tersebut kita harus menyediakan perlengkapan apa saja untuk melengkapi peralatan keselamatannya. Contohnya kita harus menyediakan helm, body harness, sepatu safety, dan rompi keselamatan yang cukup untuk mereka.

RAB K3 juga didalamnya terdapat jumlah peralatan yang harus disediakan, harga satuan dan total harga per item yang akan kalian sediakan. Mungkin sebagian dari mereka masih belum mengetahui sebenarnya apa kegunaan RAB didalam sebuah proyek, karena sebagian besar dari kita di kampus atau dimanapun tidak diajarkan mengenai hal tersebut.

Sedikit pandangan mengenai Rencana Anggaran Biaya (RAB), RAB adalah suatu rencana biaya yang kita planning kan dalam suatu pekerjaan sehingga diperoleh estimasi suatu anggaran yang dibutuhkan sampai dengan proyek tersebut selesai.

Mengapa membuat RAB keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sangatlah penting? Karena apabila kita tidak membuat dan merencanakan anggaran tersebut kemungkinan besar biaya yang akan keluar terjadi pembengkakan yang akan menimbulkan kerugian suatu perusahaan atau pelaksana yang mengerjakan pekerjaan tersebut.

Rincian yang harus ada didalam RAB K3

Sebenarnya cara yang ideal pembuatan RAB keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yaitu didalamnya ada beberapa komponen yang harus dimasukan, namun semua tergantung dari segi pekerjaan dan peralatan apa yang harus disediakan, berikut beberapa rincian table anggaran K3 di sebuah proyek :
  1. Nomor - Yang harus anda masukan didalam table rab k3 yaitu nomor, agar kita dapat mengetahui sebenarnya berapa banyak item yang harus anda sediakan.
  2. Nama peralatan atau pekerjaan - Cantumkan nama pekerjaan atau peralatan yang akan anda beli didalam table perhitungan rencana anggaran biaya K3.
  3. Jumlah - Berapa jumlah atau volume yang akan disediakan juga, usahakan jumlah serta satuannya juga disebutkan agar lebih memperjelas pembuatan rencana biaya.
  4. Harga satuan - Didalam rab pengadaan peralatan keselamatan point ini sangat penting untuk mengetahui berapa harga satuan pekerjaan atau peralatan HSE yang akan kita beli. Apabila anda masih belum mengetahui berapa harga satuan material atau peralatan yang akan kita beli, saran saya cari tahu di google atau website yang menyediakan peralatan tersebut sehingga dapat dijadikan referensi kita untuk memasukkan harga.
  5. Total harga - Dalam hal ini total harga adalah perkalian antara berapa jumlah material dan peralatan yang akan kita beli dikali harga satuan yang sudah tercantum tersebut
  6. Total atau jumlah yang didapat dari keseluruhan peralatan atau pekerjaan yang sudah dihitung tersebut.

Contoh Anggran Biaya (RAB) K3

RAB menjadi sebuah acuan sebelum kita melaksanakan suatu pekerjaan atau ingin merencanakan sesuatu, jangan sampai ada pengeluaran yang tidak terkontrol, pengadaan peralatan keselamatan yang tidak tepat dan berbagai hal negatif lainnya. Berikut contoh rencana anggaran biaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3):


Cara menghitung anggaran K3

Apabila anda sudah mempunyai bayangan apabila melihat contoh anggaran K3 diatas yang sudah disediakan. Sekarang silahkan simak penjelasan berikut ini apabila anda masih belum memahami cara perhitungan yang harus dilakukan:
  1. Buka microsoft excel.
  2. Isikan judul keterangan seperti No, Keterangan, Jumlah, Satuan, Harga Satuan dan Total Harga.
  3. Judul keterangan silahkan kalian isikan dengan item atau peralatan k3 yang akan anda beli.
  4. Judul jumlah silahkan kalian isikan berapa jumlah peralatan keselamatan yang akan anda beli.
  5. Harga satuan silahkan anda isi dengan asumsi berapa harga per buah peralatan yang akan anda belanjakan. Apabila masih kebingunan silahkan simak : List Harga Alat Pelindung Diri (APD)
  6. Untuk judul pada kategori total harga, silahkan kalian isikan rumus berikut ini agar dapat terisi dengan otomatis = Jumlah x Harga = Total Harga berarti pada total harga nomor 1 silahkan kalian isikan =F*6
  7. Untuk rumus Total Keseluruhan silahkan kalian isikan dengan =SUM:(Total Harga Teratas : Total Harga Terbawah) jadi kalau kita mengikuti gambar contohnya yaitu =SUM(F6:F33) lalu enter.
  8. Selesai.
Demikianlah penjelasan dan informasi mengenai rincian Rencana Biaya K3, semoga penjelasan yang kami sampaikan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat. Safety First!

0 Response to "Rencana Biaya K3 / Keselamatan dan Kesehatan Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel