IBX5B54BCC389CD2 Tips Agar Badan Tidak Lemas Saat Puasa Meskipun Lupa Sahur - Lulusandiploma.com

Tips Agar Badan Tidak Lemas Saat Puasa Meskipun Lupa Sahur

Assalamu'alaykum...
Menyelesaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan cukup banyak tantangannya. Salah satunya badan yang terasa lemas di siang hari, di tambah lagi telat bangun saat sahur. Hal ini bukan saja di alami oleh anak - anak kost, tetapi juga di alami oleh orang - orang yang tinggal menetap di rumah. Beberapa di antara kita termasuk yang sulit untuk di bangunkan.

Baca juga 3 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengobati Rindu Kampung Halaman Saat Lebaran

Terkadang orang lain sudah membangunkan kita dengan sekuat tenaga, namun diri kita memang tidak "engeh" untuk bangun dan terus melanjutkan tidur hingga pagi. Alhasil, saat orang lain masih segar bugar sampai sore hari, kita yang tidak ikut sahur, sedari pagi sudah terasa lemas. Apalagi pada jam - jam kritis antara jam 11 siang hingga jam 5 sore. Perut terasa lebih lapar dan dahaga kadang tidak tertahankan.

Lulusandiploma mempunyai beberapa tips untuk kamu yang lupa atau tidak sahur, agar badan kamu tetap segar dan tidak lemas sampai dengan waktu berbuka tiba. Apa sajakah itu ? Berikut ulasannya :

Baca juga Tips Mudik Lebaran Agar Aman dan Selamat


1. Mandi Air Dingin

Cuaca panas yang amat terik memang membuat tubuh semakin malas bergerak dari kasur. Semakin siang, tubuh semakin lemas karena tidak sahur. Kamu bisa mengantisipasi lemahnya tubuh kamu dengan mandi air dingin. Ketika air dingin menyentuh kulit kita, tanpa sengaja dahaga yang mengcengkeram kerongkongan berkurang. Setelah mandi, tubuh kamu akan terasa lebih segar dari sebelumnya. Asalkan airnya jangan ikut kamu telan. Itu bisa menyebabkan puasa kamu batal.

2. Carilah Tempat Terang

Saat tubuh kamu terasa lemas, carilah tempat yang terang seperti berdiri di bawah sinar matahari atau jika kamu tidak tahan berada di bawah teriknya sinar matahari, kamu bisa menyalakan lampu di ruangan kamu. Matamu yang terasa mengantuk akan menjadi lebih terbuka dan tubuh kamu akan merespon itu.

3. Tidur Siang

Tidur siang merupakan salah satu tips yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencoba merebahkan diri di atas tempat tidur dan tidur selama beberapa menit. Jangan tidur terlalu lama hingga beberapa jam, ini bisa menyebabkan tubuh semakin lemas. Baca juga Tips Berpuasa Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

4. Melakukan Senam Kecil

Jika kamu seorang pekerja, kamu bisa menyelingi aktivitas pekerjaanmu dengan gerakan kecil atau senam kecil seperti peregangan. Ini akan membuat tubuhmu sedikit lebih ringan.

5. Mendengarkan Musik

Musik termasuk hal - hal yang mengurangi mengantuk. Namun sedikit tips lagi, kamu bisa mengganti musik dengan mendengarkan hal - hal yang lebih bermanfaat seperti murottal atau ceramah. Selain tidak membuat badan lebih lemas, kamu juga memperoleh pahala terutama di bulan puasa ini.

6. Memilih Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Ketimbang memilih jajanan gorengan dan cepat saji untuk buka puasa, kamu bisa berdalih untuk mencari menu buka puasa yang seperti buah melon, buah semangka, serutan timun, dan lain - lain. Jangan lupa untuk mencukupi asupan air tubuh kamu saat berbuka dan sahur.

Baik, itu saja sedikit ulasan dari lulusandiploma untuk kamu yang ingin terus segar bugar jauh dari kata lemas saat berpuasa. Walaupun tidak sahur, tentu tidak akan menghalangi niat kamu untuk meneruskan puasa kamu sampai tiba waktunya berbuka puasa, kan?
Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel