IBX5B54BCC389CD2 Ini Dia 7 Tips Mengatasi Masalah Bau Kaki - Lulusandiploma.com

Ini Dia 7 Tips Mengatasi Masalah Bau Kaki


Assalamu'alaykum...

7 Tips Mengatasi Bau Kaki - Bau kaki adalah salah satu masalah yang terjadi hampir pada setiap manusia. Bau kaki biasanya di sebabkan oleh penggunaan kaos kaki dengan cara yang salah, seperti kaos kaki yang masih lembab atau kaos kaki yang sudah terlalu lama tidak di cuci. Kaki yang berada di dalam sepatu akan lembab dan berkeringat. Dari keringat itu akan muncul bau kaki. Adakah tips mengatasi masalah bau kaki ini ?

Baca juga : Tips Sederhana Ini Bisa Menghilangkan Lipatan Di Dagu

Bau kaki akan terasa sangat memalukan. Pada cuaca yang panas, kaki kita akan berkeringat dan menimbulkan bau. Biasanya saat kaki berkeringat, kita akan melepas sepatu, namun pada saat situasi ramai orang, tentu bau kaki kamu akan menjadi pusat perhatian selama beberapa saat. Hal ini bukan yang kamu harapkan, bukan ? Sebagian orang akan memperhatikan bahkan menilai kamu sebagai pribadi yang tidak bisa menjaga kebersihan, sehingga bisa menurunkan rasa percaya diri kamu di hadapan orang banyak. Nah, di sini lulusandiploma mempunyai beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mencegah bau kaki akibat keringat dan juga menghilangkan bau kaki tersebut untuk selama - lamanya.



Bau kaki bisa dengan mudah di atasi dengan tips - tips di bawah ini :

1. Memakai Kaos Kaki Yang Tepat

Tips yang pertama yaitu kamu harus memakai kaos kaki yang tepat dengan aktivitas yang akan kamu lakukan. Kamu harus memastikan bahwa kaos kaki yang kamu gunakan sesuai dengan cuaca dan pekerjaan kamu saat ini.  Misalnya, pada saat cuaca dengan panas, sebaiknya kamu pakai kaos kaki berbahan dasar kain katun. Mengapa ? Karena sifat dari kain katun itu sendiri dapat menyerap air dengan baik dan juga memiliki pori - pori yang cukup longgar untuk udara dapat keluar masuk ke dalam kaki kamu.

Kemudian pada saat cuaca sedang dingin, kamu di sarankan untuk memakai kaos kaki berbahan kain wol agar kaki kamu lebih hangat dan kamu tidak mudah merasa kedinginan. Untuk aktivitas di luar rumah, sebaiknya kamu jangan menggunakan kaos kaki berbahan dasar kain nilon, karena bahan nilon lebih mudah melembabkan kaki dan membuat kaki lebih cepat berkeringat sehingga akan muncul bau kaki. Kamu bisa juga untuk memilih kaos kaki anti lembab lainnya unutk aktivitas di luar ruangan. Asalkan di sesuaikan dengan kondisi aktivitas kamu saat itu.

2. Hidrasi

Mengonsumsi air putih yang cukup akan membantu mencegah kaki kamu berkeringat. Pastikan tubuh kamu cukup akan cairan sehingga tubuh lebih mudah untuk mengatur suhu dan bisa memproduksi keringat lebih sedikit. Tapi akan berbeda jika kamu kurang mengonsumsi air sama sekali, karena akan menimbulkan efek yang lain tentunya yang berkaitan dengan gangguan kesehatan.

3. Gunakan Deodoran

Fakta mengungkapkan bahwa kaki manusia sebenarnya mengandung kelenjar keringat yang lebih banyak di bandingkan anggota tubuh yang lain. Ketika ketiak berkeringat, maka menimbulkan bau yang tidak sedap. Kamu akan mengatasinya dengan menyemprotkan deodoran. Nah, untuk mengatasi bau kaki, maka kamu bisa juga gunakan deodoran antiperspirant sebelum kamu tidur di malam hari. Semprotkan pada kedua kaki, dan bilas pada pagi harinya. Lakukan aktivitas ini dalam tiga atau empt hari ke depan dan ulangi setiap satu atau dua kali dalam seminggu.

4. Merendam Kaki dengan Teh Hitam

Alat dan bahan yang di butuhkan :
- 2 kantong teh hitam
- 1000 ml air
- Wadah
- Sabun

Caranya yaitu sebagai berikut :
1. Masukkan 1000 ml air dan kantong teh ke dalam panci, tunggu sampai mendidih. Ketika mendidih, biarkan selama sepuluh menit. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan selama lima belas menit.
2. Cuci dan bersihkan kaki dengan sabun dan air. Keringkan dengan lap atau handuk bersih.
3. Air rebusan tadi di ambil dan tuangkan ke dalam sebuah wadah besar. Rendam kaki selama lima belas sampai dua puluh menit lamanya. Keringkan dengan lap atau handuk bersih.
4. Ulangi sampai dua kali dalam sehari.

Merendam kaki dengan rebusan teh hitam bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau kaki yang tidak hilang - hilang. Asalkan kamu rutin dan konsisten melakukan tips ini sampai bau kaki kamu benr - benar hilang.

5.  Penggunaan Sepatu yang Sesuai

Ternyata selain pemakaian kaos kaki, penggunaan sepatu yang sesuai juga mempengaruhi bau pada kaki. Kamu sebaiknya menggunakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki kamu, jika ukuran sepatu kamu lebih kecil, maka potensi keringat lebih cepat muncul dan menyebabkan bau kaki.

Selain ukuran sepatu, kamu juga perlu memperhatikan cuaca. Sama halnya dengan kaos kaki, ketika cuaca panas, sebaiknya kamu menggunakan sepatu dengan bahan kain agar mudah menyerap keringat dan bisa mensirkulasikan udara ke dalam sepatu. Pilihlah bahan kulit atau kanvas saat cuaca sedang hangat atau panas. Hindari pemakaian sepatu berbahan plastik, kaki kamu akan sangat mudah berkeringat, karena udara terperangkap di dalam sepatu kamu yang tidak memiliki pori - pori untuk udara keluar masuk.

6. Mencuci Kaki dengan Cairan Pencuci Mulut

Tips ke enam yaitu dengan menggunakan cairan pencuci mulut seperti listerine. Di sini kamu akan memerlukan air, listerine dan cuka.

Cara kerja :
1. Campurkan ketiga bahan tersebut masing - masing satu cangkir ke dalam wadah berukuran besar.
2. Rendam kaki selama lima belas menit. Fungsi listerine di sini yaitu untuk membunuh bakteri dan kuman yang menempel di kaki. Selain itu listerine akan membuat kaki kamu terasa lebih segar dan sejuk. Fungsi cuka yakni sebagai pembunuh bakteri juga, sebab mikroorganisme ini tidak menyukai tingkat keasaman dari cuka. Kelebihan dari listerine juga akan membuat pori - pori di kaki kamu lebih kecil, sehingga kaki tidak akan mudah untuk berkeringat.

Campuran air, cuka dan listerine ternyata selain menghilangkan bau kaki, juga mampu membuat kaki lebih lembut, karena sel - sel kulit mati yang ada pada kaki terlepas dan terganti dengan sel - sel yang baru.

7. Rutin Mencuci Kaki

Kamu bisa jadikan mencuci kaki sebagai kebiasaan yang baik. Karena kita tidak pernah tahu kuman dan bakteri apa saja yang sudah kita injak selama seharian. Ada baiknya juga untuk merendam kaki dengan air hangat dan sedikit tambahan garam untuk merilekskan kaki kamu sebelum tidur di malam hari.


Nah, itu adalah 7 tips mengatasi masalah bau kaki yang bisa kamu peragakan di rumah. Yang jelas, selain tips - tips yang telah di sebutkan di atas, kamu perlu juga untuk menjaga kebersihan kaos kaki dan sepatu kamu. Ada baiknya mengganti kaos kaki setiap hari, karena bakteri telah berkembang biak di dalam kaos kaki itu selama seharian. Sebaiknya setelah mencuci kaki, kamu tidak langsung menggunakan kaos kaki. Keringkan kaki dengan tissue agar mencegah kaos kaki menjadi lembab karena kondisi kaki yang sedang basah.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...
 

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel