IBX5B54BCC389CD2 Tips Berhenti Merokok di Bulan Ramadhan - Lulusandiploma.com

Tips Berhenti Merokok di Bulan Ramadhan

Tips berhenti merokok pada saat bulan Ramadhan - Assalamu'alaykum.
Bulan Ramadhan menjadi bulan yang berkah untuk semua umat Muslim. Dengan berpuasa selama 30 hari penuh, artinya para perokok yang biasanya aktif merokok di siang dan di malam hari, menjadi di kurangi intensitas merokoknya menjadi pada saat malam hingga menjelang subuh. Secara tidak langsung, perokok aktif ikut membantu mengurangi asap rokok yang kian hari kian merajalela baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang bisa kamu coba untuk menghentikan kebiasaan merokok kamu. Awalnya pasti agak sulit untuk di lakukan dan di teruskan, tetapi jika kamu bertahan dengan kondisi tidak merokok, pasti akan banyak manfaat yang kamu peroleh. Padahal sudah tertulis jelas di sampul depan rokok atau cerutu bahwa merokok itu berbahaya dengan segudang ancaman bagi kesehatan diri perokok.

Tips berhenti merokok

Berikut beberapa tips untuk kamu perokok aktif supaya memulai berhenti merokok di bulan Ramadhan ini dan seterusnya :

1. Memiliki itikad dalam diri untuk berhenti merokok

Hal - hal yang akan kamu jadikan resolusi untuk merubah diri dan masa depanmu menjadi lebih baik harus kamu jaga dan pertahankan sampai akhir. Sesuatu yang kamu mulai harus kamu akhiri sesuai dengan rencana awal kamu.

Kuatkan tekad kamu. Tanam dalam benak kamu bahwa jika kamu berhenti merokok, akan banyak hal - hal baik yang akan berdatangan. Dengan kamu berhenti merokok, kamu bisa terus jaga kesehatan kamu tanpa terlalu khawatir akan hal yang lain. Kamu bisa alihkan dana untuk membeli rokokmu dulu, dengan di berikan ke orang yang lebih membutuhkan. Ingatlah, bahwa merokok itu sendiri termasuk larangan dalam agama.

Baca juga 10 Daftar Barang yang Sering Tertinggal Saat Mudik

2. Mengganti menu buka puasa dengan sayur dan buah

Di bulan puasa, akan banyak bermacam - macam jenis makanan yang di jual orang lain di sekitar lingkungan kita. Kamu mungkin salah satunya yang suka mencari jajanan yang ada di pasar bedug di daerah kamu.

Mulai saat ini, kamu bisa mengganti menu buka puasa kamu dengan makanan yang tinggi akan karbohidrat dan lemak, seperti gorengan dan makanan cepat saji, bisa kamu ganti dengan makanan rendah karbohidrat dan kaya akan protein dan vitamin seperti buah dan sayur.

Mengkonsumsi buah saat buka puasa juga terasa segar. Kamu bisa kombinasikan dengan membuatnya menjadi jus atau manisan buah rendah gula.

Baca juga : Fakta Penyakit Jantung Koroner Yang Harus Kamu Tahu

3. Mengkonsumsi sup

Ternyata berbuka puasa dengan sup bisa membuat perut kita lebih cepat kenyang, sehingga kita terhindari dari makanan karbohidrat lain yang ada di meja makan kita.

Baca juga 4 Kelakuan Memalukan Saat Naik Pesawat

4. Perbanyak konsumsi air putih

Cukup banyak yang bilang bahwa mulut akan terasa pahit apabila tidak menyentuh rokok dalam satu hari. Kamu bisa membuang sugesti itu sejauh mungkin. Konsum air putih untuk mengurangi kadar racun rokok dalam tubuh kamu. Jika mulut kamu terasa pahit atau masam, kamu konsumsi saja kurma. Mumpung masih bulan puasa.

Nah, sekian tips dari lulusandiploma tentang menghentikan kebiasaan merokok di mulai dari bulan Ramadhan. Semoga kamu yang saat ini perokok aktif, dapat menjalankan kebiasaan baru yang tentunya lebih baik dari kebiasaan kamu yang lama.
Terimakasih. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel