IBX5B54BCC389CD2 Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 2 - Lulusandiploma.com

Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 2

1. Apa yang di maksud dengan demokrasi ?
Jawaban :
Kata demokrasi berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu demos artinya rakyat dan kratos/cratein artinya pemerintahan, sehingga dapat di artikan bahwa demokrasi ialah pemerintahan rakyat.
Menurut KBBI, demokrasi itu sendiri merupakan istilah politik yang berarti pemerintahan rakyat. Dapat di artikan bahwa di dalam suatu negara, pemerintahan tertinggi berada di tangan rakyat dan pemerintahan di jalankan melalui wakil - wakil rakyat yang di pilih langsung oleh rakyat melalui sistem pemilihan bebas. Demokrasi ialah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

2. Jelaskan macam - macam demokrasi !
Jawaban :
Berdasarkan titik berat perhatiannya :
a. Demokrasi formal, yakni demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik, tanpa di sertai upaya untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi. Demokrasi ini di anut oleh negara - negara liberal.
b. Demokrasi material, yakni demokrasi yang menitikberatkan pada upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan dalam bidang politik kurang menjadi perhatian bahkan terkadang di hilangkan. Bentuk demokrasi ini di anut oleh negara komunis.
c. Demokrasi gabungan, yakni demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari bentuk demokrasi formal dan material. Bentuk demokrasi ini di anut oleh negara non - blok.

Berdasarkan ideologi :
a. Demokrasi konstitusional atau liberal, yakni di dasarkan pada kebebasan atau individualisme. Ciri khasnya ialah kekuasaan pemerintah terbatas dan tidak di perkenankan banyak melakukan campur tangan dan bertindak sewenang - wenang terhadap rakyat, sebab kekuasaan pemerintah di batasi oleh konstitusi.
b. Demokrasi rakyat atau proletar, yakni di dasarkan pada paham marxisme-komunisme. Maksud dari demokrasi ini yaitu mencita - citakan kehidupan rakyat yang tidak mengenal kelas sosial. Manusia di bebaskan dari keterikatannya kepada kepemilikan pribadi tanpa ada penindasan dan paksaan. Namun, untuk mencapai masyarakat berpaham marxisme-komunisme, jika di perlukan, dapat di lakukan dengan menggunakan penindasan dan paksaan.

Baca juga Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 1 
Baca juga Soal dan Jawaban Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 1 
Baca juga Soal dan Jawaban  Biologi SMA Kelas 2 - Bagian 2

Berdasarkan proses penyaluran kehendak rakyat :
a. Demokrasi langsung, yakni demokrasi yang mengikutsertakan setiap warga negara dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaan umum negara atau undang - undang secara langsung.
b. Demokrasi tidak langsung atau perwakilan, yakni demokrasi yang di laksanakan melalui sistem perwakilan. Demokrasi ini biasanya di laksanakan melalui pemilihan umum.



3. Jelaskan bahwa nilai demokrasi Pancasila lebih unggul jika di bandingkan dengan demokrasi lainnya !
Jawaban :
Negara Indonesia menerapkan demokrasi Pancasila dalam menjalankan sistem pemerintahan.  Paham demokrasi Pancasila sangai sesuai dengan kepribadian bangsa yang di gali dari tata nilai sosial budaya sendiri. Demokrasi Pancasila mengandung tiga karakter utama, yaitu kerakyatan, permusyawaratan dan hikmat kebijaksanaan yang berkedudukan sebagai cita - cita luhur penerapan demokrasi di Indonesia. Pancasila jelas lebih unggul di bandingkan demokrasi yang lain karena nilai - nilai yang terkandung di dalamnya mengandung nilai moral yang sangat sesuai dengan kondisi negara Indonesia.

4. Buktikan bahwa negara Indonesia adalah negara demokratis!
Jawaban :
Bukti jelas negara Indonesia adalah negara demokratis ialah pemilihan umum yang di laksanakan serentak untuk memilih pemimpin atau wakil rakyat secara langsung tanpa ada paksaan dari pihak lain.

5. Kemukakan prinsip - prinsip yang perlu di laksanakan untuk mewujudkan kehidupan yang demokratis !
Jawaban :
Prinsip - prinsip yang perlu di terapkan dalam kehidupan sehari - hari sebagai berikut :
a. Membiasakan diri untuk berbuat sesuai dengan aturan main atau hukum yang berlaku
b. Membiasakan diri untuk bertindak demokratis dalam segala hal
c. Membiasakan diri untuk menyelesaikan persoalan dengan musyawarah
d. Membiasakan diri untuk mengadakan perubahan secara damai tidak dengan kekerasan
e. Membiasakan diri untuk memilih pemimpin melalui cara - cara yag demokratis
f. Selalu menggunakan akal sehat dan hati nurani dalam musyawarah
g. Selalu mempertanggungjawabkan hasil keputusan musyawarah kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa dan negara bahkan diri sendiri
h. Menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban
i. Menggunakan kebebasan dengan rasa tanggung jawab
j. Menghormati hak orang lain dalam menyampaikan pendapat
k. Membiasakan diri memberikan kritik yang bersifat membangun
 

0 Response to "Soal dan Jawaban PPKN SMA Kelas 2 - Bagian 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel