IBX5B54BCC389CD2 5 Mitos Mengenai Larangan Saat Berpuasa - Lulusandiploma.com

5 Mitos Mengenai Larangan Saat Berpuasa

5 Mitos mengenai larangan saat berpuasa - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling di tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Bulan dimana muslimin dan muslimat di seluruh penjuru dunia melakukan rukun Islam ketiga, yaitu berpuasa penuh selama satu bulan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan kebaikan. Dimana saat kita melakukan sebuah kebaikan, akan di ganjar dengan pahala berkali lipat oleh Allah.

Saat memasuki bulan Ramadhan, ada banyak sekali mitos - mitos yang beredar di tengah masyarakat dan di percayai oleh sebagian dari mereka.

Bahkan kemungkinan besar kamu masih percaya mitos - mitos tersebut. Penasaran ? Mari kita beberkan jawabannya di bawah ini :

Mitos ramadhan

1. Tidak Boleh Sikat Gigi di Siang Hari

Dulu, saat kita masih kecil, kita biasanya tidak di perbolehkan menyikat gigi di siang hari oleh orang - orang tua, dan kita mempercayainya begitu saja.

Teman-teman Lulusandiploma pasti tidak lupa dengan slogan saat kita sekolah "Kebersihan Sebagian Dari Iman". Nah, ternyata di bulan Ramadhan, saat kondisi kita sedang berpuasa, kita di perbolehkan untuk menyikat gigi kita di siang hari.

Karena selain untuk menjaga kebersihan mulut, juga untuk mencegah bau mulut saat kita berbicara dengan orang lain.

2. Puasa Itu Menahan Lapar dan Haus

Masih banyak yang mengira bahwa puasa itu hanya sekedar menahan lapar dan haus saja. Padahal yang harus kita tahan adalah nafsu, dimana nafsu kita terkadang menjadikan puasa kita sia - sia.

Kenapa menjadi sia - sia ? Karena banyak godaan ketika puasa, seperti tidak sengaja dari lisan kita mengungkapkan kalimat umpatan atau ejekan kepada orang lain.

Setidaknya ini membuat pahala puasa kita berkurang. Jadi, jangan sia - siakan puasamu ya teman - teman Lulusandiploma

3. Tidak Boleh Menelan Ludah

Menelan ludah saat berpuasa itu dapat membatalkan puasa kita, tetapi itu hanya presepsi dulu saat saya masih kecil.

Karena dulu itu memang banyak sekali yang mempercayainya termasuk saya, namun selang berjalannya waktu ternyata menelan ludah itu boleh boleh saja, asalkan yang kita telan adalah ludah sendiri, bukan ludah orang lain.

4. Tidak Boleh Mengupil dan Membersihkan Telinga

Mitos ini juga sering kali kita dengar dan kita patuhi. Padahal boleh loh kita membersihkan hidung dan telinga saat puasa. Asalkan kotoran yang kita bersihkan tersebut gak kita telan yaa!

5. Tidak Bisa Menggunakan Obat Luar

Saat mata kita terasa perih, kita di perbolehkan menggunakan obat tetes mata.  Obat yang digunakan juga hanya obat luar ya sahabat diploma, bukan obat yang di minum atau di telan oleh tubuh.

Masih banyak lagi mitos tentang puasa di bulan suci Ramadhan yang berkembang pesat di masyarakat. Kamu jangan sampai terjebak lagi ya.

Cari tau lagi bagaimana hukum yang membolehkan dan yang tidak membolehkan. Cari dalil nya atau kamu bisa tanyakan kepada yang lebih paham. Semoga bermanfaat.

Demikian beberapa mitos yang beredar mengenai larangan saat berpuasa, wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatu

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel