IBX5B54BCC389CD2 5 Tips Menghindari Penyakit Flu Saat Musim Hujan - Lulusandiploma.com

5 Tips Menghindari Penyakit Flu Saat Musim Hujan


Assalamu'alaykum...

Saat ini sebagian daerah di Indonesia mengalami musim penghujan. Setelah melewati musim kemarau beberapa waktu yang lalu, kini mulai sering terlihat awan mendung di langit biru. Biasanya, pada musim hujan akan muncul penyakit - penyakit musiman atau alergi terhadap udara dingin seperti penyakit flu, batuk, pilek dan demam. Beberapa dari kita terkena penyakit ini mungkin salah satunya di sebabkan oleh menurunnya sistem imun tubuh kita, sehingga virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Baca 4 Tips Mengatasi Mata Perih Terkena Sabun

Untuk kita yang lebih sering menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar ruangan, seperti teknisi, petugas kebersihan, atau yang berhubungan dengan peternakan, tentu lebih muda untuk terserang penyakit - penyakit seperti yang telah di sebutkan di atas. Karena tubuh kita akan lebih sering terpapar udara dingin di luar ruangan.

Baca Benarkah Kipas Angin Menyebabkan Paru - paru Basah ?

Aktualnya, penyakit flu sendiri bukanlah penyakit yang sulit untuk di hindari. Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan agar tubuh kita tidak terserang penyakit flu. Lalu apa sajakah itu ? Mari simak beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah flu ketika musim hujan datang, sebagai berikut :

Baca 4 Kelakuan Memalukan Saat Naik Pesawat

1. Mengonsumsi Air Putih Yang Cukup

Ternyata air menjadi salah satu faktor yang dapat menurunkan daya tahan tubuh kita. Kamu pelru mengonsumsi air putih yang cukup meskipun di musim hujan loh. Biasanya beberapa dari kita menjadi enggan mengonsumsi air putih di kala musim hujan, karena rasa malas untuk keluar masuk toilet hanya untuk buang air kecil.


2. Istirahat Yang Cukup

Selain minum air putih, ternyata waktu tidur yang teratur dan cukup menjadi kunci agar daya tahan tubuh kita tidak menurun. Maka dari itu, untuk kamu pecandu game online dan mabar sampai dini hari, sebaiknya kurangi waktu mabarmu dan alihkan untuk istirahat dengan cukup. Ingat, tubuh kita bukanlah robot atau mesin yang bisa bekerja tanpa adanya rehat.


3. Menghirup Udara Segar

Untuk kamu yang bekerja di dalam ruangan kantor, biasanya kamu akan menghabiskan waktu kamu selama berjam - jam di dalam ruangan tersebut. Sebaiknya sesekali kamu keluar ruangan untuk menghirup udara segar yang ada di luar ruangan, karena udara pengap yang berasal dari dalam ruangan dapat meningkatkan resiko terserang virus penyakit flu.


4. Menghindari Orang Lain Yang Sudah Terkena Flu

Harus kamu catat bahwa, bakteri yang di bawah oleh orang bersin akan sampai ke kamu hingga jarak 20 kaki loh. Sementara ini kamu harus jaga jarak dengan orang yang terjangkit penyakit flu ini.


5. Menggunakan Larutan Garam Untuk Membersihkan Hidung

Garam memiliki segudang manfaat. Selain untuk penambah cita rasa untuk masakan, garam bisa amu gunakan untuk membersihkan bakteri yang di bawa oleh udara yang kemungkinan masih menempel di sekitar hidung kamu. Buatlah larutan garam dan air, usapkan perlahan di seluruh hidung kamu setiap malam hari. Ini di lakukan agar bakteri atau virus flu yang di bawa oleh udara tidak menyebar luas ke sistem pertahanan tubuh kamu. Selain itu, kamu juga tidak di sarankan untuk menyentuh bagian tubuh seperti bibir dan hidung, karena kamu tahu sendiri tangan kita membawa sangat banyak bakteri yang kita tidak tahu asalnya dari mana saja.



Baiklah, itu saja beberapa tips yang dapat kami ulas mengenai menghindari penyakit flu di musim hujan.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaykum...

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Advertisement

Iklan Bawah Artikel