Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Materi Safety Talk

Materi safety talk atau tool box meeting yang disampaikan kepada pekerja dan karyawan alangkah baiknya dipersiapkan terlebih dahulu agar kita terlihat profesional saat menyampaikannya. Itulah tujuan kami mempersiapkan materi tersebut untuk dipergunakan dilokasi kerja. Materi safety talk atau tool box meeting biasanya berisi tentang agenda pekerjaan yang akan dilaksanakan pada hari tersebut lalu apa saja potensi bahaya yang ada dan bagaimana cara kita melakukan pengendalian agar pekerjaan yang akan kita lakukan berjalan dengan aman.

Safety talk atau yang sering kita sebut tool box meeting hahkan ada juga yang menyebutnya brifing pagi adalah program komunikasi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan ditempat kerja agar pekerja mengetahui bagaimana cara kerja yang aman dalam suatu pekerjaan.

Tata cara pelaksanaan safety talk atau tool box meeting memiliki beberapa cara terhantung dari aturan Perusahaan yang berlaku, ada yang menlaksanakan safety talk atau tool box meeting sebelum pekerjaan dilaksanakan ada pula yang melakukannya pada setiap satu minggu sekali. Yang memimpin pelaksanaan tersebut biiasanya perwakilan dari seorang HSE, supervisor mandor ataupun pengawas yang bertanggung jawab dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan.

Biasanya safety talk dilaksanakan dilakukan memakan waktu sekitar delapan sampai sepuluh menit tergantung mengenai materi yang disampaikan, Semua yang disampaikan diusahakan bermanfaat untuk mengenali pekerja akan potensi bahaya dan pengendalian yang ada pada pekerjaan serta hal tersebut bisa menunjukan komitmen pengusaha dan karyawan akan penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Dasar hukum pelaksanaan Safety Talk tertera pada Undang-undang No 1 tahun 1970 pasal 9 ayat 3 yang berbunyi pengurus diwajibkan melakukan pembinaan bagi semua tenaga kerja yang berada dibawah pimpinannya. Diusahakan penerapan pada perusahaan dilaksanakan secara komitmen agar seluruh tenaga kerja dapat menjadikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menjadi kebiasaan dalam setiap aktivitas pekerjaan yang dilaksanakan.

safety-talk

Lulusandiploma.com tetap berkomitmen untuk menyediakan materti secara berkelanjutan, Berikut adalah beberapa kumpulan materi safety talk yang kami sediakan untuk kalian yang kebingungan mengenai materi apa yang akan disampaikan setiap hari didepan pekerja:

Daftar Kumpulan Materi Safety Talk

  1. Alat Pelindung Diri / APD
  2. Alat Pemadam Api Ringan / APAR
  3. Cuaca Buruk
  4. Housekeeping part 1
  5. Housekeeping part 2
  6. Housekeeping part 3
  7. Pengangkatan Manual
  8. Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan / P3K
  9. Bahaya Konstruksi Pengecoran
  10. Bahaya Kejatuhan Benda
  11. Kerja Aman Pengoperasian Crane
  12. Kerja Aman Bekerja di Ruang Terbatas
  13. Kerja Aman Penggunaan Forklift
  14. Kerja Aman Pekerjaan Pengelasan
  15. Penyebab Terjadinya Kecelakaan
  16. Safety Talk Harian
  17. Bahaya Yang Mengintai
  18. Safety Talk di Pertambangan
  19. Material Safety Data Sheet
  20. Safety Talk di Kantor
  21. HSE Golden Rules
  22. Fit to Work
  23. Permit to Work
  24. Safety Driving
  25. Bahaya Dehidrasi
  26. Bahaya Bahan Kimia
  27. Personal Hygine
  28. Pentingnya Safety Sign
  29. Pencegahan Keracunan
  30. Bahaya Tumpahan Minyak
  31. Pentingnya Safety Shoes
  32. Fatigue (Kelelahan) part 1
  33. Fatigue (Kelelahan) part 2
  34. Aware For Extreme Season
  35. Waspada Diare
  36. Pengendalian Bahan Kimia part 1
  37. Pengendalian Bahan Kimia part 2
  38. Bahaya Tabung LPG
  39. Perangkat Listrik
  40. Kebersihan dan Kerapihan Area Kerja
  41. Tumpahan Minyak
  42. Kedisiplinan
  43. 8 HSE Golden Rules
  44. Tata Tertib Area Proyek
  45. Hak Karyawan Menghentikan Pekerjaan
  46. Akses Area Kerja Aman
  47. Manual Handling
  48. Penggunaan Scaffolding

Safety talk diatas tentunya akan lebih baik apabila disesuaikan dengan kondisi bahaya yang ada di Perusahaan Anda dan semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan kerja. Mungkin itulah yang dapat kami rangkum mengenai Kumpulan Materi Safety Talk semoga bermanfaat!
Sandiok
Sandiok QHSE Officer PT. Nindya Karya (Persero) | D3 Fire and Safety of Balongan Oil and Gas Academy

Posting Komentar untuk "Kumpulan Materi Safety Talk"